Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Kulit Kentang Yang Menakjubkan

image: wikihow.com
Tentu saja akan bisa memberikan keuntungan yang luar biasa bagi tubuh, jika anda berminat untuk mengonsumsi kulit kentang ini. Sayangnya banyak juga orang yang masih belum mengetahui akan berbagai macam kandungan penting yang terdapat di dalamnya. Sehingga mereka akan membuang kulit kentang tersebut, dan hanya memanfaatkan pada daging kentangnya saja. 

Padahal bila dilihat dari segi manfaat kulit kentang itu sendiri, banyak sekali kandungan nutrisi penting di dalamnya yang diklaim mampu mencegah tubuh dari berbagai penyakit. Diantaranya Kalium, Niacin yang berupa Vitamin B6, Serat, Zat besi, Vitamin C, yang semuanya itu pastinya tidak kalah hebat dengan khasiat yang terdapat pada daging kentangnya.

Terlebih lagi jika anda ingin mengonsumsi kulit kentang dan mengolahnya untuk dijadikan berbagai jenis masakan, Maka hal demikian juga bisa berperan sebagai bahan alami untuk menyehatkan kondisi tubuh anda. Nah, untuk mengetahui ragam kegunaan kulit kentang untuk kesehatan tubuh, mari simak ulasan berikut ini.

1. Menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh
Pada kulit kentang juga menyimpan kandungan mangan yang cukup diperlukan bagi tubuh. Yang mana kandungan mangan ini nantinya akan bekerja sebagai pengolah protein dan kolesterol dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi kentang bersama dengan kulitnya, maka akan berguna untuk menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Atau anda bisa mengolah kulit kentang ini dengan berbagai bentuk hidangan. Dengan begitu, anda pun akan segera merasakan manfaat yang terdapat di dalamnya.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Mengonsumsi kulit kentang yang merupakan sumber kalium, berarti sama saja anda memenuhi asupan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, bila asupan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh sudah tercukupi, maka akan bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga risiko akan terkena serangan jantung dan stroke pun bisa segera tercegah. Yang mana penyakit serangan jantung dan stroke ini memanglah masalah serius yang mengancam kesehatan tubuh.

3. Mengatasi peradangan
Di dalam kulit kentang juga terdapat Vitamin di dalamnya yang mampu mengatasi peradangan, baik itu radang usus maupun radang sistem pencernaan. Bahkan pada kulit kentang juga bisa dimanfaatkan untuk menangani peradangan eksternal, layaknya keseleo, bisul, dan luka memar. Oleh karena itu janganlah membuang kulit kentang, karena memiliki kegunaan penting untuk menyehatkan tubuh yang mengalami gangguan.

4. Menurunkan tingkat stres
Perlu anda ketahui, bahwa kandungan vitamin B6 pada kulit kentang juga mampu meredakan tingkat stres. Yang mana kandungan nutrisi tersebut nantinya akan membuat hormon adrenalin merespon tingkat stres yang tinggi agar menjadi lebih rileks. Sehingga dari situ akan memiliki efek menenangkan kondisi tubuh anda. Dan ingat, Bahwa tingkat stres yang tinggi juga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Dengan mengonsumsi kulit kentang untuk diolah menjadi masakan, atau mengonsumsi kentang rebus beserta kulitnya, maka akan memberikan efek tenang dan rileks bagi tubuh.

5. Sebagai penangkal radikal bebas
Akibat radikal bebas yang ada, tubuh pun juga kerap mengalami berbagai gangguan yang tak terduga. Oleh karena itu, mengonsumsi kulit kentang ini akan berperan sebagai penangkal radikal bebas. Yang mana kandungan vitamin C di dalamnya, akan menjadi antioksidan yang cukup kuat agar tubuh terhindar dari serangan radikal bebas.

6. Makanan sehat untuk penderita diabetes
Kulit kentang juga termasuk makanan yang baik bagi para penderita diabetes. Dimana kandungan serat alami dan rendah kalori pada kulit kentang, juga akan memberikan efek mengenyangkan. Oleh karena itu, kulit kentang memang patut dikonsumsi oleh pasien yang menderita penyakit diabetes.

7. Menenangkan ketegangan mata
Seringnya terjadi ketegangan pada otot-otot mata, juga akan bisa mengakibatkan mata menjadi cepat lelah, hingga mengalami mata bengkak. Nah, Dari situ anda juga bisa memanfaatkan kulit kentang ini untuk mengatasi ketegangan pada mata. Caranya, tempelkan dengan lembut kulit kentang mentah yang bersih ke bagian mata, kemudian diamkan selama 10 sampai 15 menit. Dengan begitu efek ketenangan pada mata bisa segera anda rasakan.

8. Mengurangi lemak berlebih dalam tubuh
Menjadikan kentang beserta kulitnya sebagai jus,  juga akan bisa berguna untuk mengurangi porsi lemak dalam tubuh yang berlebih. Dan bisa juga anda menambahkan madu di dalam jus tersebut agar bisa lebih maksimal khasiatnya. Konsumsilah jus tersebut secara rutin 2 kali sehari.

9. Mencegah terjadinya Sembelit
Bagaimana tidak, bahwa di dalam kulit kentang ini memiliki kandungan serat alami yang cukup tinggi. Sehingga dari situ akan menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh, serta terhindar dari penyakit sembelit yang membuat tubuh tidak nyaman.  Dan jika anda mengalami masalah pencernaan, cobalah untuk mengonsumsi kentang beserta kulitnya sebagai langkah alami untuk mengatasinya.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh
Demi meningkatnya kinerja sistem kardiovaskular dalam tubuh, maka anda bisa mengonsumsi kulit kentang sebagai solusi alaminya. Dimana kandungan vitamin B6 inilah yang akan menunjang daya imunitas tubuh bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Sehingga bila anda berkenan untuk mengonsumsi kentang, alangkah baiknya jika anda tidak membuang kulitnya. Dengan begitu, manfaat yang akan anda dapatkan bisa lebih kompleks untuk menyehatkan tubuh.