Manfaat Hebat Cabai Merah Bagi Kesehatan Tubuh Anda

image: ellenvanhouten.nl
Siapa yang tak kenal dengan Si merah pedas yang kaya akan manfaat ini. Meskipun kebanyakan orang seringkali mengkaitkan cabai merah dengan gangguan organ perut, Namun jika mengonsumsinya dengan cara dan takaran yang tepat, Ternyata banyak sekali manfaat yang terdapat di dalamnya. Dimana kandungan zat alami yang terdapat pada cabai merah ini, bisa menunjang bagi kesehatan tubuh. Diantaranya : vitamin A, C, kapsaisin, dan  kapsisidin, yang semuanya itu bisa dipergunakan untuk mengatasi serta membantu proses penyembuhan akan terjadinya gangguan pada tubuh.

Sehingga memang sangat disayangkan apabila anda tidak mengonsumsi cabe merah ini sebagai bahan alami untuk pengobatan akan berbagai penyakit yang ada. Bahkan tanaman cabai merah sendiri memang cukup mudah ditanam dan tidak hanya dibudidayakan oleh para petani, namun juga bisa tumbuh berkembang di sekitar pekarangan rumah. Oleh karena itu, anda bisa menengok akan ragam manfaat cabe merah itu sendiri untuk mengatasi berbagai permasalahan tubuh, selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Nah, inilah ragam khasiat yang dimiliki cabe merah dalam menunjang kesehatan tubuh anda.

1. Mencegah perkembangan kanker prostat
Sebenarnya timbulnya rasa pedas pada cabai merah ini, dikarenakan terdapat unsur kandungan kapsaisin yang cukup pekat di dalamnya. Sehingga dari senyawa alami itulah nantinya akan membantu tubuh dalam menghentikan penyebaran sel-sel kanker prostat yang menyerang kesehatan tubuh. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipublikasikan pada tahun 2006 menunjukkan, Bahwa kandungan kapsaisin yang ada pada cabai merah, memiliki kemampuan untuk membunuh dua jenis utama dari sel kanker prostat. Selain itu juga bisa merangsang pertumbuhan hormon pria. 

Namun jika anda hendak mengonsumsi cabai merah ini, tetaplah dengan menggunakan cara yang tepat pula dan jangan terlalu berlebihan. Sebab jika mengonsumsinya terlalu berlebihan, maka bisa juga menyebabkan iritasi dan sensasi panas di mulut, serta bagian tenggorokan. Oleh karena itu, konsumsilah cabai merah ini dengan kadar sewajarnya saja.

2. Menyembuhkan sariawan
Pada cabai merah juga bisa anda pergunakan untuk mengobati terjadinya sariawan. Biasanya timbulnya sariawan ini disebabkan oleh kekurangan air dan vitamin C. Oleh karena itu, kandungan vitamin C pada cabai merah inilah yang nantinya bisa anda manfaatkan untuk mengatasi sariawan yang tidak kunjung mereda. 

3. Mengobati sakit kepala
Selain kandungan kapsaisin dipergunakan untuk mencegah penyebaran perkembangan sel kanker prostat, Ternyata bisa juga dipergunakan sebagai bahan alami untuk meredakan timbulnya sakit kepala. Hal demikian memang berdasarkan hasil uji klinik yang sudah berhasil dilakukan. Dimana kandungan kapsaisin yang terdapat pada sebuah cream zostrik, telah terbukti meredakan rasa nyeri akibat sakit kepala cluster. Yakni dengan cara memblokir P neuropeptida. Dan sebaiknya anda bisa menggunakan cabai merah ini untuk diterapkan di bagian lubang hidung selama 2 kali sehari sebagai bahan alami pereda sakit atau nyeri di bagian kepala.

4. Menanggulangi timbulnya penyakit stroke
Stroke memang merupakan jenis penyakit yang cukup membahayakan bukan…?. Nah, dengan mengonsumsi cabe merah ini, maka akan berguna untuk mencegah timbulnya penyakit serius ini. Namun ingat, dalam mengonsumsi cabai merah tetap dengan kadar yang tepat pula. Dengan begitu, khasiat dari cabe merah bisa didapatkan secara maksimal tanpa menimbulkan permasalahan lainnya.

5. Sebagai obat penyakit bisul
Timbulnya penyakit bisul memang biasanya disebabkan oleh terjadinya infeksi pada kulit. Sehingga menimbulkan benjolan yang berwarna kemerah-merahan. Dengan adanya permasalahan kulit yang semacam ini, tentu akan sangat mengganggu aktivitas tubuh bukan…?. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan cabe merah sebagai bahan alami untuk mengobati bisul tersebut. 

6. Menyehatkan sistem pernapasan
Kandungan kapsaisin yang terdapat pada cabe merah memang sungguh besar khasiatnya. Dimana dengan mengonsumsi cabe merah ini, nantinya senyawa kapsaisin akan membantu dalam membersihkan lendir yang berasal dari hidung, Serta mengatasi terjadinya sesak pada organ paru-paru. Sehingga sistem pernapasan pun bisa lancar, Dan bisa bekerja secara maksimal dalam mengatur sirkulasi udara yang masuk dan keluar dari tubuh. 

7. Menyembuhkan rematik
Jika disimak dari timbulnya penyakit rematik ini muncul, Maka ada faktor yang menjadi penyebabnya, yakni : Kebiasaan gaya hidup tidak sehat, kurang melakukan olah raga, dan lainnya. Sehingga untuk mengatasi terjadinya rematik ini, maka anda bisa menggunakan cabe merah sebagai bahan alaminya. Yakni cukup dengan mengonsumsi cabe merah, maka timbulnya rematik bisa segera tertanggulangi dengan cepat dan mudah tanpa menimbulkan efek samping lainnya.

8. Meningkatkan nafsu makan anda
Untuk meningkatkan nafsu makan, Anda bisa juga mengonsumsi cabe merah yang sudah diolah dengan berbagai bentuk masakan. Sehingga dengan begitu, kondisi tubuh yang kehilangan nafsu makan pun bisa segera tertanggulangi secara cepat dan mudah. Dan perlu anda ingat, bahwa jika sampai tubuh kehilangan nafsu makan, maka kondisi tubuh pun bisa saja menjadi kurang ideal, serta penyakit bisa muncul secara tak terduga. Oleh karena itu, meningkatkan nafsu makan memang perlu agar dapat menjaga keseimbangan asupan yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

9. Meningkatkan daya imunitas tubuh
Perlu anda ketahui, bahwa warna merah yang terdapat pada cabe merah memang diselimuti dengan kandungan vitamin A, beta karoten, dan vitamin C di dalamnya. Cukup dengan mengonsumsi cabe merah sebanyak dua sendok teh, maka akan  memberikan asupan pada setiap organ penting pada tubuh. Yang mana akan berguna untuk mempertahankan daya imunitas terhadap berbagai penyakit dan zat berbahaya yang menyerang tubuh. Oleh karena itu, cabe merah juga mampu membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda.

10. Mengurangi rasa pegal
Keberadaan senyawa alami berupa kapsisikol yang terdapat pada cabe merah, Memiliki khasiat yakni memberikan rasa hangat secara alami. Sehingga senyawa tersebut bisa anda manfaatkan sebagai bahan alami untuk membantu terjadinya rasa pegal di tubuh. Dengan cara menjadikan cabe merah ini sebagai obat atau koyo, Maka akan memudahkan anda untuk menerapkannya di bagian tubuh yang terasa pegal-pegal. Dengan begitu rasa pegal yang terjadi bisa segera mereda secara efektif dan alami.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar