6 Khasiat Menakjubkan Ubi Ungu Bagi Kesehatan

image: parade.com
Dalam hal meningkatkan kondisi kesehatan tubuh, Ada ragam jenis makanan yang bisa anda manfaatkan, salah satunya yakni Ubi ungu. Yang mana Ubi ungu ini mengandung banyak nutrisi, serta mengandung banyak senyawa alami yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh Anda. Maka tak heran, Banyak orang yang menyukai jenis ubi-ubian ini sebagai hidangan makanan di setiap harinya. Ubi ungu mengandung  Serat, Protein, Kalium, Magnesium, Vitamin C, Vitamin A, Antosianin, serta berbagai nutrisi lainnya. Sehingga dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, Menjadikan Ubi ungu sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh manusia.

Maka dari itu, Setidaknya kita bisa memanfaatkan jenis makanan ini dalam melengkapi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan begitu, kesehatan tubuh kita akan selalu tetap terjaga, serta bisa terhindar dari berbagai penyakit tertentu yang mengganggu kesehatan tubuh.

Nah, Untuk lebih detailnya mari kita simak beragam manfaat yang cukup menakjubkan di balik lezatnya Ubi Ungu ini.

1. Melancarkan Peredaran Darah
Kandungan Antosianin yang terdapat pada Ubi ungu, Berperan untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Hal tersebut karena kandungan Antosianin berfungsi sebagai penyerap polusi dari udara, serta sebagai Antioksidan dalam tubuh. Dengan adanya fungsi Antosianin tersebut, Maka secara tidak langsung pembekuan darah pun bisa tercegah, serta peredaran darah bisa menjadi lancar.

2. Mencegah Kanker ( Anti Kanker )
Penyakit kanker memang sangat mengganggu kesehatan tubuh manusia. Namun dengan adanya zat Iodine dan Selenium pada Ubi ungu, Maka akan membantu menangkal timbulnya kanker dalam tubuh. Sementara kandungan Iodine dan Selenium pada Ubi ungu sangatlah tinggi, Yakni 20 kali lebih besar dibandingkan dengan jenis ubi lainnya. Dengan begitu, Ubi ungu ini bisa berfungsi sebagai bahan alami anti kanker.

3. Menyehatkan Jantung
Untuk menjaga agar organ jantung bisa tetap sehat, Maka Ubi ungu bisa dijadikan sebagai salah satu bahan alaminya. Hal ini karena kandungan Antosianin yang ada pada Ubi ungu, Akan berperan dalam menjaga kesehatan jantung, Sehingga bisa tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, kandungan Antosianin pada Ubi ungu juga bisa membantu untuk menyehatkan organ hati, serta membantu mencegah penyakit stroke.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan
Kandungan Pectin serta Serat alami pada Ubi ungu sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Sehingga dengan kondisi pencernaan yang tetap lancar, Maka sekaligus akan mencegah berbagai gangguan pada tubuh seperti Sembelit, Wasir, dan sejenisnya. Oleh karena itulah Ubi ungu ini sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

5. Baik Untuk Penderita Diabetes
Secara umum, Penderita Diabetes harus selektif dalam mengonsumsi berbagai makanan, terutama pada makanan yang manis. Maka dari itu Ubi ungu dapat dijadikan sebagai makanan pengganti bagi penderita diabetes. Hal tersebut karena Ubi ungu memiliki tingkat glycemic index atau GL yang lebih rendah dari pada Nasi ataupun Roti. Yang mana GL menandakan cepat maupun lambatnya pada makanan dalam menaikkan konsentrasi gula darah pada tubuh manusia. Maka dengan adanya dampak gula darah yang sangat minim pada Ubi ungu ini, menjadikan makanan ini sebagai pilihan yang baik bagi penderita Diabetes.

6. Membantu Mengatasi Asma
Seperti pada umumnya, Jenis penyakit Asma memang tak dapat disembuhkan secara total. Sementara penyakit Asma sendiri disebabkan oleh organ paru-paru yang susah untuk mengembang. Namun, Ubi ungu akan membantu mencegah dari sering kambuhnya penyakit Asma tersebut. Sehingga dengan mengonsumsi Ubi ungu secara rutin dan teratur, Makan penyakit Asma tidak akan sering kambuh lagi.

7. Menyehatkan Mata
Ubi ungu juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata Anda. Hal demikian  karena kandungan Betakaroten dan Vitamin A pada Ubi ungu sangatlah tinggi. Sementara Betakaroten itu sendiri akan diubah menjadi Vitamin A, Yang mana akan menyuplai sekitar 200% Vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itulah Ubi ungu ini sangat baik untuk membantu menunjang kebutuhan Vitamin A pada tubuh Anda.

Nah, Dengan mengetahui beberapa kandungan nutrisi dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh, Ada baiknya anda juga menjadikan Ubi ungu ini sebagai makanan pendamping di sela-sela waktu anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar