Ungkap Adolphe Sax Sosok Desainer Musik Yang Dirayakan Google

image: summerwinds.de
Setiap datangnya hari perayaan yang ada, baik itu di Negara-negara yang ada di penjuru dunia termasuk Nusantara, Perusahaan raksasa internet terbesar di dunia “Google”, senantiasa ikut berpartisipasi atas setiap kedatangan hari perayaan tersebut. Namun hal demikian cukup berbeda dari hari biasanya. Dimulai pada hari jumat 6 November 2015, ternyata  google juga ikut serta dalam berpartisipasi akan sosok desainer musik yang mungkin bagi kalangan masyarakat nusantara masih kurang begitu mengenalnya, yakni Adolphe Sax.

Sempat terlintas dalam benak pikiran yang tertuang pada sebuah pertanyaan, mengenai siapa sebenarnya sosok desainer musik tersebut..?, Hingga sampai dirayakan oleh google. Dan pastinya sosok Adolphe Sax bukanlah sosok sembarangan, sampai-sampai pihak google pun juga senantiasa ikut serta dalam merayakan hari kelahirannya.  Dengan demikian, tidak ada salahnya bila kita mengungkap secara gamblang akan sosok yang dirayakan oleh pihak Google ini. 

Berawal dari julukannya, sebagai seorang desainer musik terkenal dari Belgia. Sebenarnya sosok Adolphe Sax ini memiliki sebuah nama lengkap yakni Antoine Joseph “Adolphe” Sax, yang merupakan seorang pemain Saxophone. Bahkan selain menjadi sosok pemain saxophone yang cukup dikenal, Beliau juga menjadi seorang penemu atas Saxtuba, Saxotromba dan Saxhorn. Cukup besar jasanya, sehingga tidak heran bilamana dari pihak google pun juga ikut serta merayakan atas hari ulang tahunnya yang ke 201, yang bertepatan pada hari jumat tanggal 6 november 2015
Adolphe Sax, itulah nama yang kerap disapa dan dikenal oleh kebanyakan orang dalam kehidup sehari-harinya. Dimana nama tersebut merupakan sebuah julukan yang ia sandang pada saat masih kecil. Dan Adolphe Sax juga merupakan seorang putra dari seorang  seniman yang cukup terkemuka. Selain itu ayahnya juga merupakan seorang perancang saxophone. Sehingga dari cita rasa seni Sang Ayah, Adolphe Sax pun juga mewarisi akan bakat yang diterjuni oleh ayahnya, sampai ia menjadi seorang desainer instrumen yang cukup dikenal pula. 

Bahkan Adolphe sax sudah memulai untuk membuat karya instrumen sendiri sejak usia masih dini. Sehingga betapa hebatnya dia dalam menekuni bakatnya, terutama dalam bidang seni musik.

Dan perlu anda ketahui, bahwa Adolphe Sex lahir pada tanggal 6 November 1814 di Dinant, Belgia. Pada usianya yang ke-15 , ia sempat mengikuti sebuah kompetisi clarinet. Dan ia pun sudah mencoba untuk memulai eksperimennya, setelah ia meninggalkan bangku sekolah. Sehingga dari situ semua, ia pun berhasil meraih penemuan pertamanya, yakni membuat perbaikan pada bass clarinet dengan cara meningkatkan keyword akustik, bahkan sampai memperluas jangkauan nada  yang lebih rendah. 

Pada akhirnya, hasil penemuannya tersebut telah dipatenkan pada usianya yang ke- 24. Kemudian ia pindah ke Paris pada tahun 1841, dan mulai bekerja di sebuah instrumen baru. Sehingga hasil  penemuannya bisa dipamerkan pada tahun 1844, yakni berupa terompet Velvet. Kemudian ia pun juga mematenkan ciptaannya tersebut pada tahun 1846. Berbagai macam hasil temuan yang ia miliki, yakni berupa 2 keluarga saxophone yang terdiri dari orkestra dan keluarga band. Dengan adanya hal demikian, memanglah besar jasa-jasa sosok Adolphe Sax ini,  hingga sampai pihak google pun turut serta merayakan hari ulang tahunnya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar