5 Kebiasaan Sehat Ini Bisa Dilakukan Hanya 1 Menit Saja

image: wikihow.com
Kesehatan tubuh seseorang memang dipicu dari kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Ketika mereka memiliki kebiasaan yang sehat, maka tubuhnya juga makin bugar, dan kekebalan tubuh juga terjaga. Sementara bagi mereka yang terbiasa dengan hal-hal yang kurang sehat, maka bukan tidak mungkin jika menjadi lebih lemah dan sering terserang penyakit. Membiasakan diri untuk mendapatkan tubuh yang sehat sebenarnya bisa dilakukan secara mudah. Tidak harus menyita banyak waktu untuk mendapatkan kesehatan tubuh melalui kebiasaan dalam keseharian kita.
 
Mungkin banyak yang belum mengetahui jika kebiasaan sehat bisa dilakukan hanya dalam waktu 60 detik saja. Selain dengan membiasakan berolahraga yang membutuhkan waktu hingga berjam-jam, Anda juga disarankan melakukan beberapa kebiasaan lain yang juga bisa membuat tubuh menjadi sehat. Berikut adalah lima kebiasaan sehat yang dapat anda lakukan dalam waktu satu menit :
 
1. Mengistirahatkan mata
Hal ini sangat disarankan bagi mereka yang kesehariannya menatap layar komputer. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat banyak pelajar dan juga para pekerja menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer. Hal ini ternyata bisa mempengaruhi kesehatan, pasalnya kombinasi antara paparan cahaya komputer dengan postur tubuh yang buruk, bisa memicu ketegangan pada mata dan sakit kepala. Hal tersebut dikenal dengan sindrom visi komputer. Namun gejala tersebut akan mereda setelah seseorang mematikan komputer. Pakar kesehatan menyarankan, seseorang perlu mengistirahatkan mata dengan menjauh dari layar komputer selama 20 detik setiap 20 menit sekali.
 
2. Memodifikasi air minum
Ini tentu sangat mudah untuk dilakukan. Jika anda merasa bosan dengan air putih, maka anda bisa menambahkan beberapa irisan lemon, jeruk, ataupun jeruk nipis ke dalam botol minuman anda. Selain itu, anda juga dapat menambahkan irisan stroberi ke dalam satu gelas air yang akan anda minum. Perpaduan antioksidan di dalam air putih dan vitamin C dari buah, mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.
 
3. Berhitung saat anda marah
Hal ini bertujuan untuk membuat kepala anda menjadi dingin. Caranya tarik nafas dalam-dalam selama anda berhitung sampai urutan ke sepuluh. Cara sederhana ini bisa membantu menenangkan kemarahan atau emosi yang sedang meningkat. Jadi, ketika anda marah sebaiknya lakukan cara sehat ini supaya tidak mudah terserang tekanan darah tinggi.
 
4. Menyikat lidah
Kebiasaan yang bisa dilakukan dalam waktu singkat ini ternyata juga menyehatkan. Faktanya, menyikat lidah bisa mencegah terjadinya kerusakan gigi maupun penyakit gusi. Namun, hingga kini masih banyak kalangan yang mengabaikan hal ini. Ketahuilah, lidah bagian belakang menjadi tempat kuman bersarang, sehingga menyebabkan bau mulut. Dengan demikian, sikatlah lidah anda setiap hari mulai dari bagian belakang hingga depan, supaya kuman tidak bersarang.
 
5. Mencuci spons pencuci piring
Meskipun ini terlihat sepele, namun penting bagi kesehatan. Biasanya spons di dapur sering digunakan mengelap beberapa tumpahan makanan, ataupun kotoran di sekitar tempat memasak. Dengan demikian, Cucilah spons ini secara rutin untuk mencegah terjadinya penyebaran kuman.
 
Nah.., Hidup sehat sebenarnya tidaklah sulit. Dengan melakukan kelima hal mudah tersebut, tubuh anda pun akan tetap sehat. Disamping itu, seseorang harus menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan berantioksidan tinggi. Sehingga sistem imunitas tubuh pun tetap terjaga. Itulah 5 rutinitas sehat yang bisa dilakukan hanya dalam waktu sekitar 60 detik. Selamat mencoba ya..sobat.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar