Waspada, Ternyata 4 Makanan Ini Bisa Turunkan Daya Imunitas Tubuh

image: freefoodphotos.com
Dalam menjaga sistem ketahanan tubuh agar tetap baik dan sehat, ternyata masih banyak hal yang harus diperhatikan. Selalu menerapkan gaya hidup sehat, itulah yang menjadi salah satu kunci pokok untuk meningkatkan daya imunitas tubuh agar tetap bisa dipertahankan dengan baik. Apalagi bila kita mengingat akan perubahan dan keadaan cuaca yang kurang menentu, kerap sekali menjadikan tubuh merasa lemas, kurang semangat, bahkan tubuh menjadi lelah ketika menjalankan setiap rutinitas yang ada.

Sehingga untuk menjadikan daya imunitas tubuh ini bisa meningkat dan bugar kembali, memang seharusnya perlu diperhatikan. Baik itu dengan melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga secara rutin serta teratur, Maupun mengonsumsi berbagai jenis makanan sebagai bahan alami peningkat daya imunitas tubuh. 

Namun perlu anda ingat, bahwa tidak semua makanan bisa menjadikan daya tahan tubuh bisa meningkat, bahkan ada beberapa jenis makanan yang perlu anda perhatikan. Dimana beberapa makanan ini ternyata malah bisa menurunkan daya imunitas tubuh. Mari kita simak 4 jenis makanan yang justru menjadikan daya imunitas tubuh kita menurun.

1. Gula atau makanan manis
Biasanya kandungan gula ini, biasa juga ditemukan pada berbagai macam makanan manis yang dijual di pasaran, layaknya sirup, permen, selai, dan sejenisnya. Namun bila tubuh terlalu berlebihan dalam mengonsumsi gula hingga sampai 8 sendok makan per harinya, maka akan menjadikan kinerja sel darah putih dalam tubuh bisa berkurang sampai 40 persen dalam menangkal berbagai macam penyakit. Sehingga akan cukup terasa dampaknya, yakni 5 jam setelah tubuh menerima asupan gula yang terlalu berlebih tersebut. Oleh karena itu, setidaknya anda bisa menakar secukupnya saja ketika mengonsumsi gula, demi terjaganya keseimbangan daya imunitas tubuh anda.

2. Produk susu tinggi lemak
Pada dasarnya mengonsumsi susu ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun jika kandungan dari produk susu olahan ini sebagai sumber lemak jenuh yang sangat tinggi, maka hal demikian juga bisa mengakibatkan turunnya daya imun tubuh. Oleh karena itu dalam mengonsumsi susu, anda bisa memilih jenis susu rendah lemak, layaknya keju, yoghurt, dan berbagai jenis bahan makanan lainnya.

3. Mentega dan margarin
Berdasarkan direktur dari Yale Prevention Research Center yang berada di Connecticut, AS, Menuturkan bahwa kandungan lemak tak jenuh yang terdapat pada mentega dan margarin bisa mengganggu kesehatan jantung dan daya imun tubuh. Dimana kandungan lemak tak jenuh yang terdapat pada mentega dan margarin, Akan bisa berkontribusi pada terjadinya inflamasi bila dikonsumsi secara berlebihan. Dan sebaiknya anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun dan canola yang bisa membantu untuk memperkuat daya imunitas tubuh.

4. Daging merah yang dikonsumsi berlebih


image: pngimg.com
Pada umumnya keberadaan lemak jenuh ini banyak ditemukan pada daging merah. Sehingga kandungan lemak jenuh yang tinggi pada daging merah, juga bisa menyebabkan risiko diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, dan penyakit lain yang berhubungan dengan turunnya sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu dalam tahap peningkatan daya imunitas tubuh agar bisa maksimal, sebaiknya anda bisa menghindari akan jenis makanan yang malah menjadikan daya imun tubuh menurun.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar