Hindari 5 Hal Ini Saat Melakukan Obrolan Dengan Rekan Kerja

image: pwconsultant.com.au
Asiknya melakukan perbincangan yang dilakukan di tempat kerja, memang sudah menjadi selingan untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan. Tentunya di saat sedang beristirahat, Tidak sedikit orang yang menyelipkan waktu luang mereka untuk berdiskusi dengan rekan kerja. Dan berbagai pembahasan pun akan  mengisi sekaligus menghibur mereka setelah melakukan pekerjaan yang cukup menguras pikiran. Namun bagaimana etika untuk melakukan perbincangan atau percakapan dengan rekan kerja secara cerdas dan profesional…?

Nah, Demi menjaga eratnya hubungan antar rekan kerja agar tetap memiliki hubungan baik, Setidaknya anda bisa mengetahui akan beberapa  jenis topik pembahasan yang tidak diperkenankan ketika sedang melakukan perbincangan sesama pegawai atau karyawan di kantor. Hal demikian karena beberapa pembahasan tersebut hanya akan menimbulkan penilaian negatif di antara sesama rekan kerja. Sehingga hubungan antar rekan kerja pun menjadi kurang harmonis, serta menimbulkan suasana yang kurang nyaman di saat melakukan pekerjaan.

Maka dari itu, alangkah baiknya anda bisa memperhatikan 5 jenis percakapan  yang perlu dihindari di saat berdiskusi dengan rekan kerja ini. Agar nantinya hubungan dengan rekan kerja anda bisa tetap terjalin dengan baik, Tanpa adanya perasaan saling menyinggung ketika mulai melakukan pembincangan. 

1. Berbicara mengenai aspirasi karir Anda
Jika anda sedang bekerja di sebuah perusahaan, Namun anda menjadikan pekerjaan tersebut sebagai batu loncatan untuk meraih pekerjaan yang lebih besar dan lebih baik, Hal tersebut memang sebuah ide yang cukup bagus. Akan tetapi setidaknya anda janganlah membicarakan mengenai orientasi anda tersebut dalam melakukan perbincangan dengan rekan kerja. 

Mengapa bisa demikian….? Nah, jika sampai hal tersebut anda jadikan topik pembicaraan dengan rekan kerja anda, Pastinya akan timbul berbagai alasan dan mempertanyakan tentang loyalitas kerja anda di sebuah perusahaan yang anda tekuni sekarang ini. Oleh karena itu, Membicarakan  tentang aspirasi karir anda, Memang kurang pas ketika berdiskusi dengan rekan kerja.

2. Membahas tentang keyakinan Agama
Ketika berbincang dengan rekan kerja di sebuah perusahaan yang di dalamnya terdapat banyak pegawai dengan beragam agama, Maka sebaiknya hal yang perlu dihindari yakni membahas masalah keyakinan agama anda dan agama lain. Dimana pembahasan yang semacam ini memang menjadi topik yang cukup sensitif bagi kebanyakan orang.  


Demi menjalin hubungan antar rekan kerja agar bisa terjalin lebih baik, Maka sebaiknya anda bisa berdiskusi dengan topik yang tidak menyinggung keyakinan agama di antara rekan kerja. Dengan begitu, Hubungan yang terjalin bisa memiliki kesan saling menghargai di antara rekan kerja yang memiliki perbedaan keyakinan dengan anda.

3. Berbicara panjang lebar tentang pandangan politik
Tidak sedikit orang yang juga merasa sensitif mengenai keyakinan berpolitik. Oleh karena itu, Setidaknya anda bisa menghindari percakapan dengan rekan kerja di sebuah perusahaan secara panjang lebar mengenai kandidat partai yang anda kehendaki untuk menjadi pemenang. Yang mana hal demikian hanya akan menyinggung perasaan bagi rekan kerja yang memiliki pendapat berbeda dengan pilihan anda. 

Oleh karena itu, jika dirasa pembahasan tersebut bisa menyinggung perasaan rekan kerja Anda, Tentu hal demikian sebaiknya bisa anda hindari agar hubungan antar rekan kerja bisa tetap terjalin dengan baik.

4. Permasalahan hubungan pribadi Anda
Demi menjaga akan loyalitas kerja dan otoritas kinerja anda dalam sebuah perusahaan, Maka sebaiknya anda jangan membahas tentang masalah pribadi atau keluarga, baik itu permasalahan dengan pasangan, anak, orang tua, dan lainnya. Yang mana hal tersebut bisa merusak otoritas kerja anda di sebuah perusahaan yang anda tekuni sekarang ini.  


Dan bisa jadi anda dikatakan orang yang kurang profesional, karena seringkali mengaitkan urusan pekerjaan dengan permasalahan pribadi anda. Oleh karena itu jika anda memiliki permasalahan pribadi, Sebaiknya jangan dijadikan topik pembahasan dengan rekan kerja di kantor.

5. Permasalahan kesehatan Anda
Dimana ketika dirasa tubuh anda memiliki gangguan kesehatan yang cukup serius, Sebaiknya jangan anda jadikan topik pembahasan ketika berbincang dengan rekan kerja. Hal demikian karena permasalahan tersebut hanya akan menjadikan rekan kerja bertanya-tanya mengenai kesanggupan anda dalam melanjutkan pekerjaan di sebuah perusahaan tersebut. Sementara jika dirasa tubuh anda mengalami masalah dan perlu mengambil cuti dalam beberapa hari, Maka anda bisa langsung berbicara dengan atasan secara baik-baik dan bijak.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar