5 Perkara Penyebab Siksa Yang Datang Di Akhir Zaman

image: tiie.org
Banyaknya kekacauan dalam suatu negeri, berbagai umat manusia saling bermusuhan, mara bahaya dimana-mana, Memang suatu kejadian yang akan timbul di akhir zaman. Dan timbulnya hal tersebut bisa terjadi bukan tanpa adanya sebab, Namun berdasarkan sabda Nabi  Muhammad SAW menjelaskan, Bahwa terjadinya siksa yang timbul di akhir zaman ini telah dipicu oleh beberapa sebab yang perlu untuk diketahui.

Sehingga dengan begitu, setidaknya bagi umat manusia bisa segera untuk menghindari hal-hal tersebut, agar rusaknya suatu Negeri yang dikarenakan oleh siksa di akhir zaman ini, bisa menjadi suatu perhatian bagi seluruh umat di penjuru dunia, terutama umat Islam. 

Rasulullah SAW pun berdo’a agar para sahabat-sahabat beliau tidak menjumpai keadaan yang demikian. Yang mana di akhir zaman, ada perkara buruk yang menyebabkan hancurnya suatu kerukunan dan kebaikan diantara umat manusia. 

Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad Dan Imam Ibnu Majah, telah dijelaskan secara gamblang, Akan ada 5 perkara yang menyebabkan siksa di akhir zaman. Dan tentunya yang diharapkan, Agar umat manusia bisa terhindar dari beberapa perkara tersebut. Sehingga kerukunan antara umat manusia bisa tetap terjalin, bahkan kedamaian dalam suatu negeri bisa terus terjaga, dan aman dari mara bahaya. Dan inilah 5 penyebab siksa di akhir zaman, Yang harus dijadikan perhatian khusus bagi umat manusia.

1. Banyak Umat Yang Tidak Mengeluarkan Zakat
Menunda-nunda, bahkan enggan untuk mengeluarkan zakat memang menjadi penyebab terjadinya siksa di akhir zaman. Hal demikian memang sesuai penjelasan hadits yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Ibnu majah tersebut. Yang mana dari situ akan datang suatu musibah, yakni Allah SWT menahan akan turunnya hujan di bumi, Sehingga kekeringan akan melanda di berbagai tempat di penjuru dunia. Bahkan kesengsaraan umat manusia akan kian bertambah pula.

2. Banyak Kaum Yang Berbuat Zina
Bilamana kemaksiatan sudah mulai merajalela, dan berbagai perzinaan sudah dilakukan secara terang-terangan tanpa adanya rasa malu sedikit pun, Hal demikian memang salah satu penyebab akan terjadinya siksa di akhir zaman. Dari banyaknya kaum yang berbuat zina, maka Allah SWT akan mendatangkan murkanya berupa terjadinya kelaparan dimana-mana, penyakit-penyakit ( penyakit ta’un ) menimpa mereka, Sehingga bertambahlah kesusahan umat manusia. Oleh karena itu, setidaknya kita semua bisa terhindar dari perkara buruk ini.

3. Para Pemimpin Yang Dzalim
Adanya siksa di akhir zaman ini juga disebabkan oleh adanya pemimpin dalam suatu negeri yang dzalim. Dimana mereka sudah keluar dari ajaran-ajaran yang telah ditetapkan oleh agama. Sehingga landasan yang ada sudah mulai diterjang, Hingga pada akhirnya kekuasaan-kekuasaan mereka pun dirampas oleh musuh-musuh mereka. Dimana aturan atau ketetapan pada suatu Negara sudah tidak dilandaskan akan unsur kemaslahatan. Dan hujjah para ulama’ pun kian diabaikan.

4. Banyak Para Pedagang Yang Tidak Berbuat Jujur
Maka celakalah bagi mereka yang berbuat curang. Dalam hadits Nabi menjelaskan, bahwa banyaknya para pedagang yang sengaja mengurangi takaran atau timbangan, Yang mana hal ini memang menjadi salah satu penyebab timbulnya siksa di akhir zaman.  Dimana sulitnya akan mencari kebutuhan hidup, menjadikan mereka lalai akan kejujuran dalam berdagang. Oleh karena itu, setidaknya kita semua harus berusaha untuk menciptakan dan menyadarkan para umat, terutama dalam berdagang harus berlaku jujur. Sehingga tidak akan ada kecurangan dalam berdagang. 

5. Banyak Umat Yang Menyia-nyiakan Kitab Allah Dan Sunnah Nabi
Dimana Al-quran dan sunnah memang sudah menjadi landasan hidup bagi umat manusia, Khususnya umat islam. Dan jika keduanya sudah diabaikan, maka siksa di akhir zaman pun datang menghampiri. Sehingga alangkah baiknya bila kita selalu menjadikan Al quran dan sunnah sebagai petunjuk dan landasan dalam mejalani hidup di dunia. Sehingga kita bisa selamat dari siksa di akhir zaman.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar