Sehatkan Sistem Pencernaan Anda Dengan 9 Makanan Ini

image: bodyrock.tv
Kinerja sistem pencernaan yang lancar dan sehat sudah menjadi landasan penting, demi tersalurkannya segala asupan yang dibutuhkan oleh seluruh organ tubuh. Jika kita menyimaknya, bahwa dimulai dari setiap makanan yang masuk melalui rongga mulut, kemudian dari  situ makanan yang masuk mulai diproses oleh enzim air liur, dan diserap oleh lambung dan usus. Sehingga dimulailah proses pencernaan makanan di dalam tubuh, dan lambung pun bekerja untuk melumat setiap makanan yang masuk. Alhasil, Setiap asupan berupa vitamin dan mineral akan ditransfer bersama darah ke seluruh organ tubuh.

Namun, Bagaimana bila sistem pencernaan dalam tubuh itu sendiri mengalami gangguan…?, Dan tentu hal demikian akan menimbulkan berbagai macam penyakit, karena nutrisi tidak bisa diserap secara maksimal oleh tubuh. 

Nah, Demi menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh, maka ada beberapa makanan yang perlu anda konsumsi sebagai bahan alami pelancar sistem penting ini. Dengan begitu, kestabilan sistem pencernaan dalam melakukan perannya, bisa terus terlindungi dari berbagai gangguan yang tidak diinginkan. Dan Inilah 9 makanan yang mampu menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh anda.

1. Apel
Kandungan penting yang terdapat pada buah apel berupa Vitamin C, A, mineral, kalium, fosfor, dan kalium, akan menjadi stimulasi penting dalam melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Bahkan bilamana anda mengonsumsi sebutir buah apel dalam sehari, maka bisa juga berbagai penyakit akan menjauh dari tubuh anda. Dengan begitu, anda pun bisa mengonsumsi buah segar ini tanpa terlebih dahulu mengupas kulitnya, karena banyak juga manfaat yang terkandung di bagian kulit apel tersebut.

2. Oat
Makanan enak layaknya Oat ini, memang cukup dikenal dengan kandungan serat di dalamnya. Akan tetapi masih banyak kandungan penting di dalamnya yakni selenium, tiamin, vitamin E, dan lainnya. Yang mana semuanya itu akan membantu tubuh dalam menyempurnakan kinerja sistem pencernaan. Oleh karena itu, selain terasa lezat dan nikmat, Oat juga mampu memberikan dorongan dalam membantu proses metabolisme tubuh anda.

3. Jahe
Jahe, Merupakan jenis rempah yang cukup manjur dalam menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh. Yang mana jahe memang termasuk bahan alami yang dikenal sebagai obat alami dalam penyembuhan diare, kehilangan nafsu makan, muntah, dan lainnya. Sehingga dengan mengonsumsi Jahe, maka akan bisa meningkatkan proses pencernaan makanan yang masuk dalam tubuh. Dengan begitu, anda juga bisa mengonsumsi jenis rempah ini untuk memenuhi kebutuhan anda sehari-hari, agar kinerja pencernaan dalam tubuh bisa bekerja lebih maksimal.

4. Biji Rami
image: brainhealtheducation.org
Biji rami ini juga biasa dikenal dengan sebutan flaxseed. Dimana kandungan di dalamnya juga cukup kompleks diantaranya serat yang tinggi, nutrisi dan alpha linolenic acid (ALA), yang semuanya itu akan berguna untuk membersihkan serta mendetoksifikasi organ usus dalam tubuh. Bahkan kandungan minyak yang terdapat di dalamnya, akan berkontribusi untuk memaksimalkan kinerja sistem pencernaan, yakni sebagai pelumas alami ketika tubuh sedang mencerna makanan. Selain itu, biji rami juga merupakan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk membantu program diet anda.

5. Ubi Jalar
Kandungan serat sehat yang terdapat pada ubi jalar, memiliki kemampuan untuk mengobati penyakit tukak lambung. Sehingga kandungan yang terdapat di dalamnya akan melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Selain itu kandungan lain di dalamnya seperti vitamin B6, C, dan mangan, juga memiliki peran penting dalam membantu sistem pencernaan agar bisa bekerja lebih maksimal. Dengan begitu, anda bisa mengonsumsi ubi jalar ini secara rutin dan teratur, sehingga bisa mendapatkan khasiat di dalamnya.

6. Gandum dan Beras Merah
Jenis makanan layaknya roti gandum murni dan beras merah, akan membantu kesehatan tubuh anda, terlebih lagi untuk menyempurnakan sistem pencernaan anda. Hal demikian karena sumber serat yang terdapat pada gandum dan beras merah, akan membantu sistem pencernaan  dalam melakukan kinerjanya. Selain itu, serat gandum murni juga membuat tubuh merasa kenyang, sehingga bisa mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Di sisi lain, kedua jenis makanan ini juga baik untuk membantu program diet anda.

7. Buah Bit
Untuk mencegah terjadinya penyakit usus dan lambung, anda bisa mengonsumsi buah bit sebagai bahan alaminya. Dimana kandungan yang terdapat di dalam buah bit seperti kalium, magnesium, dan serat yang tinggi,  memang sangat baik bagi kesehatan pencernaan dalam tubuh. Oleh karena itu mengonsumsi buah Bit secara rutin dan teratur, akan membantu proses metabolisme dalam tubuh. 

8. Pisang
Siapa yang tak kenal jenis makanan kaya akan serat ini ?, Dimana buah pisang memang dikenal sebagai obat alami untuk menyehatkan sistem pencernaan tubuh anda. Selain itu buah pisang ini mampu menyempurnakan kinerja usus dalam tubuh, serta  sebagai makanan sehat dan baik bagi para penderita diare. Dengan begitu, Asupan kalium dan elektrolit dalam tubuh bisa terpenuhi, yakni dengan cara mengonsumsi buah pisang secara rutin dan teratur. Bahkan buah pisang juga masuk dalam kategori bahan alami dalam detoksifikasi tubuh dari racun berbahaya. 

9. Alpukat
Rasa dari buah alpukat yang cukup lezat, ternyata juga diiringi dengan berbagai khasiat luar biasa di dalamnya. Salah satunya yakni menjaga sistem pencernaan dari berbagai permasalahan yang ada. Bahkan selain alpukat sebagai pelindung sistem pencernaan, buah enak ini juga berguna untuk menyehatkan organ hati, pankreas, kandung empedu, Yang semuanya itu sangat berhubungan sekali dengan pencernaan dalam tubuh.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar