Begini Cara Tepat Ketahui Jenis kulit Sebelum Melakukan Perawatan

image: lalineusa.com
Selalu melakukan perawatan pada kulit agar tetap terjaga dengan baik, Hal demikian memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Yang mana dalam menjaga kesehatan kulit pada tubuh, memang selayaknya dilakukan bagi setiap orang untuk menjaga ekosistem tubuh agar tetap dalam kondisi baik dan sehat. Dimana banyak cara yang bisa dilakukan, baik itu mengkonsumsi berbagai bahan alami, maupun produk perawatan kulit yang sudah beredar di pasaran saat ini. Apalagi bila dalam urusan menjaga kulit wajah, maka tidak sedikit orang, terutama wanita akan memberikan tindakan yang cukup ekstra dalam mempertahankan keelokan wajah yang mereka miliki.

Akan tetapi, sebelum melakukan perawatan pada kulit, baik itu kulit wajah maupun kulit di bagian tubuh lainnya, hendaknya terlebih dahulu mengenali akan jenis kulit anda dengan tepat. Hal demikian karena kondisi kulit antara orang satu dengan lainnya, pastinya akan berbeda. Bahkan bilamana anda kurang memperhatikan mengenai jenis kulit yang anda miliki ketika memakai produk perawatan kulit wajah misalnya, maka ketidakcocokan pasti akan terjadi. 

Dan bisa saja produk perawatan kulit tersebut akan menyebabkan iritasi dan efek samping lainnya. Atau bahkan anda memakai bahan alami dalam menjaga kecantikan kulit wajah, layaknya dengan menggunakan jeruk nipis. Namun bila kondisi kulit anda terlalu sensitif, maka akan menyebabkan iritasi dan rasa panas pada kulit.

Oleh karena itu, mengetahui beberapa ciri atau tanda akan jenis kulit anda sebelum melakukan perawatan dengan produk yang ada, memanglah cukup penting bukan…?. Nah, marilah kita simak cara untuk mengenali jenis kulit secara tepat, sebelum nantinya melakukan perawatan pada kulit itu sendiri.

1. Jenis kulit normal

image: zubaidabeauty.com
Untuk tanda dari jenis kulit normal, yakni kondisi kulit tidak berminyak dan juga tidak pula kering. Sehingga kulit yang kategori jenis normal, memang terlihat hampir tidak tampak pori-pori yang melebar, serta terlihat kenyal dan bersinar. Oleh sebab itu, pada jenis kulit normal ini, memang kerap sekali diidamkan oleh kebanyakan orang. Bahkan pada jenis kulit normal juga tidak perlu untuk terlalu melakukan perawatan khusus dalam menjaga kulit itu sendiri. 

Akan tetapi bila anda salah dalam melakukan perawatan dari tipe kulit ini, atau kurang menjaganya dengan baik, maka bisa saja jenis kulit ini berubah menjadi berminyak dan sensitif. Oleh karena itu, menjaga tipe kulit ini juga sangat dibutuhkan, layaknya menjaga dari sinar matahari dan radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit.

2. Jenis kulit berminyak

image: nanospray.info
Pada jenis kulit berminyak, memiliki tanda yakni kulit wajah memiliki pori-pori yang melebar dan terlihat mengkilap. Sementara pori-pori yang melebar pada tipe kulit berminyak ini, memang cukup rawan akan terjadinya penyumbatan kuman dan berbagai bekas produk kosmetik yang dikenakan. Oleh karena itu, jenis kulit yang berminyak, memang lumayan susah akan perawatannya. Dan bila salah langkah dalam merawat tipe kulit ini, maka akan bisa memperburuk keadaan, terutama ketika melakukan perawatan pada kulit wajah. 

Bahkan jenis kulit berminyak juga rentan terhadap terjadinya jerawat muncul secara tak terduga. Oleh karena itu, agar bisa tepat dalam merawat jenis kulit ini, maka setidaknya anda bisa menghindari akan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Dan setidaknya anda juga bisa menggunakan bahan perawatan yang tepat untuk kulit jenis ini.

3. Jenis kulit kering

image: inlifehealthcare.com
Pertanda dari jenis kulit kering yaitu, kondisi kulit terlihat kurang lembab, dan cenderung memiliki warna kulit yang kusam serta terlihat kering. Dan biasanya bagi orang yang memiliki tipe kulit kering ini, merasa kulit mereka seperti ketarik, layaknya kulit wajah seperti ketarik ketika mereka sedang tersenyum atau berbicara. Sehingga dari situ, kondisi kulit tampak kurang elastis. 

Selain itu pada jenis kulit kering juga bisa menimbulkan rasa gatal, mudah terluka, dan terkena iritasi. Sehingga bila anda memiliki jenis kulit kering, maka cara perawatannya yakni menjaga kondisi kulit agar tetap lembab dan ternutrisi, baik itu menggunakan bahan alami maupun dengan menggunakan produk perawatan lainnya. Sehingga kondisi kulit kering, tidak akan sampai memunculkan kerutan dan garis halus, terutama di bagian kulit wajah. Sehingga kondisi kulit pun bisa terawat dengan baik dan sehat.

4. Jenis kulit sensitif

image: kevloproducts.com
Dimana jenis kulit sensitif memang harus memiliki perawatan yang tepat dan penuh kehati-hatian. Semisal pada wajah orang yang memiliki kulit sensitif, akan ada warna kemerah-merahan di area tertentu. Sementara jenis kulit ini memang mudah sekali terjadi inflamasi dan iritasi. Sehingga dalam melakukan perawatan terhadap tipe kulit sensitif ini, harus penuh dengan ketelitian dan cermat dalam menanganinya. Bahkan bila perlu, berkonsultasilah kepada dokter kulit dalam melakukan perawatan yang tepat. Dan lebih baik menggunakan bahan alami, yang sekiranya tidak memiliki efek samping terhadap kesehatan kulit pada tubuh.

5. Jenis kulit kombinasi

image: lovecraftbeauty.com
Dimana jenis kulit kombinasi biasanya dalam satu wajah terdapat bagian yang kering dan sebagian lainnya juga terdapat berminyak. Misalnya bagian pipi dan sekitar mata baik-baik saja atau terlihat kering, namun di bagian lainnya berminyak. Dan untuk melakukan perawatan akan kondisi kulit kombinasi ini, memang memerlukan perawatan berbeda untuk setiap bagian kulit yang ada. Sehingga kondisi kesehatan kulit pun bisa tetap terjaga dengan baik dan sehat.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar