Awas, Deretan Makanan Ini Merusak Kulit Bila Dikonsumsi Berlebih

image: redpepper.co.ug
Menjaga kesehatan kulit dari berbagai macam gangguan memang sudah menjadi salah satu kiat yang perlu untuk diperhatikan. Dimana kondisi kulit yang bermasalah, Yaitu layaknya kulit menjadi meruntus, jerawat, kulit mudah berkerut, hingga kulit mengalami penuaan dan lain sebagainya. Hal demikian bukan tidak ada sebab, atau tidak secara tiba-tiba kulit menjadi rusak begitu saja.

Akan tetapi banyak hal yang menyebabkan kulit di tubuh mudah mengalami kerusakan. Layaknya penggunaan produk perawatan kulit sembarangan, menggunakan kuas dan spon yang kotor ketika memulai perawatan, melakukan scrub pada kulit wajah dengan tidak hati-hati, dan lainnya. Bahkan selain hal tersebut, ada juga jenis makanan yang bilamana dikonsumsi secara berlebih, maka juga akan merusak kesehatan pada kulit.

Dimana kandungan yang terdapat pada makanan ini, memang terdapat banyak kalori dan gula, Sebagian sangat minim sekali kandungan nutrisi di dalamnya. Sehingga menjadikan kondisi kulit tubuh mudah rusak bila sampai mengonsumsinya secara berlebihan. Dan pada akhirnya akan menjadikan kondisi kulit kurang segar, bahkan bisa sampai menimbulkan penuaan pada kulit itu sendiri. 

Inilah 5 jenis makanan yang mampu merusak kesehatan kulit bila sampai dikonsumsi berlebih.

1. Yang mengandung kafein
Perlu anda ketahui, bahwa asupan kafein yang terlalu banyak di dalam tubuh, maka akan bisa meningkatkan risiko hormon stres. Layaknya mengonsumsi kopi yang awalnya baik bagi tubuh, akan tetapi bila dikonsumsi secara berlebihan itu pun juga tidak baik, yakni akan berdampak pada timbulnya kerusakan pada kulit tubuh. Oleh karena itu dalam mengonsumsi teh dan kopi yang banyak kandungan kafein di dalamnya, sebaiknya dikonsumsi sesuai dengan takaran secukupnya, agar bisa bermanfaat bagi tubuh anda.

2. Produk susu hewan olahan
Biasanya susu hewan olahan ini memang cenderung terasa manis, namun ada juga yang terasa asam atau asin. Dan berbagai macam rasa yang terdapat pada jenis susu olahan hewan tersebut, juga akan menimbulkan kulit tubuh rusak bila sampai dikonsumsi secara berlebih. Hal demikian karena kandungan yang terdapat di dalamnya, memang terdapat androgen yang bisa menyebabkan produksi minyak di tubuh meningkat. Sehingga akan memicu tumbuhnya jerawat di kulit. Bahkan hal demikian akan malah memperparah kondisi jerawat pada kulit di tubuh. 

Oleh sebab itu, setidaknya anda bisa secukupnya saja dalam mengonsumsi, atau bisa saja anda menggantinya dengan produk susu yang berasal dari olahan kacang-kacangan, kedelai, almond, dan sejenisnya. Agar nantinya kondisi kulit pada tubuh bisa terjaga akan kesehatannya.

3. Makanan yang tinggi kandungan garam
Bilamana kandungan garam yang tinggi pada tubuh, maka akan menjadikan kondisi kulit bisa terlihat kembung dan bengkak. Hal itu karena mengonsumsi makanan yang memiliki tingkat kadar garam yang cukup tinggi, akan bisa menahan air untuk meresap ke kulit, sehingga terjadilah kulit yang terlihat kusam dan kering. Oleh karena itu, bilamana anda sedang berkeinginan untuk mengonsumsi makanan ringan yang terdapat kandungan garam tinggi di dalamnya, bisa memperhatikan takaran yang pas dalam mengonsumsinya. Atau bisa menguranginya.

Dan apabila anda ingin kulit yang sehat, alangkah baiknya bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang diperkaya dengan vitamin E, kalsium, kalium, zat besi, dan selenium. Seperti kacang almond, mete, hazelnut, yang semuanya memang bagus untuk kesehatan kulit pada tubuh. 

4. Karbohidrat yang mengandung gula di dalamnya
Layaknya pada minuman soda, permen, biskuit, dan kue, yang semuanya itu mengandung karbohidrat yang terdapat gula halus di dalamnya. Yang mana bisa meningkatkan level insulin dan menyebabkan peradangan di tubuh bila sampai dikonsumsi secara berlebihan. Sehingga terjadinya peradangan ini akan mengakibatkan timbulnya gangguan kolagen dan elastin. Bahkan serat yang menyehatkan kulit akan mengalami gangguan pula. Alhasil, kulit di tubuh tidak lagi terlihat kenyal dan kencang. 

Selain itu, mengonsumsi makanan bergula hingga keluar dari takaran yang pas, akan bisa menjadikan tingginya level insulin di tubuh dan meningkatkan produksi minyak pada kulit hingga menimbulkan jerawat. Dan bilamana hal demikian sudah terlanjur, maka anda bisa memperbaikinya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zinc, layaknya buah alpukat, kacang mete, dan lainnya. Sehingga kondisi kulit bisa tetap terjaga dengan baik dan sehat.

5. Makanan tinggi lemak protein
Layaknya mengonsumsi keju dan daging merah secara berlebihan, maka kandungan lemak protein yang ada di dalamnya juga bisa menjadikan kulit mudah mengalami kekusaman dan bengkak. Oleh karena itu, anda bisa mengonsumsinya dengan kadar sewajarnya saja, atau bisa juga menggantikannya dengan protein tanpa lemak seperti daging ayam, ikan salmon, kacang-kacangan, dan lainnya. Maka dari itu demi menjaga kesehatan kulit, Anda bisa lebih memperhatikan akan hal itu semua.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar