Inilah 14 Golongan Orang Yang Didoakan Para Malaikat

image: aimislam.com
Sebagaimana yang telah diceritakan dalam Al-Qur’an dan Sunnah, Mengenai kedudukan para Malaikat yang selalu mentaati segala apa yang diperintah oleh Allah SWT. Bahkan Malaikat yang memiliki sifat ketaatan yang begitu tinggi kepada Tuhan ini, senantiasa juga selalu mendoakan kepada para golongan umat yang dikehendakinya. Maka dari itu, tentunya kita semua bisa sedikit menilik akan siapa saja yang akan mendapatkan do’a dari para Malaikat tersebut, agar kita semua bisa lebih berpacu dalam menggapai Ridho Sang Ilahi. 

Keberkahan dalam hidup di dunia dan akhirat, itulah yang menjadi idaman bagi semua umat manusia yang selalu taat kepada Sang Pencipta. Sungguh luar biasa, di kala para Malaikat juga senantiasa mendoakan kepada hamba Allah yang taat tersebut. Hingga mereka semua bisa lebih mudah untuk mencapai jalan kebenaran yang diridhoi oleh Allah SWT. Dan berikut merupakan 14 golongan orang yang didoakan oleh para Malaikat Allah SWT.

1. Orang tidur malam dalam keadaan bersuci
Berdasarkan keterangan yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW, dalam haditsnya yang telah diriwayatkan oleh Imam Ibnu Hibban, Bahwa ada salah satu golongan yang didoakan oleh para Malaikat. Yakni bilamana ada seseorang yang selalu keadaan suci (berwudhu) hingga sampai ia dalam keadaan tidur sekalipun, Maka golongan orang yang seperti ini, para Malaikat Allah akan selalu mendoakannya. 

2. Orang yang duduk di tempat setelah melaksanakan shalat
Para Malaikat Allah akan selalu mendoakan bagi orang yang telah melakukan shalat, setelah itu duduk di dalam tempat tersebut (tidak dalam keadaan batal wudlunya). Yang mana Malaikat akan berdo’a kepada Allah, “Ya Allah, Ampunilah dan sayangilah ia”. Hal demikian memang sesuai dengan apa yang telah dijelaskan dalam hadits Nabi, yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abu Hurairah R.A.

3. Seseorang yang menjenguk orang Sakit
Dalam hadits Nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Ali bin Abi Thalib, menjelaskan bahwa Allah akan mengutus sebanyak 70.000 Malaikat untuk mendoakan bagi orang mukmin yang menjenguk saudaranya yang sedang sakit.  Dan para Malaikat pun senantiasa ber-shalawat kepadanya. Sehingga memang sudah selayaknya bagi kita sesama umat Muslim untuk menjenguk bilamana ada saudara, tetangga, bahkan kerabat yang sedang ditimba musibah atau sakit.

4. Orang yang berada di shaf barisan depan ketika shalat berjamaah
Berdasarkan hadits yang telah disabdakan Rasulullah SAW, yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu khuzaimah, Menjelaskan bahwa senantiasa Allah SWT beserta para Malaikat-Nya akan ber-shalawat kepada orang yang berada di shaf terdepan ketika menjalankan shalat berjamaah. Sehingga selain mendapatkan fadhilah akan shalat berjamaah, bagi mereka yang berada di shaf bagian paling depan, maka para Malaikat pun senantiasa juga mendoakan mereka.

5. Orang yang mengucapkan “Amiin” Setelah Imam membaca Al-Fatihah
Di kala ada seorang Imam yang sedang membaca surat Al fatihah kemudian makmum menjawabnya dengan ucapan “Amiin”, maka senantiasa Malaikat pun juga mengucapkan lafadz “Amiin” tersebut. Dan bagi para makmum dan imam yang sedang melakukan shalat berjamaah, maka dari situ para Malaikat akan mendoakan mereka semua. Hal demikian memang sesuai dengan apa yang telah dijelaskan dalam hadits Nabi, yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Abu Hurairah R.A.

6. Orang yang tidak membiarkan Shaf kosong ketika shalat berjamaah
Bagi orang yang selalu mengisi shaf-shaf yang kosong atau menyambung shaf tersebut agar tidak kosong, maka para Malaikat akan senantiasa bershalawat kepada orang tersebut. Karena membiarkan barisan shaf yang kosong, sama halnya memberi peluang setan untuk menggoda setiap hamba Allah yang sedang beribadah kepada-Nya. Hal tersebut sesuai dengan hadits yang telah diriwayatkan oleh para ‘’Perawi’’ hadits yakni Imam Ahmad, Ibnu majah, Ibnu khuzaimah, Dan Al-Hakim

7. Orang yang duduk menunggu waktu shalat
Dengan mempersiapkan diri untuk selalu dalam keadaan  bersuci, serta menunggu waktu shalat sambil duduk di masjid, Maka Para Malaikat akan senantiasa mendoakan orang tersebut, “ Ya Allah, Ampunilah ia, Ya allah sayangilah ia”. Hal demikian berdasarkan hadits yang telah diriwayatkan oleh Imam Muslim dari perawinya yakni, Abu Hurairah R.A.

8. Orang yang melaksanakan shalat Subuh dan ‘Ashar berjamaah
Para Malaikat akan senantiasa memintakan pengampunan kepada Allah SWT, bagi siapa saja yang selalu menyempatkan dirinya untuk shalat berjamaah pada waktu shalat Subuh dan ‘Ashar. Dan begitulah penjelasan yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW, dalam hadits beliau yang telah diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abu Hurairah R.A.

9. Orang yang berinfak
Dalam hadits shahih yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, menjelaskan bahwa ada dua Malaikat yang senantiasa mendoakan orang yang suka berinfak, dan mendoakan celaka bagi orang yang ‘’bakhil’’. Salah satu dari kedua Malaikat tersebut berdoa: “ Ya Allah, Berikanlah ganti bagi orang yang berinfak”. Sedangkan salah satu Malaikat lainnya juga berdoa “Ya Allah, Hancurkanlah harta orang yang pelit ( bakhil)”. Dengan begitu, para Malaikat juga senantiasa mendoakan orang-orang yang suka untuk meng-infakkan sebagian hartanya tersebut. 

10. Orang yang mendoakan saudaranya secara diam-diam
Bagi orang yang mendoakan saudaranya secara diam-diam, Maka Malaikat pun turut mendoakan, yakni Malaikat berdo’a: “ Amiin, dan Engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan”. Hal demikian memang sesuai dengan hadits Nabi yang telah diriwayatkan oleh Imam Muslim, dari rawinya yakni Ummud Darda R.A.

11. Orang yang makan sahur
Dan berbahagialah bagi orang yang senantiasa menjalankan ibadah puasa, baik itu fardhu maupun sunnah. Terutama ketika mereka sedang sahur, maka malaikat akan senantiasa bershalawat kepada orang-orang tersebut. Di mana penjelasan tersebut memang sesuai dengan hadits Nabi, yang telah diriwayatkan oleh Imam Ibnu Hibban, dan Imam Ath Thabrani dari Abdullah Bin Umar R.A.

12. Seorang yang sedang mengajarkan kebaikan
Tidak hanya para Malaikat saja yang mendoakan orang-orang alim yang selalu mengajarkan kebaikan. Bahkan Langit, bumi, semut, dan ikan semuanya ber-shalawat kepada mereka semua. Dan tentunya orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain, Maka diberi kedudukan tinggi di sisi Allah SWT. Hal demikian berdasarkan keterangan yang terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, dari Abu Umamah Al Bahili.

13. Orang yang bershalawat kepada Rasulullah SAW
Banyak sekali majelis shalawat yang dikibarkan oleh kebanyakan orang. Dan orang yang selalu memberikan pujian kepada Rasulullah SAW, maka para malaikat pun juga senantiasa akan mendoakan orang-orang tersebut. Hal demikian berdasarkan Musnad Imam Ahmad no. 6605.

14. Orang yang bertaubat Nasuhah
Berdasarkan keterangan yang terdapat dalam Al-Quran surah Al Mukmin ayat 7-9, Menjelaskan bahwa bagi siapa saja yang bertaubat, Kemudian mengikuti jalan Allah dengan sepenuh hati, maka para malaikat akan senantiasa mendoakan mereka dan keluarganya. Sehingga orang yang bertaubat dan tidak mengulangi perbuatan buruknya, maka mereka akan selalu didoakan para malaikat untuk menuju jalan yang diridhoi oleh Allah SWT.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar