8 Manfaat Hebat Daun Bambu Bagi Kesehatan Tubuh

image: nature.desktopnexus.com
Kegunaan pohon bambu memang cukup dikenal bagi kebanyakan orang untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Sehingga bambu yang menjadi tanaman khas Asia ini, seringkali dimanfaatkan untuk bahan dasar berbagai jenis perabotan misalnya kursi, meja, pagar kebun, dan membuat kandang ternak. Selain itu masyarakat juga menggunakan pohon bambu muda untuk dimasak menjadi sayur rebung, dan masih banyak lagi fungsi lainnya. 

Namun terlepas dari itu semua, di saat sebagian besar orang memanfaatkan bagian pohonnya ini, kerap sekali membuang bahkan mengabaikan bagian daunnya. Padahal jika diperhatikan, daun bambu ternyata memiliki ragam manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.  

Hal tersebut karena kandungan hebat yang  tersimpan pada daun hijau ini, Telah terbukti ampuh dalam menanggulangi berbagai jenis penyakit yang ada . Di antara kandungan penting daun bambu itu sendiri yakni : Polisakarida, Klorofil, Flavonoid, Vitamin, Mikroelemen, dan Asam amino. Yang mana semuanya itu tentu akan bisa disuguhkan dalam bentuk ramuan tradisional untuk mengatasi berbagai macam gangguan pada tubuh. 

Sehingga mengabaikan atau membuang bagian daun bambu ini memang sangat disayangkan bukan…?. Oleh karena itu, mulai saat ini anda bisa menggunakan daun bambu sebagai obat alami untuk menyehatkan tubuh. Dan inilah manfaat hebat yang tersimpan pada daun bambu untuk kesehatan tubuh. 

1. Sebagai detoksifikasi alami
Pada daun bambu terdapat kandungan zat anti-inflamasi yang bisa anda gunakan untuk membantu proses detoksifikasi secara alami. Yang mana ketika ramuan daun bambu dikonsumsi, maka racun di dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat dan saluran sekresi. Selain itu, daun bambu juga berguna untuk membantu organ hati dalam mengeluarkan racun berbahaya.

Caranya : Sediakan daun bambu secukupnya, kemudian seduh dengan menggunakan air panas layaknya anda membuat teh. Selanjutnya minumlah seduhan teh daun bambu ini secara rutin dan teratur untuk membantu tubuh dalam proses detoksifikasi alami. 

2. Sebagai penurun tekanan darah tinggi
Kandungan potassium yang terdapat pada daun bambu, memang merupakan jenis mineral yang berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga sebagai langkah penanggulangan hipertensi secara alami, anda bisa memanfaatkan daun bambu sebagai bahan dasarnya. Dengan begitu, tekanan darah tinggi yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh ini bisa segera teratasi secara efektif. Hal demikian karena ramuan daun bambu ini, Nantinya akan berfungsi untuk mengatur sistem pembuluh darah ke jantung, dan menjaga kesehatan pembuluh darah itu sendiri.

Caranya : Ambil beberapa helai daun bambu, kemudian rebus dengan menggunakan air 2 gelas. Selanjutnya tunggu hingga air tersisa menjadi 1 gelas, Lalu minumlah secara rutin 2 kali sehari untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 

3. Mengobati cacing usus
Tentu keberadaan penyakit cacing usus ini akan bisa mengakibatkan timbulnya gangguan pada tubuh. Namun dengan menggunakan ramuan alami dari daun bambu, Maka timbulnya cacing usus sudah bisa disembuhkan secara efektif. Sehingga tidak ada salahnya bila anda mencoba ramuan ini untuk menyembuhkan terjadinya penyakit cacing usus tersebut.

Caranya : Pertama anda mengambil daun bambu secukupnya saja, kemudian menyeduhnya dengan menggunakan air panas untuk dijadikan teh daun bambu. Setelah itu, minumlah ramuan ajaib ini 2 kali dalam dua hari. Dengan begitu, cacing usus yang menimbulkan banyak penyakit bisa disembuhkan secara aman dan alami.

4. Menyembuhkan infeksi pada saluran kemih
Biasanya permasalahan infeksi pada saluran kemih ini disebabkan oleh timbulnya infeksi virus, kuman, kekurangan mengonsumsi air, dan lainnya.  Sehingga hal demikian menjadikan rasa nyeri atau sensasi panas ketika sedang buang air kecil. Nah, untuk mengatasinya anda bisa menggunakan daun bambu sebagai obat alaminya.

Caranya : Sediakan terlebih dahulu 20 lembar daun bambu, kemudian rebuslah dengan menggunakan 3 gelas air. Lalu biarkan air mendidih hingga tersisa 1 gelas.  Setelah itu anda bisa meminum ramuan daun bambu tersebut untuk mengobati rasa nyeri akibat infeksi pada saluran kemih.

5. Meringankan nyeri haid
Terutama bagi kaum wanita, rasa nyeri yang ditimbulkan ketika menstruasi atau haid pastinya akan membuat rasa tidak nyaman bukan…?. Nah, untuk meringankan rasa nyeri haid ini, anda bisa menggunakan ramuan daun bambu sebagai bahan dasarnya. 

Caranya : Ambil sekitar 5 helai daun bambu, kemudian rebus dengan menggunakan air 2 gelas. Lalu biarkan air tersebut mendidih hingga tersisa satu gelas. Selanjutnya minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari untuk menghilangkan rasa nyeri ketika haid.

6. Mengobati luka pada kulit
Untuk mengatasi luka pada kulit agar bisa segera sembuh dengan mudah dan cepat, Anda bisa menggunakan ramuan dari daun bambu ini. Hal demikian karena pada daun bambu juga terdapat zat Isoorientin, yang mana cukup ampuh dalam mempercepat penyembuhan luka di bagian kulit, serta membersihkan luka yang penuh dengan kuman, bakteri, bahkan belatung. 

Caranya : Sediakan beberapa helai daun bambu segar, kemudian tumbuklah hingga halus. Selanjutnya tempelkan atau oleskan daun bambu yang sudah dihaluskan tadi ke bagian area kulit yang terdapat luka. Berdasarkan hasil penelitian yang ada menunjukkan, Bahwa dengan menggunakan daun bambu ini, maka kulit yang terluka bisa kembali pulih/membaik dalam kurun waktu 29 jam.  

7. Mengatasi masalah pencernaan
Terjadinya masalah pencernaan memang bisa membuat kondisi perut menjadi tidak nyaman bukan…?. Nah, jika Anda mengalami masalah pencernaan seperti diare atau sembelit, Anda bisa mengonsumsi ramuan daun bambu untuk mengatasinya. Hal demikian karena di dalam daun bambu memang terdapat senyawa alami yang mampu mengatur sistem pencernaan, Sehingga tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

Caranya : Sama halnya seperti anda menyeduh teh, yakni siapkan daun bambu secukupnya dan seduhlah dengan menggunakan air panas. Lalu minum ramuan tersebut secara rutin untuk mengatasi masalah pencernaan dalam tubuh anda.

8. Menyembuhkan asam urat
Asam urat juga bisa disembuhkan dengan memanfaatkan ramuan yang terbuat dari daun bambu. Dimana kadar asam urat dalam darah yang tinggi ini memang kerap menimpa banyak orang. Sehingga hal demikian akan menimbulkan rasa nyeri di bagian persendian seperti lutut, pergelangan tangan, Jari kaki, dan bagian persendian lainnya. Untuk mengatasi asam urat,  maka anda bisa menggunakan daun bambu yang masih segar.

Caranya : Siapkan daun bambu muda secukupnya saja, kemudian bersihkan getahnya dan hilangkan bulu-bulu daun dengan menggosoknya. Setelah itu rebuslah daun bambu tersebut dengan menggunakan 3 gelas air, Dan biarkan air mendidih hingga tersisa 2 gelas. Selanjutnya saring dan minumlah ramuan tersebut di waktu pagi dan sore hingga asam urat bisa sembuh secara alami.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar