9 Manfaat Hebat Daun Pandan Yang Terlupakan

image: physalisfruit.com
Memang cukup wangi  akan aroma khas  yang dimiliki oleh daun pandan ini. Sehingga jenis tumbuhan monokotil tersebut juga kerap sekali dikenal dengan nama “pandan wangi”. Bahkan jenis dedaunan ajaib ini menjadi salah satu komponen penting dari berbagai jenis menu masakan yang ada, terutama di daerah nusantara. Untuk tanaman pandan wangi itu sendiri, biasanya mudah ditemukan di daerah pekarangan dan bisa tumbuh dengan subur di tempat-tempat teduh. 
 
Cukup banyak manfaat yang terkandung di dalam daun pandan. Selain untuk menambah aroma pada makanan, daun pandan juga terdapat beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga tidak salah bila banyak orang yang menjadikan daun pandan sebagai obat alami, Yang mana bisa mengatasi berbagai macam gangguan yang terdapat dalam tubuh. Dimana kandungan yang ada di dalam tanaman pandan juga cukup kompleks, diantaranya saponin, flavonoid, tannin, polifenol, tonikum, dan lainnya. 
 
Sehinngga daun pandan wangi bisa diolah menjadi ramuan tradisional, Yang mampu menanggulangi akan berbagai penyakit dalam tubuh. Dan inilah ragam manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh, yang sempat kita lewatkan.
 
1. Mengatasi Insomnia
Dengan menggunakan daun pandan wangi sebagai campuran atau komponen ke dalam minuman layaknya kolak atau lainnya, maka akan mampu mengatasi masalah insomnia.  Yang mana insomnia ini memang sangat mengganggu bagi kesehatan tubuh, baik itu dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Bahkan rasa resah karena hadirnya insomnia ini, memang menjadi benalu dalam menjalani rutinitas keseharian yang ada. Oleh karena itu, menggunakan daun pandan wangi, bisa untuk dijadikan obat mengatasi insomnia.
 
2. Menurunkan Tekanan Darah
Memang tekanan darah yang tinggi akan sangat berbahaya, dan memicu berbagai penyakit lain bisa timbul dalam tubuh. Dan daun pandan wangi ini, bisa anda gunakan ramuan untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Caranya yakni, anda bisa menyediakan daun pandan secukupnya, kemudian rebuslah daun pandan tersebut dengan dua gelas air. Selanjutnya tunggu hingga air tersisa satu gelas, kemudian minumlah ramuan tersebut selama dua kali sehari. Yakni setengah gelas di pagi hari, dan setengahnya lagi di waktu sore secara rutin dan teratur. 
 
3. Sebagai Obat Penenang
Mengkonsumsi ramuan dari daun pandan ini, juga bisa mengurangi rasa gelisah, dan bisa sebagai penenang tidur. Sehingga anda bisa mengkonsumsinya bilamana dirasa diri anda dalam kondisi kurang tenang karena banyak pikiran atau sebab lainnya. Caranya, sediakan daun pandan sebanyak dua lembar, kemudian irislah daun tersebut menjadi ukuran kecil. Setelah itu seduhlah dengan segelas air panas. Alangkah baiknya bila seduhan daun pandan ini, diminum secara rutin dan teratur, Agar lebih terasa khasiat yang terdapat di dalamnya.
 
4. Mengatasi Rematik atau Pegal Linu
Biasanya rematik ini diderita oleh orang yang sudah berusia lanjut. Akan tetapi tidak sedikit orang muda mengalami nyeri encok atau pegal linu. Oleh karena itu, daun pandan bisa juga anda manfaatkan untuk mengatasi permasalahan umum ini. Caranya pun juga cukup mudah, yakni untuk langkah pertama hendaknya anda bisa menyiapkan tiga lembar daun pandan segar, kemudian irislah daun tersebut sampai berukuran kecil. Lalu campurkan dengan minyak kelapa sebanyak setengah cangkir yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Selanjutnya diamkan untuk beberapa saat. Bila sudah dingin, anda bisa langsung mengoleskan dan menggosokkan ramuan yang sudah dibuat tadi pada bagian tubuh yang terkena rematik atau nyeri encok.
 
5. Menambah Nafsu Makan
Nafsu atau selera makan yang berkurang, memang kerap sekali memicu akan timbulnya berbagai penyakit yang ada bila tidak segera diatasi. Yang mana memang asupan vitamain dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh haruslah tercukupi. Sehingga untuk mengembalikan nafsu makan tersebut, anda bisa mengolah daun pandan sebagai ramuan alami penambah nafsu makan. Cara untuk membuatnya yakni, sediakan daun pandan  sebanyak 10 gram, lalu rebus dengan menggunakan tiga gelas air panas, kemudian tunggu hingga tersisa satu gelas. Barulah minum dua kali sehari secara teratur. Sehingga nafsu makan bisa bertambah dan asupan yang dibutuhkan tubuh pun bisa terpenuhi.
 
6. Mengatasi Lemah Saraf
Dimana terjadinya lemah saraf ini karena kekurangan rangsangan saraf yang terdapat pada bagian tubuh. Sehingga hal tersebut biasa minumbulkan masalah ‘’kram’’. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan daun pandan wangi sebagai bahan alaminya. Cara untuk penyajiannya pun juga cukup mudah, yakni siapkan terlebih dahulu daun pandan secukupnya, kemudian jadikanlah daun tersebut menjadi ukuran kecil-kecil. Kemudian rebus potongan daun tersebut dengan tiga gelas air, lalu tunggu hingga tersisa menjadi dua gelas. Dan ingat, pisahkanlah ampas dan air hasil rebusan tersebut, kemudian minumlah air daun pandan yang sudah di saring tersebut secara rutin pagi dan sore. Sehingga kondisi lemah saraf tersebut bisa ditanggulangi secara efektif dan alami.
 
7. Menghilangkan Panu
Terjadinya penyakit kulit yakni panu, memang kerap sekali dialami bagi kebanyakan orang. Panu, merupakan salah satu penyakit disebabkan oleh jamur yang tubuh di bagian kulit. Dengan menggunakan daun pandan, maka panu bisa tertanggulangi secara aman dan alami. Caranya juga cukup mudah, yakni sediakan terlebih dahulu segenggam daun pandan segar, lalu peras dan ambil air perasannya. Kemudian campurkan perasan tadi dengan garam, lalu minumlah air hasil perasan tersebut selama tiga hari dengan rutin dan teratur.  Dengan menerapkan tips tersebut, Maka panu yang merusak kesehatan kulit anda akan teratasi.
 
8. Mengatasi Permasalahan Rambut Rontok
Untuk mengatasi rambut rontok , anda juga bisa menggunakan daun pandan wangi sebagai bahan alaminya. Langkah untuk menerapkan juga mudah, yakni siapkan daun pandan sebanyak satu genggam atau beberapa helai, kemudian haluskan daun tersebut atau  jadikanlah jus. Setelah itu, Oleskan jus daun pandan tersebut pada bagian rambut hingga merata. Diamkan selama satu sampai dua jam, kemudian bilaslah rambut anda hingga bersih. Hendaknya anda bisa melakukan cara sederhana ini pada setiap pagi hari. Sehingga rambut rontok yang terjadi, bisa tertangani secara alami.
 
9. Mengatasi Rambut Gatal Karena Ketombe
Bilamana rambut terasa gatal atau panas yang kerap disebabkan oleh adanya ketombe, maka anda bisa menumpas rasa gatal dan ketombe di rambut dengan menggunakan daun pandan wangi. Untuk langkahnya, terlebih dahulu anda siapkan daun pandan sebanyak 10 helai. Kemudian tumbuklah daun tersebut hingga halus, lalu tambahkanlah sedikit air / secukupnya. Selanjutnya barulah anda usapkan campuran ramuan tadi pada bagian rambut hingga merata. Dan lakukanlah treatment ini sebelum keramas, Sehingga  rasa gatal dan ketombe di rambut bisa segera tersingkirkan. Selamat mencoba…..!!!!
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar