Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Manfaat Telur Puyuh Yang Luar Biasa Bagi Tubuh Anda

image: janedchua.com
Telur memang dikenal sebagai  makanan yang diperkaya akan kandungan protein di dalamnya, Salah satunya  yakni jenis telur puyuh. Memang bentuknya yang terlihat kecil ini seperti nampak kurang memiliki kegunaan. Namun Jika ditengok dari berbagai macam kandungannya yang cukup komplek , Telur mungil yang enak ini mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.  

Apalagi jika kita melihat dari sebagian besar praktisi medis di Negara China dahulu kala, Dimana mereka telah menggunakan telur sebagai bahan alami untuk menangani ragam gangguan yang merusak kesehatan tubuh. Oleh karena itu, Setidaknya kita semua bisa menilik akan ragam manfaat dari butiran telur puyuh, Untuk dijadikan benteng pertahanan  tubuh agar bisa tercegah dari berbagai penyakit. 

Telur puyuh sendiri memiliki kandungan yang kaya akan Protein, Vitamin, Mineral, Lemak, Lutein, Kolin, dan masih banyak lagi zat penting lainnya. Bahkan jika dibandingkan dengan telur ayam, nilai gizi telur puyuh lebih besar dan dapat digunakan sebagai bahan dasar pengobatan tradisional masa kini. Yang mana proses penyembuhan secara alami memang menjadi jalan yang  efektif, karena dirasa cukup aman dan tidak menimbulkan efek samping dalam jangka panjang.

Nah, marilah kita simak ragam khasiat telur puyuh sebagai bahan alami untuk  menumpas ragam penyakit yang merusak kesehatan tubuh.

1.  Mencegah Kanker
Kandungan yang dimiliki oleh telur puyuh memang diklaim mampu untuk mencegah timbulnya sel kanker dalam tubuh. Dengan begitu, tingkat risiko tubuh terkena penyakit kanker akan bisa diminimalisir secara efektif. Dengan mengonsumsi telur puyuh, maka secara tidak langsung kesehatan tubuh akan meningkat, dan terhindar dari penyakit yang membahayakan bagi tubuh seperti kanker. 

2. Melawan Timbulnya Alergi
Telur puyuh memiliki kandungan Ovomucoid, yang mana berguna untuk melawan gejala timbulnya alergi pada tubuh. Berbeda dengan telur ayam yang terkadang malah menyebabkan diathesis dan alergi.  Bahkan pada telur puyuh ini juga dipenuhi dengan kandungan kalium dan zat besi yang cukup tinggi. Oleh karena itu ketika mengonsumsi hidangan makanan, anda bisa juga menuangkan telur puyuh ini dalam masakan atau mengonsumsinya secara langsung. 

3. Membantu Kesehatan Mata
Mengonsumsi telur puyuh memang juga sangat menunjang kesehatan pada organ mata. Yang mana di dalam kandungan telur mungil ini, memang terdapat zat Zeaksantin dan Lutein, yang merupakan senyawa alami yang dapat meningkatkan cahaya biru 20 sampai 90 persen. Selain itu juga memberi pigmen warna kuning pada mata, Yakni dengan cara meningkatkan kandungan Zaeksantin dan Lutein yang dibutuhkan oleh retina. Dengan begitu kondisi mata bisa tetap terjaga dengan baik dan sehat.

4. Mencegah Penuaan Dini
Selain Lutein pada telur puyuh berguna untuk menjaga kesehatan mata, Di sisi lain Lutein juga akan mencegah dari terjadinya penuaan dini. Bahkan Lutein yang ada dalam kuning telur ini, mampu memperlambat penuaan dini hingga 40 persen. Sehingga hal itu semua menjadikan manfaat telur enak ini cukup beragam.

5. Untuk Membantu Perkembangan Janin
Di masa kehamilan, tentu bagi para ibu akan menginginkan kondisi janin yang telah dikandung tetap dalam kondisi sehat bukan….?. Nah, dengan mengonsumsi telur puyuh yang dikenal sebagai sumber Kolin ini, nantinya akan mendukung perkembangan otak pada janin. Bahkan jika asupan Kolin bisa terpenuhi dengan kadar yang cukup, maka hal demikian akan bisa mengurangi risiko kematian pada sel janin. Alhasil, kemungkinan terjadinya cacat lahir akan bisa diminimalisir. 

Sementara berdasarkan hasil penelitian yang ada menunjukkan, Bahwa sebaiknya untuk konsumsi asupan Kolin ini bisa dilakukan sejak janin berumur kandungan 20 atau 25 Minggu, Sampai pada waktunya bayi dilahirkan. 

6. Menguatkan Fungsi Otak
Selain telur puyuh baik untuk menguatkan memori otak janin dalam kandungan, Nutrisi Kolin yang terdapat pada telur puyuh juga dapat mempertahankan fungsi otak bagi setiap orang di usia produktif. Dimana fungsi otak akan dapat dipertahankan dengan baik, Sehingga otak pun akan bisa tetap bekerja dengan sehat dan maksimal. 

7. Menjadi Sumber Protein Terbaik
Jika dibandingkan dengan telur ayam maupun bebek, Telur puyuh yang nampak mungil ini ternyata memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yakni 13,5 gram protein. Bahkan daya cerna pada protein telur puyuh juga tinggi, sehingga akan bisa diserap tubuh secara maksimal. Oleh karena itu alangkah baiknya anda mengonsumsi telur enak ini.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan yang terdapat pada telur puyuh,  juga bisa digunakan untuk mempertahankan dan meningkatkan daya imunitas tubuh. Oleh sebab itu, anda bisa mengonsumsi telur puyuh ini sebanyak 3 hingga 5 butir telur di pagi hari. Dengan begitu sistem kekebalan dan metabolisme tubuh bisa meningkat secara efektif.

9. Mencegah Gangguan Saluran Pencernaan
Dalam rangka pencegahan agar tidak sampai terkena gangguan saluran pencernaan seperti maag, sembelit, dan lainnya, maka Anda bisa mengonsumsi telur puyuh ini secara rutin. Selain itu, Telur puyuh juga bisa meningkatkan kinerja sistem saraf pada tubuh.