4 Khasiat Ajaib Dari Rebusan Kulit Manggis

image: mr-plantes.com
Dikenal populer keberadaan buah manggis dan segudang manfaat yang terdapat di dalamnya. Sehingga buah yang juga dikenal dengan nama latin Garcinia mangostana L ini, mampu meningkatkan kualitas kesehatan dalam tubuh anda.  Namun tidak hanya pada bagian daging buahnya saja, keberadaan kulit manggis yang kerap diabaikan, ternyata juga memiliki kegunaan yang cukup luar biasa. Dimana berbagai kandungan yang ada pada kulit manggis, mampu untuk anda jadikan rebusan atau ramuan sebagai penangkal akan beragam penyakit yang ada. 

Akan tetapi rebusan kulit manggis ini kurang terdengar khasiatnya oleh kebanyakan orang, terutama di daerah Nusantara. Sehingga terkadang seseorang tak segan membuang atau mengabaikan kulit manggis setelah mereka mengkonsumsi daging buahnya. Padahal kandungan yang cukup kompleks terdapat di dalamnya, layaknya antioksidan yang tinggi, antosianin, asam fenolat, tannin, dan xanthone. Bahkan berbagai kandungan karbohidrat, protein, lemak sehat di dalamnya juga bisa dikembangkan menjadi obat alami untuk menuntaskan berbagai macam penyakit. 

Sehingga setidaknya anda bisa memanfaatkan akan keberadaan kulit manggis ini, untuk dijadikan rebusan atau ramuan yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dan inilah manfaat dari air rebusan kulit manggis yang perlu diketahui.

1. Untuk mengobati kanker
Pada kulit manggis yang sudah dijadikan rebusan atau minuman herbal ini, maka akan berguna untuk menyembuhkan penyakit kanker yang ada. Hal demikian karena memang sudah terbukti pada pasien yang menderita kanker mengkonsumsi air rebusan tersebut. Yang mana kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya, mampu membunuh akan tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Oleh karena itu, Menjadikan kulit manggis untuk direbus dan dikonsumsi air rebusannya, Maka akan menyuplai tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang ada, terutama kanker.

2. Memperbaiki sel tubuh yang rusak
Perlu anda ketahui, bahwa air rebusan kulit manggis juga merupakan salah satu penangkal akan radikal bebas. Bahkan antioksidan yang ada di dalamnya juga bisa memperbaiki sel-sel tubuh yang mati atau rusak. Caranya pun juga amat mudah, yakni sediakanlah 2 kulit manggis yang masih dalam kondisi fresh, kemudian rebus kulit manggis tersebut hingga mendidih. Selanjutnya saring air rebusan tersebut dan minumlah secara rutin selama 2 kali sehari.

3. Untuk membantu diet sehat anda
Dimana kandungan senyawa xanthone yang terdapat pada kulit buah manggis, mampu mencairkan lemak pada tubuh, dan mengubah lemak tersebut menjadi energi. Sehingga dengan mengkonsumsi air rebusan kulit manggis ini, akan mampu membantu program diet yang kini anda jalani secara sehat. Namun selain itu, pola makan yang baik dan olahraga juga perlu anda terapkan, Agar program diet yang anda jalani bisa berjalan lancar. 

4. Mencegah penyakit jantung
Mengkonsumsi rebusan kulit manggis, juga bisa anda gunakan untuk mencegah penyakit jantung. Dimana kandungan kalium, magnesium, dan komponen penting lain di dalamnya, mampu membantu tubuh untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Sehingga pada rebusan kulit buah manggis ini, juga menawarkan perlindungan terhadap terjadinya serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, rebusan kulit manggis memang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar