5 Makanan Untuk Jaga Keseimbangan Hormon Tubuh

image: newworldinfo.net
Keseimbangan hormon dalam tubuh memang harus tetap dijaga dengan baik, Terutama selektif dalam memilih makanan dan minuman yang saat ini semakin merajalela akan jenisnya. Memang tak sempat terpikirkan, bahwa disaat mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung berbagai zat kimia, Pemakaian produk kecantikan, Memiliki pengaruh yang cukup mendalam akan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Sehingga untuk mengimbanginya kembali akan hormon dalam tubuh tersebut, Tentunya harus menerapkan solusi yang tepat.

Dan bilamana hormon tubuh tidak seimbang, Namun tidak segera anda tanggulangi secara tepat, maka banyak dampaknya bagi setiap aspek kesehatan tubuh. Bahkan bisa saja tubuh mudah mengalami kegemukan, berat badan naik, Dan hal itu bisa menjadi biang keladi akan beberapa penyakit dalam tubuh. 

Oleh karena itu, Setidaknya anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan tertentu, agar keseimbangan hormon tubuh bisa tetap terjaga dengan baik. Dan inilah 5 jenis makanan yang patut untuk anda konsumsi, Agar hormon tubuh bisa tetap seimbang.

1. Alpukat
Tentunya dalam alpukat ini memang makanan yang banyak mengandung beta-sitosterol. Yang mana kandungan tersebut memang telah terbukti ampuh untuk menjaga kadar kolesterol darah secara efektif. Selain itu, Buah alpukat ini memang mengandung senyawa yang dapat menyeimbangkan tingkat hormon stres / kortisol. Sehingga juga mengurangi terjadinya peradangan yang ada.

2. Kacang hijau
Pada jenis kacang-kacangan yang ada, Terutama pada kacang Almond, memang banyak mengandung zat yang bisa menyeimbangkan hormon tubuh anda. Diantaranya stero, serat, protein, dan beberapa nutrisi lainnya. Bahkan berdasarkan hasil penelitian yang terdapat di University of Texas Health Science Center, dan dipublikasikan pada jurnal Nutrition, Menunjukkan bahwa pada kacang Kenari memiliki kemampuan untuk menjadi sumber Melatonin  terbaik. Dimana Melatonin merupakan hormon yang menunjang tubuh untuk bisa tidur lebih nyaman.

3. Delima
Berdasarkan apa yang telah diungkapkan oleh para peneliti yang ada di University of Wisconsin, menunjukkan bahwa pada ekstrak buah Delima memiliki zat anti inflamasi, antikanker, dan antioksidan. Dimana zat alami tersebut cukup efektif dalam menekan kanker kulit, usus besar, dan kanker payudara. Sehingga dari situ semua, buah Delima ini mampu membantu akan hormon dalam tubuh agar tetap seimbang.

4. Brokoli
Brokoli, Merupakan jenis sayur populer yang tentunya mudah untuk anda temukan. Brokoli juga tergolong salah satu jenis makanan yang mampu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Namun tak hanya itu saja, Bahwa sejenis sayuran lain juga bisa anda konsumsi layaknya kembang kol dan kubis. Sementara pada semua jenis sayuran ini memang dibekali dengan kandungan hebat di dalamnya, yakni fitonutrien yang tinggi, atau kerap dikenal dengan isothiocyanates, termasuk indole-3-carbinol (I3C).  Dimana kandungan tersebut bisa membantu tubuh untuk memecah metabolit estrogen yang cukup berbahaya bagi tubuh. Sehingga membuat sayuran tersebut memang bagus dikonsumsi, Agar keseimbangan hormon tubuh bisa tetap terjaga.

5. Jahe
Jahe memang termasuk salah satu jenis rempah-rempah yang mampu untuk mencegah dan mengobati rasa mual. Selain itu, Jahe juga merupakan bahan untuk dijadikan kemoterapi. Sehingga mengkonsumsi jahe ini, Juga mampu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar