9 Penyebab Keringat Di Tangan Dan Cara Mengatasinya

image: dailymotion.com
Keluarnya keringat di tangan, Yang mana di bagian telapak tangan yang sering muncul keringat secara berlebih kerap dikenal dengan sebutan “ palmar hyperhidrosis”. Hal itu juga bisa terjadi di sekitar area pergelangan tangan, Dan memang seringkali menjadikan banyak orang kurang nyaman dalam menghadapi kondisi yang semacam ini. Apalagi ketika mereka sedang berjabat tangan  dengan seseorang yang dianggap penting, dan tiba-tiba saja keringat tersebut muncul, hingga pada akhirnya bisa menjadikan mereka malu, tidak percaya diri dan resah dengan adanya keringat yang berlebih tersebut.

Sebenarnya hal demikian terjadi bisa disebabkan oleh beberapa hal yang perlu untuk diketahui. Sehingga dari situ bisa ditemukan sebuah solusi yang efektif untuk mengatasinya. Bahkan tidak sedikit orang yang masih beranggapan bahwa tangan yang berkeringat secara berlebih menjadi indikasi akan penyakit serius. Padahal tidak semuanya seperti itu. Akan tetapi banyak hal yang menyebabkan tangan ini menjadi sering berkeringat. Oleh karena itu, agar anda bisa lebih gamblang dalam mengetahui akan terjadinya keringat di bagian tangan, setidaknya terlebih dahulu anda bisa mengetahui beberapa hal yang menyebabkan keringat di tangan itu sering muncul secara berlebih. Dan inilah 9 penyebab munculnya keringat secara berlebih di bagian tangan yang perlu anda ketahui. 

1. Kecemasan
Terjadinya kecemasan pada diri seseorang menjadi salah satu penyebab tangan bisa berkeringat secara spontan. Apalagi di saat hati sedang gundah gelisah, maka hal demikian juga kerap menjadikan keringat keluar di bagian telapak tangan, maupun bagian tangan lainnya mudah berkeringat. Sedangkan air keringat tersebut muncul bisa saja terjadi pada saat sedang menulis, berjabat tangan, maupun melakukan rutinitas lainnya. Untuk mengatasi timbulnya keringat yang dikarenakan oleh rasa cemas atau gelisah ini, anda bisa menekan ( memijat )  bagian dasar dari jari telunjuk dan ibu jari secara perlahan selama beberapa menit. Sehingga hal demikian juga merupakan suatu terapi yang dapat menghilangkan rasa cemas dan gelisah yang anda alami. 

2. Sikap Kesal
Bagaimana sikap kesal yang ada bisa menyebabkan keringat di tangan muncul…?. Nah, sikap kesal, marah, jengkel merupakan suatu hal yang dapat memicu kondisi saraf otonom tidak seimbang. Sehingga dari situ akan menyebabkan munculnya keringat yang berlebih. Oleh karena itu terjadinya gangguan sistem saraf otonom yang kurang seimbang, bisa menjadikan seseorang mudah berkeringat, terutama di bagian telapak tangan. Untuk mengatasinya , anda setidaknya bisa membuat diri merasa lebih tenang, sabar, agar tidak sampai menjadikan diri mudah jengkel, kesal, dan lainnya. Sehingga dari situ akan bisa menyeimbangkan saraf otonom, dan mencegah akan keluarnya keringat yang berlebih, terutama di bagian tangan.

3. Ketidakseimbangan hormon
Sebagaimana keseimbangan hormon yang abnormal atau tidak seimbang layaknya dipicu dengan rasa sering pusing di kepala,  bisa juga menjadikan tangan mudah berkeringat. Di mana kandungan hormon tiroid yang terlalu berlebih yang disebabkan oleh kelenjar tiroid yang terlalu aktif, akan bisa menjadikan tangan mudah mengeluarkan keringat secara berlebih. Hal demikian karena kondisi kelenjar keringat yang tidak terkondisikan dengan baik memang dampak dari kelebihan hormon tiroid dalam tubuh. Bahkan akibat dari tiroid yang terlalu aktif, bisa menjadi pemicu akan terjadinya penyakit serius layaknya gagal jantung. Oleh karena itu, bilamana anda berkeringat yang disebabkan oleh kekurangan atau kelebihan hormon tiroid ini, maka setidaknya anda bisa segera memeriksakannya secara medis. 

4. Mengonsumsi makanan pedas
Perlu anda ketahui, bahwa biasanya terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas atau di kala makan makanan pedas, maka secara otomatis akan merangsang aktivitas saraf simpatik untuk cenderung lebih kuat dan aktif. Dengan begitu, hal demikian akan bisa merangsang kelenjar keringat untuk mengeluarkan keringat secara spontan. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan pedas yang terlalu berlebih juga bisa menyebabkan munculnya keringat, terutama di bagian tangan. Oleh karena itu ketika anda menjalani diet yang ketat, terutama ketika mengonsumsi makanan pedas setidaknya anda bisa mengukur sesuai kadar sewajarnya, agar tidak menimbulkan keringat di tangan. 

5. Kurang berolahraga
Kurangnya rangsangan akan kinerja kelenjar keringat dalam tubuh, juga bisa memicu timbulnya keringat di tangan secara berlebih dan tiba-tiba. Di mana fungsi kelenjar keringat yang menurun, maka akan bisa menjadikan kontrol pada keringat tidak akan berfungsi, sehingga tiba-tiba saja keringat di tangan muncul secara tak terduga. Oleh karena itu, pentingnya berolahraga secara teratur juga perlu diperhatikan, agar kelenjar keringat dalam tubuh bisa bekerja dengan baik. Dan bilamana sering keluar keringat di tangan secara berlebih, juga bisa disebabkan oleh kurangnya anda berolahraga. Dengan begitu, hendaknya anda bisa melakukan olahraga secara cukup dan teratur demi menjaga kesehatan organ tubuh anda. 

6. Karena adanya Penyakit
Bilamana tubuh tidak bisa mengendalikan masalah keringat berlebih, bisa juga dikarenakan oleh timbulnya penyakit yang ada. Layaknya ketidakseimbangan saraf otonom dan penyakit diabetes, bisa menjadikan tubuh mengeluarkan banyak keringat terutama di bagian telapak tangan.  Untuk mengatasinya, hendaknya anda bisa menggunakan bantuan medis, atau terapi, serta sistem pengobatan herbal / alami yang ada pada masa kini. Dengan begitu, terjadinya keringat di tangan yang berlebih karena sebab penyakit ini, bisa segera tertanggulangi secara tepat dan efektif. 

7. Ketegangan atau kaget
Perasaan yang terlalu bersemangat hingga menimbulkan ketegangan, kaget, adanya bau yang beraroma berbeda dan aneh, emosi yang meluap dan lainnya bisa juga memicu tubuh atau tangan berkeringat secara berlebih. Untuk mengatasinya, yakni segera kondisikan diri untuk menjadi lebih rileks atau santai, dan tenang dalam menghadapi sesuatu yang ada di depan mata. Sehingga tidak akan sampai memicu munculnya keringat berlebih pada tubuh, terutama di bagian tangan anda. Dengan begitu, sangat penting sekali menyelingi waktu anda untuk duduk bersantai sambil minum teh, kopi, dan lainnya dalam rangka mengontrol ketegangan yang ada.

8. Tingkat stres
Berbagai permasalahan yang ada, kerap kali menimbulkan tingkat stres yang berkepanjangan dan cenderung meningkat. Hal demikian juga bisa memicu akan timbulnya keringat di bagian tangan. Layaknya tingkat stres yang terlalu tinggi, sehingga membuat diri menjadi mudah marah, dan memicu munculnya keringat yang berlebih. Dan untuk mengatasi timbulnya keringat berlebih yang dikarenakan oleh tingkat stres terlalu tinggi, maka hendaknya anda bisa memiliki tekad kuat dalam menangani tingkat stres yang ada. Selain itu, membuat diri untuk lebih tenang dalam menghadapi suatu permasalahan memang sangat diperlukan. Sementara dengan perasaan hati dan pikiran yang tenang, maka masalah akan bisa diselesaikan dengan menggunakan solusi yang bijak dan tepat. 

9. Kegemukan ( obesitas )
Kegemukan juga bisa menjadi penyebab munculnya keringat di tangan secara berlebih. Di mana tubuh yang gemuk memang cenderung sulit dalam melakukan pembuangan panas dari dalam tubuh. Oleh karena itulah kegemukan ini bisa menyebabkan sering kali mengeluarkan keringat di tangan secara berlebih. Untuk mengatasi hal demikian, maka seseorang bisa melakukan latihan atau olahraga ringan secara rutin, serta mengonsumsi makanan sehat secara teratur. Sehingga akan bisa menanggulangi keluarnya keringat yang berlebih, terutama di bagian tangan. Dengan begitu, munculnya keringat secara mendadak bisa diatasi meskipun hal ini membutuhkan waktu yang bertahap. Namun jika anda mau melakukan olahraga rutin dan konsumsi makanan sehat dengan teratur, maka tangan yang sering mengeluarkan keringat secara berlebih sudah bisa berkurang dan tidak seperti biasanya lagi.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar