Ketahui 3 Komponen Kaki Mobil Yang Sering Rusak

image: kabaroto.com
Melakukan perjalanan atau traveling bersama keluarga dengan menggunakan mobil pribadi, pastinya hal demikian bisa cukup nyaman dan menyenangkan. Apalagi pergi ke suatu tempat yang diselimuti dengan penuh pemandangan alam yang indah, tentu akan bisa menambah selera traveling semakin dekat di hati. Namun bagaimana bila saat berkendara, ternyata ada bagian komponen mobil yang sedang bermasalah...?, Terutama di bagian kaki mobil yang mengalami gangguan cukup signifikan. Pastinya akan bisa mengusik kenyamanan dalam berkendara bukan…..?. Dimana laju mobil menjadi terasa berat, bergelonjak, dan kurang tenang.

Sehingga memang sudah menjadi syarat utama akan keberadaan kaki mobil yang normal, yang mana dalam mengatur kenyamanan ketika kita sedang melakukan perjalanan menggunakan mobil. Khususnya di bagian setir mobil yang terdapat kaki mobil, yang biasanya juga sering mengalami masalah. Sehingga dari situ tentu bisa lebih diperhatikan dengan seksama akan kenormalan kaki mobil itu sendiri.

Dan ternyata, Ada 3 komponen dari kaki mobil yang kerap sekali mengalami permasalahan.  Sehingga bilamana kaki pada mobil pribadi anda mengalami masalah, maka langsung saja anda bisa mengarah pada ketiga komponen ini untuk segera melakukan perbaikan. Berikut keterangannya :

1. Ball Joint
image: kustom1warehouse.net
Perlu anda ketahui, Bahwa bagian kaki mobil yang rawan mengalami masalah yakni ball joint. Dimana fungsi dari ball joint itu sendiri sebagai sumbu roda saat mobil berbelok. Selain itu, kegunaannya juga sebagai penghubung antara sayap atau arm dengan knuckle roda. Dan kinerja ball joint ini memiliki tugas yang cukup berat selama mobil melaju. Bilamana sampai kondisi ball joint mengalami kerusakan, maka mobil akan terdengar bunyi “gluduk-gluduk” ketika mobil melewati jalan yang rusak atau tidak rata. 

Sehingga untuk melihat akan kondisi ball joint ini, setidaknya anda bisa memeriksanya, yakni dengan cara mendongkrak roda mobil bagian depan, kemudian menggoyangkan roda ke atas dan ke bawah dengan sedikit menyerongkannya secara perlahan. Hal tersebut bertujuan agar bisa mengetahui adanya bunyi “ gluduk-gluduk “ yang ditimbulkan. Dengan begitu, rusak atau tidaknya ball joint ini bisa diketahui dengan jelas.

2. Tie Rod
image: autopartswarehouse.com
Untuk bagian kedua dari kaki mobil yang kerap sekali mengalami gangguan, yakni Tie Rod. Dimana kegunaan dari Tie Rod ini memang sebagai perantara ‘’rack end stir’’ dengan roda. Sehingga dengan bantuan Tie Rod, maka mobil mampu bergerak ke kiri dan ke kanan. Hal itu karena keberadaan Tie Rod langsung berhubungan dengan sistem setir yang terdapat di mobil. 

Dan bilamana komponen ini mengalami kerusakan, maka setir tidak lagi bisa bekerja secara normal dan sangat terasa tidak nyaman ketika disetir. Dimana keseimbangan mobil pun bisa mengalami gangguan, yakni mobil bisa ‘’oling’’ ke kanan dan ke kiri. Sehingga mobil akan mengeluarkan bunyi “kletek-kletek” di saat hendak berbelok. Dengan begitu, Anda setidaknya bisa langsung memperbaikinya secara tepat akan kondisi Tie Rod yang mengalami gangguan ini.

3. Rack End
image: ultimatepowersteering.com.au
Dimana Rack End ini memang salah satu komponen kaki mobil yang kerap sekali mengalami kerusakan. Pada umumnya, Rack End memiliki kegunaan sebagai pengatur tingkat kelurusan roda ketika mobil melaju lurus. Dan bilamana komponen ini mengalami gangguan, maka keseimbangan mobil pun juga akan bermasalah. Layaknya mobil mengeluarkan bunyi seperti rusaknya Tie Rod. Untuk itu, perlu diperhatikan akan kenormalan komponen ini, agar ketika mobil melaju bisa berjalan dengan lancar, aman dan nyaman.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar