4 Fakta Mengagumkan Sosok Bung Tomo Yang Perlu Anda Ketahui

Siapa yang tak mengenal akan sosok pahlawan bangsa Indonesia yang begitu melekat namanya “Sutomo” atau kerap dikenal dengan julukan “Bung Tomo”.  Merupakan seorang tokoh populer sebagai pejuang bangsa yang sangat gigih dalam mempertahankan tanah air Indonesia, terutama pada peristiwa 10 November di Surabaya. Bung Tomo, Sebagai seorang orator yang begitu kuat dalam membakar semangat juang untuk bertempur sampai titik darah penghabisan,  menjadikan kiat semangat rakyat  pun semakin yakin akan kemenangan di medan pertempuran yang penuh dengan rintangan.

Dalam mempertahankan harga diri tanah air dan bangsa, hingga sampai menuntun ke arah proklamasi kemerdekaan Indonesia  yakni pada tanggal 17 Agustus 1945, Bung Tomo memiliki karakter semangat yang tak mengenal lelah . Di balik itu semua, sosok Sutomo ternyata juga banyak dikagumi oleh kalangan masyarakat nusantara. Sebagai pahlawan nasional, Beliau pun juga mengutamakan hal pendidikan dan keimanan yang begitu mendalam. Sehingga dari situ semua, ada sisi yang cukup menarik akan kiprah seorang pejuang bangsa ini. Dan inilah 4 fakta menarik yang perlu anda ketahui akan sosok Bung Tomo.

1. Merupakan sosok yang cukup sederhana
Dalam menjalani hidupnya maupun keluarganya, Bung Tomo merupakan sosok seorang pejuang bangsa yang penuh dengan kesederhanaan dari banyak karakter para pendiri RI. Sehingga hal demikian patut untuk dijadikan suri tauladan di tengah maraknya budaya, yang hanya mementingkan kepentingan golongan di kalangan elit politik masa kini. Selain itu, Sosok Bung Tomo juga tegas dan tanpa kompromi, bahkan spirit “mbonek”-nya yang begitu kuat, hingga menjadikan banyak orang termotivasi olehnya.

2. Memiliki sosok berkarakter Nasional - Religius yang begitu kuat
Bila dibandingkan dengan adanya keadaan masa kini, tidak sedikit pula muncul akan sikap fanatisme keagamaan yang cenderung Anti-Nasionalis dan Eksklusif. Sedangkan sosok Bung Tomo memiliki rasa pembelaan kuat dalam berjuang untuk mempertahankan keutuhan RI, Yakni dengan cara manifestasi dari keimanannya terhadap keyakinan agama. Sehingga menuntunnya pada penyatuan dan keutuhan bangsa Indonesia. Sungguh luar biasa akan beberapa hal yang telah beliau terapkan dalam membangun bangsa untuk maju dan sejahtera.

3. Sosok seorang elit politik yang dekat di hati rakyat
Memang hal demikian haruslah diterapkan dalam menunjang kemajuan bangsa. Di mana sosok Bung Tomo yang merupakan pejuang bangsa, juga menjadi seorang elit politik namun tak lepas di hati para rakyatnya. Sehingga menjadikan kiprahnya pun memiliki jiwa sosial tinggi, dan patut untuk dijadikan tauladan bagi generasi penerus bangsa masa kini. Di mana interaksi inten antara Bung Tomo dengan rakyat yang cukup dekat, merupakan suatu hal yang jarang terjadi  para elit politik masa kini. Dengan begitu, kiprahnya memang patut dijadikan suri tauladan untuk memperkuat tali ikatan seluruh rakyat Indonesia.

4. Sosok seorang yang mencintai keluarganya
Selain hal yang menonjol akan kiprahnya sebagai seorang pejuang bangsa, Bung Tomo juga termasuk orang yang mencintai  keluarganya. Di mana dalam hal mendidik anak-anaknya, Beliau selalu mengajarkan agar berbuat jujur. Bila tidak,  maka Ia akan tegas dalam melatih anaknya untuk berbuat jujur. Namun di sisi lain, Ia tidak pernah sekali pun marah terhadap sang istri tercinta. 

Sampai tiba di hari wafatnya yakni pada tanggal 7 Oktober 1981, Masih tersimpan foto istri tercinta di dompetnya yang bertuliskan “iki bojoku (ini istriku)’’, dan di foto lainnya juga bertuliskan “Tien istri Tomo”. Sementara ketika ibu Sulistina ( istri Bung Tomo) membuka dompet Bung Tomo setelah kepergiannya, Sembari istrinya pun terharu atas semua cinta dan perhatian Bung Tomo terhadapnya.
Artikel Terkait