Atasi Ragam Penyakit Dengan Air Rebusan Jagung

image: edinaeater.com
Tumbuhan jagung yang menjadi salah satu bahan pangan ini memang menyimpan rahasia hebat di dalamnya. Namun pernahkah anda memperhatikan jika air rebusan jagung dimanfaatkan banyak orang ?. Biasanya kebanyakan orang akan cenderung membuang sisa air rebusan jagung atau membiarkannya begitu saja. Sehingga mereka hanya mengonsumsi bagian jagung saja,  tanpa menengok akan khasiat luar biasa yang terdapat pada sisa air rebusannya.

Padahal jika dilihat dari segi manfaatnya, ternyata sisa air rebusan jagung bisa digunakan sebagai ramuan tradisional dalam menumpas berbagai gangguan pada tubuh. Bahkan cukup dengan memanfaatkan sisa dari air rebusan ini, berbagai macam jenis penyakit bisa disembuhkan secara efektif dan alami. Dimana sisa air rebusan jagung tersebut memang mengandung berbagai zat penting bagi tubuh. Diantaranya Ferrum, Kalsium, Fosfor, Vitamin A, Protein, yang semuanya itu pasti berguna bagi kesehatan tubuh. 

Oleh karena itu, air rebusan jagung sebaiknya janganlah dibuang, karena bisa menjadi obat akan ragam penyakit yang membahayakan tubuh. 

Dan inilah beberapa khasiat yang diperoleh dari air rebusan jagung sebagai obat alami dalam mengatasi gangguan pada tubuh.

1. Mengatasi batu empedu
Penyakit batu empedu bisa terjadi karena mengerasnya cairan yang berada di bagian empedu, Sehingga dari situ terjadilah batu empedu. Nah untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan air rebusan jagung sebagai obat alami yang cukup aman untuk dikonsumsi. 

Caranya : Pertama kali anda sediakan sebanyak 5 tongkol jagung dan 5 gram daun kumis kucing yang masih dalam kondisi segar. Selanjutnya rebuslah kedua bahan tadi dengan menggunakan 2 sampai 3 gelas air. Kemudian saring dan tuangkan airnya dalam satu wadah, barulah anda minum air rebusan tadi, dan lakukan selama dua minggu untuk menyembuhkan batu empedu. 

2. Baik untuk penderita diabetes
Bagi para penderita diabetes, tentu akan merasa kesulitan untuk mengontrol pola mengonsumsi makanan manis. Nah, di dalam kandungan air rebusan jagung terdapat rasa manis alami yang cukup baik untuk penderita penyakit diabetes. 

Untuk caranya : Anda bisa meminum air rebusan jagung ini tanpa dipisahkan dengan tangkainya saat merebus. Minumlah ramuan ini secara rutin dua sampai tiga kali dalam seminggu. Di sisi lain, saat ini  banyak juga produk gula sari pati jagung yang telah dijual di pasaran, Sebagai bumbu pelengkap minuman bagi para penderita diabetes.

3. Mengurangi tekanan darah tinggi
Timbulnya penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, tentu akan mengarah pada kondisi yang lebih parah jika tidak segera ditanggulangi secara tepat dan efektif. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan air rebusan jagung sebagai penanggulangan tekanan darah tinggi secara alami.

Caranya: Terlebih dahulu anda bisa menyiapkan sebanyak 7 tongkol jagung muda beserta dengan rambut jagung sebanyak satu genggam. Kemudian rebuslah dengan menggunakan air secukupnya. Setelah itu, saring air rebusan dan tuangkan dalam satu wadah. Lalu barulah anda bisa mengonsumsinya secara rutin selama seminggu untuk mengurangi terjadinya tekanan darah tinggi. 

4. Mengobati batu ginjal
Kegunaan dari air rebusan jagung bisa juga anda gunakan sebagai obat tradisional dalam mengatasi terjadinya batu ginjal dalam tubuh. 

Caranya : Sediakan 4 tongkol jagung dan rambut jagung sebanyak satu genggam. Kemudian sediakan juga daun keji beling segar sebanyak 8 helai. Setelah itu rebuslah semua bahan yang sudah tersedia dengan menggunakan air secukupnya saja. Selanjutnya saring dan tuangkan dalam wadah, Lalu minumlah secara rutin setiap hari untuk mengobati batu ginjal. 

Apabila kondisi batu ginjal yang dialami memang sudah menimbulkan reaksi berupa bentuk butiran mirip kerikil serta berbuih keluar, Maka anda segera hentikan untuk mengonsumsi ramuan tadi. Dan gantilah dengan mengonsumsi daun kumis kucing serta meniran untuk tindakan selanjutnya. Cara untuk membuatnya pun juga mudah, yakni Siapkan daun kumis kucing dan meniran sebanyak 30 gram, Kemudian rebus dengan air panas, lalu saring dan minum airnya secara rutin. 

Selain air dari rebusan jagung, Air dari rebusan rambut jagung pun  juga bisa anda gunakan untuk menanggulangi kebiasaan mengompol pada Anak. 


Caranya: Seduhlah secangkir minuman dari rambut jagung sebelum tidur. Akan tetapi janganlah terlalu berlebihan, karena air rebusan dari rambut jagung ini juga bisa menurunkan tekanan darah secara drastis. Oleh karena itu, konsumsilah dengan batas sewajarnya saja. Sementara di balik itu semua, Bahwa air rebusan dari rambut jagung memang cocok untuk para penderita hipertensi.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar