Kepala Terasa Pusing Setelah Bangun Tidur, Ini Penyebabnya

image: sleepingtip.com
Rutinitas tidur memang sudah menjadi kebiasaan semua orang dalam memulihkan stamina tubuh. Namun terkadang sebagian orang juga kerap mengalami peristiwa yang tak terduga di saat bangun tidur. Yakni timbul rasa pusing di kepala, keseimbangan tubuh terganggu, dan mata seperti berkunang-kunang. Sehingga dari situ semua menjadikan tubuh mereka tidak nyaman dan sulit sekali untuk dikendalikan. Akibatnya, tubuh menjadi kurang bertenaga dalam menjalankan aktivitas kerja. 
 
Jika diungkap dari timbulnya rasa pusing itu sendiri, sebenarnya ada beberapa penyebab yang kerap sekali menjadikan permasalahan tersebut dialami oleh kebanyakan orang. Baik itu rasa pusing yang ditimbulkan hanya sebentar saja, maupun rasa pusing yang masih membekas dan sulit sekali hilang.
 
Meskipun rasa pusing setelah beranjak dari tempat tidur ini bukanlah perkara yang serius, Namun terkadang juga ada rasa pusing dikarenakan terjadi gangguan medis yang serius. Sehingga persoalan semacam ini memang perlu untuk diketahui akan penyebabnya. Agar nantinya bisa segera ditanggulangi secara efektif, dan kondisi tubuh pun bisa tetap terjaga dengan baik dan sehat.
 
Nah, inilah 5 penyebab yang kerap sekali menjadikan anda terasa pusing setelah bangun tidur.
 
1. Terjadi gangguan keseimbangan di bagian telinga
Mengalami gangguan keseimbangan di bagian dalam organ telinga atau kerap juga dikenal dengan sebuatan vertigo, Merupakan salah satu penyebab yang menjadikan kepala terasa pusing setelah bangun tidur. Nah, dari situ bisa dijelaskan bahwa pusing di kepala karena vertigo biasanya disertai dengan sensasi berputar. Bahkan pusing kepala yang semacam ini kerap disertai dengan terjadinya gangguan pendengaran. Namun terlepas dari situ semua, vertigo juga memiliki gejala lain, Diantaranya nyeri pada otot, terasa mual, mudah lelah, dan terlalu peka terhadap cahaya. 
 
2. Timbulnya kegelisahan dan rasa cemas
Terjadinya rasa cemas dan gelisah yang terbawa saat tidur, maka bisa juga menyebabkan rasa pusing di bagian kepala setelah bangun dari tidur. Dimana rasa yang kurang mengenakkan hati ini, memang akan membuat keluar masuknya nafas pada tubuh lebih cepat. Sehingga dari situ akan cukup mengganggu keseimbangan oksigen dan karbondioksida dalam tubuh. Alhasil, kepala menjadi terasa pusing setelah bangun tidur karena arteri menjadi lebih sempit. Oleh karena itu, anda bisa menghindari rasa cemas ini agar tidak mengganggu lelapnya tidur anda.
 
3. Tekanan darah rendah
Jika tekanan darah dalam tubuh menjadi rendah, maka salah satu dampaknya akan menjadikan kepala sering terasa pusing setelah bangun dari tempat tidur. Yang mana timbulnya tekanan darah rendah ini dikarenakan oleh kondisi tubuh kekurangan vitamin B12, yang berguna untuk meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Selain timbulnya efek pusing setelah bangun tidur ini, ada juga dampak lain yang ditimbulkan. Yakni tubuh mudah terasa kesemutan, mudah mengantuk, nafsu makan berkurang, dan lainnya.
 
Oleh karena itu, jika tubuh mengalami tekanan darah rendah sebaiknya bisa segera diatasi secara medis atau pengobatan alami. Salah satu caranya anda bisa mengonsumsi makanan yang menunjang produksi sel darah merah dalam tubuh. Yakni daging sapi, dada ayam, telur, yoghurt, oatmeal, susu, yang semuanya itu akan membuat tubuh bisa terhindar dari timbulnya tekanan darah rendah.
 
4. Bangun tidur mendadak atau terkejut
Salah satu penyebab lain yang menjadikan kepala terasa pusing saat bangun dari ranjang, Yakni karena terkejut atau bangun secara mendadak. Dimana cara bangun tidur yang semacam ini bisa membuat rasa kurang nyaman dan mempengaruhi kondisi mood. Sehingga dari situ akan mengakibatkan rasa pusing di kepala, dan hati menjadi berdebar setelah bangun dari tempat tidur. Oleh karena itu,  kenyamanan dalam tidur memang sangat penting untuk mengembalikan stamina tubuh agar lebih bugar dan sehat.
 
5. Pengaruh dari obat-obatan
Perlu anda ketahui, bahwa efek samping dari obat-obatan juga bisa menimbulkan rasa pusing dan sakit di kepala saat bangun dari tidur. Dimana jenis obat-obatan yang mengandung diuretik, analgesik, tranquilizer, anticonvulsant, biasanya akan memiliki efek samping berupa rasa pusing di kepala, terlebih lagi seusai bangun tidur. Dan beberapa kandungan tersebut biasa terdapat pada jenis obat pereda sakit flu, sakit perut, dan lainnya.  
 
Oleh karena itu, bacalah aturan pakai sebelum mengonsumsi berbagai jenis obat-obatan, dan jika perlu anda bisa menanyakan kepada dokter mengenai efek samping dari jenis obat yang telah diberikan kepada anda. Hal tersebut karena setiap jenis obat-obatan memang biasanya memiliki efek samping tersendiri.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar