Perhatikan 9 Hal Ini Saat Menggunakan Toilet Umum

image: pinterest.com
Ketika kita bepergian baik itu keluar kota, ke tempat wisata, ataupun berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, Pasti sering menggunakan toilet umum. Salah satu sarana paling penting untuk banyak kalangan adalah toilet umum. Namun, perlu diketahui saat anda menggunakan toilet umum harus berhati-hati supaya tetap aman terutama kesehatan anda. Meskipun toilet umum terlihat bersih, ternyata masih terdapat kuman-kuman, Mengingat yang menggunakan toilet tersebut tidak satu atau dua orang saja. Beragam kuman bisa bersarang di toilet umum seperti salmonella, E.colli, salmonella, dan virus lainnya. Yang mana bisa menyebabkan gangguan flu, kemudian gangguan kesehatan pencernaan hingga sakit tenggorokan. 
 
Toilet umum memang menyimpan beberapa kuman yang bisa saja mengganggu kesehatan seseorang. Kuman-kuman yang ada di dalam toilet umum bisa masuk ke dalam tubuh ketika anda menyentuh lantai, ataupun benda yang ada di dalam toilet. Bahkan pegangan pintu toilet juga menjadi sarang kuman penyebab penyakit. Untuk tetap aman dalam menggunakan toilet umum, Anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini :
 
1. Amankan barang bawaan anda
Dimana anda sebaiknya menitipkan barang kepada teman atau menaruh pada cantolan dinding toilet. Jangan meletakkan tas di sembarang tempat, karena terdapat kuman yang bisa menempel pada tas, sehingga bisa terkontaminasi ke kulit anda ketika dibawa.
 
2. Hindari kenop pintu
Dalam membuka pintu toliet umum, Sebaiknya lakukan dengan memegang permukaan lain, selain kenop pintu. Karena semua orang yang masuk ke dalam toilet pasti akan memegang kenop pintu. Dari banyaknya orang tersebut, beberapa diantaranya bisa saja membawa berbagai jenis infeksi yang bisa membahayakan kesehatan. Untuk itu, sebaiknya anda menghindari memegang kenop pintu.
 
3. Siram kloset sebelum menggunakan
Tujuannya untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel pada kloset toilet umum, bekas digunakan orang lain.
 
4. Selalu cuci tangan
Usahakan membawa sabun cair antiseptik saat ke toilet umum. Cuci tangan dilakukan untuk menghindari terjadinya berbagai infeksi dari kuman yang ada di dalam toilet.
 
5. Jangan lepas alas kaki
Seberapa bersih lantai toilet umum yang akan anda gunakan, Sebaiknya jangan lepas alas kaki. Mengapa demikian, Karena ketika kita tidak melepas alas kaki, maka kuman di lantai toilet bisa menempel pada kulit kaki anda, kemudian masuk ke aliran darah di dalam tubuh.
 
6. Hindari alat pengering tangan
Jadi ketika menggunakan toilet umum, sebaiknya keringkan dengan menggunakan tisu ataupun handuk anda sendiri. Karena penggunaan alat pengering bersama-sama orang lain, Akan memicu penyebaran bakteri udara ke kulit tangan.
 
7. Gunakanlah tisu dalam menekan tombol flush
Penekanan tombol ini bisa menularkan beragam infeksi, karena disentuh oleh banyak orang. Untuk mencegah terjadinya penyebaran infeksi, sebaiknya gunakan tisu dalam menekan tombol flush.
 
8. Tutuplah kloset saat menekan tombol flush
Toilet umum biasanya memiliki ruang yang sangat sempit. Hal ini akan menyebabkan infeksi kuman lebih mudah terjadi. Untuk itu tutuplah kloset setiap anda menekan tombol flush.
 
9. Membersihkan dudukan toilet
Bersihkan tempat duduk toilet dengan menggunakan tisu bersih anda. Dengan membersihkan ini, Maka akan lebih aman bagi anda.
 
Beberapa cara aman ketika menggunakan toilet umum yang dijelaskan di atas, akan sangat membantu anda. Sehingga anda akan lebih nyaman dan sehat dalam menggunakan toilet umum. Pada dasarnya fasilitas toilet umum itu sangatlah penting. Bagaimana tidak, jika kita merasa ingin buang air kecil atau besar saat bepergian, maka akan sangat tertolong oleh toilet umum. Untuk itu, sebaiknya terapkan cara aman supaya tetap nyaman dan sehat saat menggunakan toilet umum.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar