4 Hal “Sepele” Yang Memicu Jerawat Di Punggung

image: reducepimples.net
Timbulnya jerawat yang dialami oleh kebanyakan orang, bukan hanya terjadi pada bagian wajah saja. Namun terjadinya jerawat juga bisa timbul di area punggung dan bahu pada tubuh. Bahkan tidak sedikit juga orang yang mengalami jerawat di sekitar area tersebut. Sehingga hal demikian kerap sekali menjadikan banyak orang resah akan kondisi yang seperti ini. Apalagi bila mereka sudah tak tahan lagi akan rasa gatal yang telah ditimbulkan, maka secara spontan mereka akan menggaruknya. Yang mana hal itu malah bisa memperparah kondisi jerawat yang terdapat di sekitar area tubuh mereka. 

Sebenarnya, Timbulnya jerawat di sekitar area punggung dan bahu ini,mestinya tidak tumbuh dengan begitu saja. Akan tetapi, ada beberapa kebiasaan yang biasanya dianggap “sepele”, yang menjadikan jerawat tersebut tumbuh subur di sekitar area tersebut. Sehingga dari situ setidaknya anda bisa menghindari akan beberapa hal tersebut, agar kondisi jerawat di bagian area tubuh ini dapat segera tertangani secara efektif. Selain itu, jerawat yang suka menempel pun bisa hilang dan tidak lagi menjadikan diri anda resah akan rasa gatal yang telah ditimbulkan. Dan inilah 4 hal sepele yang seringkali memicu tumbuhnya jerawat di sekitar area punggung. 

1. Jarang menggosok punggung saat mandi
Kebiasaan jarang menggosok punggung ketika mandi, memang bisa menjadikan jerawat tumbuh berkembang di sekitar area punggung. Dimana di sekitar area punggung, memang bagian tubuh yang sulit dijangkau ketika dalam menggosok badan di saat mandi. Akan tetapi jika hal demikian terlalu diabaikan, maka bisa saja ada pori-pori punggung maupun bahu yang masih tersumbat oleh bekas keringat selama seharian. Sehingga hal demikian akan menyebabkan timbulnya jerawat bilamana tidak digosok, dan tidak diperhatikan secara seksama. Oleh karena itu, rajin-rajinlah menggosok punggung dan bahu hingga bersih pada saat mandi, agar tidak memicu jerawat tumbuh subur secara tak terduga.

2. Mengenakan pakaian ketat, dengan bahan yang sulit menyerap keringat
Bilamana tubuh mengenakan pakaian ketat dengan menggunakan bahan yang sulit sekali untuk menyerap keringat tubuh, maka hal ini juga salah satu faktor yang menjadikan jerawat di punggung bisa tumbuh. Yang mana keringat tubuh bisa terjebak dalam pakaian tersebut, hingga menjadikan iritasi pada kulit. Sehingga jerawat pun mulai tumbuh dengan mudah di sekitar area punggung. Oleh karena itu, setidaknya anda bisa mengenakan pakaian yang tepat dan tidak terlalu ketat, agar keringat di tubuh bisa keluar dengan mudah. 

3. Malas mengganti sprei
Seringkali tubuh akan mengeluarkan keringat dan minyak khas tubuh di saat anda tertidur lelap. Sehingga keringat tubuh akan menempel pada sprei dan mengendap di dalamnya. Dan bila sprei tersebut dibiarkan begitu saja dalam jangka waktu yang cukup lama, maka bisa menjadi sarang tumbuhnya bakteri dan memicu jerawat muncul di punggung pada saat tidur menggunakan sprei. Oleh karena itu, setidaknya anda bisa mencuci atau membersihkan sprei tersebut, setelah anda gunakan tidur secara rutin agar tidak menjadi sarang bakteri yang memicu tumbuhnya jerawat di tubuh. 

4. Sering memakai baju secara berangkap
Perlu anda tahu, bahwa pemakaian baju secara berangkap atau berlapis-lapis, bisa menjadi pemicu akan tumbuhnya jerawat di punggung. Mengapa bisa demikian…?, Hal demikian karena menggunakan baju secara berangkap, menjadikan produksi keringat di tubuh meningkat, sementara sirkulasi udara dalam mengeluarkan keringat itu sendiri cenderung sedikit. Pada akhirnya keringat terperangkap di dalam, dan mengakibatkan jerawat muncul. Apalagi bila anda memiliki kulit punggung yang sensitif, maka timbulnya alergi dan jerawat akan lebih cepat. Oleh karena itu, setidaknya anda bisa memperhatikan hal demikian secara seksama, sehingga munculnya jerawat di punggung bisa dicegah secara tepat dan efektif.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar