Waspada, 5 Jenis Penyakit Ini Membuat Wanita Susah Hamil

image: ehealthyblog.com
Bagi kaum wanita, menjaga kesehatan itu menjadi sebuah hal penting supaya mereka bisa mendapatkan apa yang diinginkan, salah satunya untuk memiliki buah hati. Mendapatkan kehamilan, ternyata tidak semudah yang kita lihat. Setiap wanita yang sudah menikah, tentu ingin mendapatkan buah hati. Namun ternyata, kehamilan itu bisa terhalang ketika seseorang mengalami masalah kesehatan. 

Kita tidak pernah mengetahui apa yang sudah digariskan oleh Tuhan. Jadi setiap orang itu memiliki nasib / takdir yang berbeda-beda. Ketika wanita mengalami masalah yang membuatnya menjadi susah hamil, maka mereka perlu melakukan sebuah perjuangan supaya kondisinya kembali menjadi normal, dan bisa mendapatkan kehamilan. Lantas penyakit apa saja yang bisa membuat wanita menjadi susah hamil?...

Perlu anda tahu, Gangguan kesehatan pada wanita bisa terjadi pada semua kalangan usia. Tentu akan merasa sedih ketika seseorang yang sudah menikah lama, namun belum mendapatkan momongan. Dengan demikian, bagi anda yang sedang melakukan program kehamilan, ketahuilah terlebih dahulu beberapa jenis penyakit yang membuat wanita menjadi sulit hamil.

1. Sindrom ovarium polikistik
Penyakit ini menjadi hal yang umum terjadi sehingga menyebabkan kesuburan wanita berkurang. Penyakit jenis ini, Akan membuat kelenjar adrenal menghasilkan androgen dalam jumlah lebih banyak. Ketika androgen jumlahnya sangat tinggi, maka bisa mengganggu perkembangan folikel ovarium, serta pelepasan sel telur selama masa ovulasi. Hal ini menyebabkan adanya sebuah kantung cairan atau biasa disebut dengan kista, Akan menjadi berkembang pada ovarium. Dengan berkembangnya kista inilah seorang wanita menjadi sulit untuk hamil.

2. Penyakit radang panggul
Radang panggul, merupakan sebuah infeksi yang terjadi di bagian organ reproduksi wanita. Ini bisa disebut sebagai komplikasi serius dari penyakit menular saat hubungan suami istri. Pada dasarnya, penyakit ini bisa terjadi akibat adanya kerusakan permanen pada uterus, kemudian ovarium dan juga saluran tuba falopi pada sistem reproduksi. Dengan demikian, proses pembuahan bisa terjadi lebih lambat, akibatnya seorang wanita akan susah hamil.

3. Endometriosis
Endometriosis, merupakan penyakit yang terjadi pada saat endometrium tumbuh pada bagian luar rahim. Jadi, jaringan endometrium itu bisa menyebar ke bagian luar daerah pinggul. Penyakit ini akan menyebabkan beberapa jaringan sekitar menjadi iritasi, sehingga akan mengembangkan jaringan parut. Endometriosis, biasanya memicu terjadinya nyeri terutama saat datang bulan.

4. Kegagalan ovarium prematur
Sebutan ini digunakan sebagai gambaran ovarium wanita, Yang berhenti secara normal sebelum mencapai usia 40 tahun. Seseorang yang mengalami masalah penyakit ini, tidak akan mengalami menstruasi selama berbulan-bulan, atau siklus menstruasinya tidak teratur. Penyakit tersebut juga bisa membuat wanita menjadi sulit hamil.

5. Fibroid rahim
Fibroid rahim atau lebih sering disebut dengan mioma, merupakan penyakit yang berhubungan dengan risiko peningkatan kanker rahim. Pada dasarnya, penyakit ini berkembang melalui jaringan otot halus rahim atau miometrium. Pola pertumbuhan fibroid cukup bervariasi. Penyakit ini memang menyulitkan kehamilan, namun ketika seseorang berhasil hamil maka penyakit ini bisa hilang setelah proses kelahiran.

Dari beberapa penyakit yang disebutkan di atas, Memang bisa menjadi sebab seorang wanita lebih sulit hamil. Untuk melakukan pencegahan dari serangan beberapa penyakit tersebut, maka seseorang disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, olahraga secara rutin supaya kesehatan rahim tetap terjaga. Karena memiliki buah hati menjadi tujuan utama dari sebuah pernikahan, oleh sebab itu lakukan beberapa hal yang terbaik supaya rahim tetap sehat terjaga.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar