Segudang Manfaat Bunga Melati Yang Luar Biasa

image: beautyhealthtips.in
Keharuman bunga melati yang semerbak juga menyimpan banyak khasiat yang cukup luar biasa bagi kehidupan manusia. Bunga melati atau Jasminum Sambac Air ini, Ternyata kerap sekali dijadikan bumbu tambahan dalam  meracik teh herbal, baik itu teh hijau, teh putih, hitam, dan Oolong. Yang mana semuanya itu akan bisa menambah aroma dan rasa teh menjadi  lebih segar serta menyehatkan tubuh.

Jika dijelaskan secara detail akan kandungan hebat  yang terdapat pada bunga melati itu sendiri, memang memiliki cakupan zat alami yang berguna sekali untuk membantu tubuh dalam menangkal berbagai macam penyakit. Diantaranya, memiliki kandungan antioksidan berupa katekin, serta kandungan Livalylacetaat, benzyl, dan indol. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang memanfaatkan bagian bunga, akar, dan daun melati untuk dibuat menjadi bahan pengobatan alami dalam proses penyembuhan berbagai ragam penyakit.

Oleh karena itu, keberadaan bunga yang memiliki aroma khas ini bisa menjadi bahan alami bagi anda dalam mengatasi berbagai macam gangguan pada tubuh. Sehingga ragam penyakit yang menyerang tubuh bisa tertanggulangi secara tepat , aman dan alami. Dan inilah manfaat bunga melati yang cukup menakjubkan dalam meningkatkan kesehatan tubuh.

1. Mencegah penyakit kanker
Berdasarkan hasil studi menunjukkan, bahwa mengkonsumsi jenis teh melati, bisa berguna untuk mencegah kanker. Sehingga jika anda mengkonsumsi secara rutin teh melati, maka akan menjadi penangkal tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh. Mengapa bisa begitu…?, Nah, biasanya pembuatan teh melati ini memiliki bahan dasar teh hijau dan teh putih. 

Dengan adanya kombinasi bahan dasar semacam ini, tentu saja kandungan yang terdapat di dalamnya akan lebih kompleks. Dimana kandungan polifenol seperti Epigallocatechin gallat atau EGCG yang terdapat pada teh  melati, memang cukup dikenal sebagai sistem pertahanan yang kuat dalam menangkal radikal bebas, dan karsinogenik lain yang berbahaya dalam tubuh. Oleh karena itu, teh melati memang sudah terbukti bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker payudara, kanker paru-paru, dan berbagai jenis penyakit kanker dalam tubuh.

2. Baik untuk diabetes
Untuk mengatur dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, anda bisa memanfaatkan teh melati sebagai ramuan alaminya. Hal demikian karena pada teh melati juga mampu merangsang tubuh untuk meningkatkan produksi insulin, sehingga hal tersebut dapat membantu tubuh dalam mengatur kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, bunga melati yang sudah disajikan dalam bentuk teh ini, memang bagus dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

3. Menurunkan kolesterol jahat
Mengkonsumsi teh melati juga akan mampu menurunkan akumulasi lemak dan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, terbentuknya kolesterol jahat dalam tubuh pun juga akan segera bisa dicegah. Dan tentunya jika terlalu banyak akumulasi kolesterol dalam tubuh, maka bisa mengakibatkan kondisi kesehatan tubuh terancam.

4. Mencegah penyakit stroke
Bunga melati yang sudah diolah menjadi teh melati juga bisa bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit stroke dalam tubuh. Dimana kandungan teh melati ini nantinya akan mampu mencegah keberadaan kolesterol jahat dalam tubuh, yang kerap sekali mengakibatkan penyakit stroke dan jantung. Sehingga memang disarankan untuk mengkonsumsi teh melati secara teratur, agar risiko terjadinya stroke ini bisa tercegah secara efektif.

5. Melancarkan peredaran darah

image: kingbrand.com
Kondisi peredaran darah yang tidak lancar, memang sudah menjadi pemicu akan terjadinya berbagai macam gangguan pada tubuh. Sehingga untuk melancarkan sirkulasi darah yang terhambat ini, maka anda bisa mengkonsumsi teh melati sebagai bahan alaminya. Karena kegunaan teh melati ini, juga akan mampu meningkatkan sirkulasi darah maupun arteri dalam tubuh. Oleh karena itu mengkonsumsi teh melati secara rutin dan teratur, juga bisa menjadi bahan alami pelancar sirkulasi darah yang mengalami gangguan.

6. Membersihkan racun dalam tubuh
Pada ekstrak teh melati memang mengandung jenis antioksidan yang cukup kuat untuk menangani racun dalam tubuh. Bahkan sel-sel kanker yang masuk dan menyelinap dalam tubuh pun bisa dicegah secara efektif dengan ekstrak teh yang terbuat dari bunga melati. Oleh karena itu, kondisi tubuh yang dipenuhi dengan racun dikarenakan oleh gaya hidup kurang sehat, maka bisa ditanggulangi dengan mengkonsumsi teh melati secara rutin.

7. Mengatasi nyeri sendi
Dari salah satu segi positif yang dimiliki oleh bunga melati, yakni juga mampu mengurangi rasa nyeri pada persendian. Yang mana kandungan unsur organik pada bunga melati yang sudah diracik dalam bentuk teh, akan berperan sebagai anti-inflamasi untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan pada sendi. Dengan begitu, rasa nyeri pada sendi bisa segera teratasi dengan mengkonsumsi teh melati secara rutin dan teratur. 

8. Mengobati radang ginjal
Timbulnya radang ginjal ini biasanya ditandai dengan keberadaan warna urin yang lebih pekat dari biasanya. Akan tetapi, untuk mengatasi terjadinya radang ginjal ini anda bisa membuat ramuan dari bunga melati. Caranya pun juga mudah, Yakni terlebih dahulu anda menyediakan bagian daun dan bunga melati secukupnya, kemudian cucilah hingga bersih. 

Selanjutnya rebuslah daun dan bunga melati tersebut dengan menggunakan 2 gelas air. Dan tunggulah hingga air mendidih tersisa 1 gelas, lalu saring dan minumlah air rebusan tadi secara rutin hingga radang ginjal yang anda derita bisa sembuh dan normal kembali. Untuk mengetahui apakah radang ginjal sudah sembuh, yakni warna air urin sudah normal seperti biasanya dan tidak nampak pekat.

9. Mengatasi gangguan pencernaan
Untuk menjadikan kondisi pencernaan yang sehat, anda bisa mengkonsumsi rebusan air bunga melati atau meminum teh melati secara rutin. Hal demikian karena selain mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh, Teh melati juga mengandung antioksidan kuat yang disebut dengan catechin. Dimana kandungan hebat inilah yang nantinya akan berperan sebagai antioksidan intraseluler, yang mampu berinteraksi dengan enzim pencernaan dalam tubuh secara efektif. 

10. Mengurangi tingkat stres
Cukup mencium aroma harum dari bunga melati, maka secara tidak langsung akan mampu menurunkan tingkat ketegangan dan stres pada tubuh. Sehingga bau khas yang ditimbulkan bunga melati, Bisa juga anda manfaatkan langsung untuk menjadikan kondisi tubuh lebih rileks, dan mengurangi tingkat stres.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mengkonsumsi ramuan bunga melati yang sudah disajikan dalam bentuk ekstrak teh melati, Tentu akan bisa membantu meningkatkan daya imunitas  tubuh. Atau anda juga bisa menjadikan bunga melati sebagai air rebusan dan meminumnya secara rutin. Hal demikian karena di dalam bunga melati memiliki kandungan yang berperan sebagai anti-inflamasi, serta antioksidan yang mampu menyempurnakan sistem kekebalan tubuh anda. Sehingga menjadikan tubuh bisa lebih sehat, dan terhindar dari berbagai penyakit yang ada.
Artikel Terkait