6 Bahasa Tubuh Ini Menandakan Seseorang Sedang Berbohong

image: holykaw.alltop.com
Terjalinnya suatu hubungan yang akrab atau langgeng, Tentunya akan dibarengi dengan kata “Jujur” di dalamnya. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit pula di antara mereka, Cenderung memilih untuk berbohong kepada seseorang ketika menghadapi situasi tertentu. Padahal bila kita simak lebih mendasar, bahwa kebohongan akan pasti terungkap seiring dengan berjalannya waktu.   

Nah, demi segera terungkapnya suatu kebohongan yang kerap sekali menjadikan rusaknya suatu hubungan yang ada, terlebih dahulu kita bisa mengetahui akan tanda-tandanya. Terutama dengan membaca kebohongan tersebut melalui “Body Language” atau kerap disapa dengan istilah bahasa tubuh. Sehingga suatu persoalan yang selalu menjadi benalu akan eratnya hubungan, bisa segera tuntas dan tak lagi menimbulkan kecurigaan di antara satu sama lain.

Berdasarkan apa yang telah diungkapkan oleh seorang psikolog dan peneliti kebohongan, yakni Paul Ekman Ph.D, menunjukkan bahwa jumlah rata-rata orang melakukan kebohongan mencapai 11 kali dalam waktu satu minggu. Sehingga dari situ bisa disimpulkan, bahwa telah terjadi banyak kebohongan seseorang dalam kurun waktu seminggu. Dan untuk bisa mengindikasikan saat seseorang sedang berbohong, ada bahasa tubuh yang perlu untuk dikenali.

Nah, inilah 6 bahasa tubuh yang bisa menjadi tanda-tanda bahwa seseorang atau pasangan anda sedang berbohong.

1. Reaksi Wajah
Jangan biarkan kedustaan bertebaran di mana - mana, terlebih lagi bila sedang menjalin suatu hubungan percintaan. Oleh sebab itu, dengan melihat reaksi wajah pada diri seseorang atau pasangan, maka dari situ akan terlintas sejenak dari pikiran orang yang sedang berbohong. Dimana bila saat itu reaksi wajahnya seperti menerawang atau diam sejenak sambil melihat ke atas. Hal demikian menandakan bahwa saat itu pula alur pikirannya sedang mengarah kepada kebenaran, sebelum beberapa detik kemudian pikirannya kembali mengambil alih untuk menyatakan sebuah kebohongan. Sehingga reaksi wajah yang seperti ini bisa menjadi salah satu indikasi akan diri seseorang yang sedang berbohong. 

2. Reaksi Kepala
Bila dalam suatu pembicaraan, sedangkan anda melihat lawan bicara sedang melakukan kebohongan, Maka anda bisa memperhatikan akan tanda-tandanya. Yakni melalui reaksi kepala saat ia berbicara. Dan biasanya orang yang sedang berbohong, maka ia akan lebih sering untuk menganggukkan kepala, bahkan secara berkali-kali dengan tempo gerakan yang cepat dari biasanya. Dengan begitu, indikasi kebohongan akan bisa anda kenali dengan mudah bukan…?.

3. Cara Berbicara
Dimana tanda akan kebohongan ini bisa juga diungkap secara jelas, yakni dengan melihat dari gaya berbicara. Biasanya orang yang berbohong akan membutuhkan jeda waktu yang lebih lama di saat merespon pembicaraan, dari pada seseorang yang bertutur kata jujur.  Dan terkadang pula seseorang akan berhenti di tengah-tengah pembicaraan, karena ia pun juga membutuhkan waktu untuk mencari sejuta alasan. Oleh karena itu, tipe reaksi berbicara yang semacam ini, bisa juga dijadikan indikasi akan kebohongan seseorang.

4. Reaksi Tangan
Tanda-tanda kebohongan juga bisa dilihat dengan memperhatikan gerakan tangan. Yaitu ketika tangan tidak bisa diam, menggosok-gosok, menunjuk berulang kali, dan menggaruk-garuk wajah, Padahal lawan bicara sedang duduk tenang dan santai. Maka hal demikian juga menjadi suatu pertanda bahwa seseorang sedang mengatakan yang tidak sesuai dengan faktanya. Oleh karena itu, dengan adanya gerakan tangan yang semacam ini, anda bisa lebih mudah untuk mengetahui bahwa seseorang sedang berbohong.

5. Reaksi Mata
Perlu anda ketahui, bahwa kebohongan seseorang bisa juga anda kenali dengan memperhatikan kontak mata lawan bicara. Dimana bila orang yang sedang berbohong saat berbicara, biasanya ia tak bisa totalitas memandang mata anda atau melakukan kontak mata dengan anda. Dan hal yang semacam ini bisa memberikan pertanda akan seseorang yang berbohong.

Selain itu, Anda pun bisa juga mengetahui adanya kebohongan ini dengan melihat reaksi gerakan mata yang seringkali berkedip saat berbicara. Mengapa bisa demikian…?, Tahukah anda bahwa salah satu dampak buruk dari berbohong, yakni  memiliki efek stres pada tubuh pembohong. Dan jika seseorang terlalu banyak berbohong atau sudah mengalami gangguan kompulsif (kecanduan berbohong), Maka kondisi matanya akan memiliki tingkat ketegangan yang tinggi, sehingga akan terlalu sering berkedip. Dengan begitu, kebohongan bisa segera diketahui secara gamblang.

6. Gerakan Tubuh Yang Tidak Biasa
Gerakan tubuh atau ekspresi tubuh bisa juga menjadi tanda akan kebohongan seseorang. Diamana biasanya gerakan tubuh seseorang akan berubah tidak seperti biasanya. Yakni gerakan tubuh akan lebih banyak, tubuh akan terlihat kaku karena gugup, tindakannya akan mulai defensif, dan ada pergeseran postural secara mendadak pada tubuhnya dengan  bahu ditarik ke atas dan siku lebih ke sisi. Sehingga dari situ semua, memang bisa dijadikan pertanda seseorang yang sedang berbohong, sehingga anda pun bisa dengan mudah  untuk mengetahuinya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar