Ragam Tanaman Hebat Penangkal Racun Dan Polusi Udara

Bunga Gerbera, image: commons.wikimedia.org
Kondisi udara yang berada di sekitar lingkungan memang sangat penting untuk dijaga, dimana banyaknya polusi udara yang tercemar pada masa kini, memiliki dampak buruk bagi setiap manusia yang hidup di sekitarnya. Terlebih lagi bilamana asap pabrik, polusi dari kendaran bermotor, berbagai macam zat racun yang masuk ke dalam tubuh, Pasti dampaknya akan sangat berbahaya bukan….?.

Oleh karena itu, menjaga kondisi udara dari hal itu semua memang sangat dibutuhkan, Demi kenyamanan dan kesehatan masyarakat yang ada di sekitar lingkungan. Dengan menanam berbagai ragam tanaman tertentu, diklaim bisa menjadi solusi yang cukup ampuh dalam menangkal polusi udara tercemar, dan racun berbahaya yang merusak akan kesehatan lingkungan ini.

Namun bila kondisi udara di lingkungan kurang terjaga dengan baik dan tidak segera ditanggulangi secara tepat, maka dampak buruknya pun juga akan mengancam kesehatan tubuh manusia. Bahkan banyak sumber benda dan asap yang dapat menjadi gas racun berbahaya, layaknya uap tinta, asap rokok yang bertebaran, uap plastik, dan lainnya. Sehingga yang demikian itu bisa menimbulkan berbagai penyakit bagi setiap insan yang tinggal di sekitar lingkungan tersebut. Penyakit akibat polusi layaknya gangguan sesak nafas, iritasi, sampai menuju pada penyakit yang lebih parah, yakni berbagai jenis kanker dan lainnya. 

Oleh sebab itu, hendaknya anda bisa menanam beberapa jenis tanaman ini, Sebagai penangkal akan beragam polusi udara, Dan zat racun berbahaya. Inilah beberapa tanaman penting yang dapat menangkal racun dan polusi udara di sekitar lingkungan.

1. Sri Rejeki
Dimana jenis tanaman sri rejeki ini, juga kerap dikenal dengan sebutan Chinese Evergreen atau Aglaonema. Berdasarkan dari hasil penelitian yang ada, menunjukkan bahwa sri rejeki ini bisa menjadi penetralisir akan polusi udara dalam ruangan, Yang mana disebabkan oleh asap rokok dan berbagai mikro organisme lainnya. Sehingga anda bisa menanamnya sebagai penangkal polusi dan racun berbahaya. Yakni dalam ruangan yang memiliki volume 100 m3, bisa ditempati 14 helai Sri Rejeki dan 5 helai Lidah Mertua. Kemudian kombinasikan keduanya untuk menetralisir udara yang ada di sekitar ruangan anda.

2. Kembang Sepatu
Manfaat menanam kembang sepatu ini sangatlah luar biasa. Yakni mampu untuk menyerap nitrogen, sehingga  menjadikan paru-paru anda bisa lega disaat menghirup udara yang berada di sekitar tanaman ini. Namun hendaknya anda jangan menanam tanaman ini dekat dengan ruangan radiografi. Hal demikian karena tanaman ini bisa meneruskan radiasi dan berbahaya bagi orang disekitar ruangan radiografi tersebut. Oleh Karena itu, tanamlah jenis tanaman ini pada tempat yang tepat, baik itu berada di luar ruangan, atau dalam ruang tertentu. 

3. Lidah Buaya
Selain disebut dengan lidah buaya, tanaman ini memiliki nama lain yakni Aloe vera. Dan tanaman ini juga merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat bagus sekali dalam menyerap berbagai polutan yang ada di sekitar lingkungan. Bahkan tanaman ini juga dikenal sebagai penyehat rambut. Sehingga sangat kompleks manfaatnya bila anda menanam lidah buaya berada di sekitar rumah anda.

4. Palem Kuning
Chrysalidocarpus Lutescens atau kerap sekali disebut dengan tanaman palem kuning ini, memang termasuk jenis tanaman yang sangat cocok sekali untuk diletakkan di dalam rumah. Yang mana palem kuning memiliki kemampuan untuk menyerap berbagai racun berbahaya dengan cepat. Sehingga sangat baik sekali untuk menyerap gas racun berbahaya yang ada di sekitar lingkungan. Biasanya tanaman ini memiliki tinggi sekitar 1,8 meter, Menghasilkan uap air 1 liter per 24 jam, Dan penghisap racun paling banyak dari pada jenis tanaman lainnya. 

5. Peace Lily
Tanaman peace lily ini merupakan bunga yang kerap disapa dengan sebutan Spathiphyllum Clevelandii. Bunga yang satu ini bisa dengan mudah untuk anda temukan di daerah beriklim tropis, layaknya Asia Tenggara. Kegunaan menanam peace lily, yakni dapat anda gunakan untuk mengurangi sekaligus menyerap zat berbahaya  seperti aseton, alkohol, formaldehid, dan trikloro. Yang mana semuanya itu banyak dijumpai pada berbagai alat tulis yang ada di ruangan. Sehingga tanaman ini bisa anda tempatkan dalam ruangan untuk menetralisir udara, dan mengurangi gas racun berbahaya.

6. Kaktus
Kaktus, Merupakan jenis tanaman yang berduri, Namun terlihat cantik. Kaktus bisa anda tempatkan baik itu dalam ruangan maupun luar ruangan. Yang mana kegunaan dari kaktus itu sendiri, Yakni mampu mengeluarkan radiasi pada komputer, laptop, gadget, dan sejenisnya. Bahkan kaktus ini akan menyerap berbagai jenis radiasi yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh.

7. Gerbera
Cukup efektif sekali tanaman gerbera ini untuk kehidupan manusia. Dimana gerbera juga kerap dikenal dengan sebutan Gerbera Jamesonii. Yang mana mampu untuk menyerap racun berbahaya, Dan menghasilkan uap air untuk menyejukkan udara yang ada di sekitar ruangan, maupun lingkungan anda. Bahkan jenis tanaman ini juga bisa mengurangi gas racun berbahaya higga 90 persen. Sehingga sangat berguna sekali untuk menetralisir polusi udara yang tercemar. Dan anda pun juga bisa menanamnya pula di dalam ruangan, Yakni bila luas ruangan 30 m2, maka tanamlah gerbera maupun krisan/seruni hingga 2-3 pot. Sehingga suasana dan udara dalam ruangan bisa ternetralisir, dan sejuk berkat adanya tanaman ini. 

8. Lili Paris
Lili Paris, Kerap sekali disebut juga dengan nama Spider Plan, atau dalam istilahnya juga disebut dengan Chlorophytum Comosum. Tetapi tanaman ini memang kurang suka dengan panasnya matahari. Oleh sebab itu anda bisa menanamnya dalam pot dan diletakkan dalam ruangan. Sehingga dari situ, tanaman yang satu ini akan menyerap segala jenis gas beracun yang ada dalam ruangan. Bahkan udara yang berpolutan pun, yang biasanya disebabkan oleh asap rokok, deodorant, kosmetik, dan lainnya, akan bisa ternetralisir secara efektif. Sehingga tanaman yang satu ini juga termasuk sebagai penangkal polusi udara, Dan zat racun berbahaya dalam ruangan anda.

9. Hanjuang
Dimana jenis tanaman yang berdaun hijau atau merah ini, kerap juga dikenal dengan sebutan Andong atau dalam ilmiah yakni Dracaena Fragrans. Yang mana memiliki kemampuan sebagai antibakteri, dan menyerap gas racun dengan efektif. Dengan begitu, anda bisa meletakkan tanaman ini dalam bentuk pot dalam ruangan. Sehingga Hanjuang atau andong, akan menyerap racun berbahaya dalam ruangan anda. Untuk menanamnya, anda bisa menempatkan tanaman ini pada pot yang berdiameter 20 cm dalam ruangan rumah anda. Sehingga polusi udara dan racun berbahaya dapat ternetralisir dengan baik. 

10. Lidah Mertua
Jenis tanaman lidah mertua atau Sansevieria ini, Mampu mengurangi dan menyerap akan udara yang berpolutan, dan gas racun berbahaya bagi lingkungan. Dimana tanaman ini memang cukup tebal dan banyak mengandung air. Sehingga memiliki daya tahan yang cukup kuat akan terjadinya kekeringan. Bahkan Sansevieria memiliki daya adaptasi tinggi terhadap lingkungan, Sehingga bisa anda tempatkan di tempat yang anda inginkan. Baik itu dalam ruangan maupun luar ruangan. 

11. Sirih Gading
Tanaman ini juga kerap dikenal dengan sebutan Golden Photos, merupakan jenis tanaman yang sangat mudah untuk ditanam.  Dan kegunaan tanaman ini juga sangat efektif untuk menyerap racun pada ruangan, dan sekaligus pembersih udara yang berpolutan. Sehingga menghiasi rumah anda dengan tanaman ini, Memang sangat berguna dan bermanfaat bagi kenyamanan dan kesejukan udara di rumah anda. Sementara cara perawatan dari jenis tanaman ini sangatlah mudah, Sehingga tidak heran banyak orang yang menanamnya. 

12. Azalea
Azalea, Termasuk jenis tanaman bunga yang indah dan menarik untuk ditanam. Bahkan bunga Azalea juga mampu untuk menyerap udara berpolutan, Layaknya formaldehida yang bersumber pada insulasi busa. Sementara tanaman ini kerap tumbuh dengan subur terutama pada daerah atau lingkungan dingin. Dengan begitu, tanaman yang satu ini sangatlah bermanfaat sebagai penangkal udara berpolutan, Dan berbagai zat racun berbahaya bagi tubuh manusia.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar