Cara Mudah Mengatasi Nyeri Lutut Secara Alami

image: makeup.saloni.pk
Munculnya rasa nyeri pada lutut, memang tidak mengenal usia dan juga bisa terjadi kapan saja. Dimana tidak sedikit orang yang mengalami masalah radang persendian atau rasa nyeri lutut yang tidak kunjung mereda. Sehingga dalam menghadapi permasalahan semacam ini, banyak orang yang merasakan kesakitan hingga menyebabkan rasa resah, Serta tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

Padahal jika kita telusuri, bahwa terjadinya nyeri lutut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya disebabkan oleh daya tahan otot yang mempengaruhi stabilisasi pada sendi hingga terjadi peradangan, Timbulnya Osteoarthritis (pengapuran sendi) yang kerap sekali menimpa orang tua, Munculnya kerusakan lapisan tipis yang berada di antara Femur dan Tibia, Timbulnya cidera dan trauma, Serta masih banyak lagi faktor penyebab lainnya. Yang mana semuanya itu bisa menimbulkan rasa nyeri pada lutut.

Oleh sebab itu, ada cara yang cukup efektif  dalam mengatasi terjadinya nyeri lutut secara alami. Dan tentunya cara ini bisa anda terapkan dengan mudah dan tanpa menimbulkan efek samping. Berikut ulasannya :

1. Menggunakan Minyak Zaitun
Ragam kandungan yang cukup kompleks pada minyak zaitun, memang sangat berguna untuk menunjang kesehatan tubuh. Yang mana salah satunya memberikan efek ringan saat terjadi radang pada sendi lutut. Sehingga anda bisa memanfaatkan minyak ajaib ini untuk menyembuhkan nyeri lutut secara alami. 

Caranya : Gunakanlah minyak zaitun yang sudah tersedia untuk memijat lutut ketika terjadi rasa nyeri pada lutut. Dengan begitu, rasa nyeri yang ditimbulkan akibat peradangan sendi lutut ini bisa segera tertanggulangi secara tepat.

2. Dengan Teh Jahe
Untuk menanggulangi nyeri lutut dari dalam, anda bisa mengonsumsi teh jahe sebagai pengobatan alami. Hal demikian karena kandungan antioksidan pada jenis rempah ini, memang sangat baik dalam mengatasi pembengkakan, peradangan, dan terjadinya rasa nyeri di bagian lutut. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi teh jahe ini secara rutin, Agar timbulnya nyeri lutut bisa segera sembuh.

3. Menggunakan Es Batu
Selain es batu berguna untuk melegakan rasa dahaga, anda juga bisa menggunakan es batu untuk mengatasi terjadinya nyeri di bagian lutut. 

Caranya : Gunakanlah es batu untuk mengompres bagian lutut yang terasa nyeri. Namun perlu anda ingat, bahwa terlebih dahulu anda membungkus es batu tersebut sebelum diaplikasikan pada bagian lutut yang terasa nyeri, agar tidak terkena langsung pada kulit. Dengan begitu, peradangan sendi pada lutut bisa mereda secara efektif dan alami.

4. Dengan Kunyit
Kunyit juga mengandung antioksidan yang cukup kuat dalam menangani rasa nyeri lutut secara alami. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan jenis rempah ini sebagai obat untuk menghilangkan rasa nyeri di bagian lutut.

Caranya :  Jadikan kunyit sebagai minuman untuk mengatasi rasa nyeri lutut dari dalam. Yakni parutlah kunyit terlebih dahulu, atau anda bisa memblendernya hingga halus dengan menambahkan sedikit air. Kemudian saring dan ambil airnya, Setelah itu anda bisa mengonsumsinya sebagai obat penghilang rasa nyeri lutut.

5. Mengonsumsi Makanan Kaya Magnesium
Banyak jenis makanan dan obat yang diperkaya dengan kandungan magnesium di dalamnya. Dimana kegunaan dari magnesium itu sendiri merupakan zat yang mampu menanggulangi kekejangan pada otot, kram otot, dan timbulnya peradangan sendi lutut. Di antara jenis makanan yang banyak mengandung magnesium yakni :  Sayuran seperti brokoli, selada, bayam, Serta jenis buah-buahan yaitu : Alpukat, kismis, pisang, dan lainnya. Yang mana semuanya itu memang diperkaya akan kandungan magnesium dalam jumlah tinggi. 

6. Berolahraga
Untuk mengatasi rasa nyeri lutut dengan berolahraga, Maka sebaiknya anda bisa memilih ragam jenis olahraga yang memiliki gerakan untuk mengurangi rasa nyeri pada lutut. Diantaranya latihan Aerobik, Elliptical Trainer, dan lainnya. Dengan begitu, anda bisa lebih tepat dalam melakukan gerakan untuk menanggulangi rasa nyeri lutut ini. 

7. Mengatur Pola Makan Anda
Ketika mengalami rasa nyeri di bagian lutut, Setidaknya anda bisa menghindari makanan yang dapat memicu tubuh banyak kadar asam urat. Selain itu, anda bisa mengurangi konsumsi garam yang  berlebih, Karena hal demikian hanya akan menimbulkan pembengkakan dan rasa nyeri pada lutut yang semakin parah.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar