Waspada, Ini 5 Tanda Ginjal Anda Memburuk

image: telegraph.co.uk
Mengalami gangguan pada organ ginjal, tentu akan menjadi persoalan yang tak bisa diremehkan. Yang mana banyak sekali fungsi penting organ ginjal dalam membantu setiap kinerja tubuh agar tetap sehat dan bugar. Di antaranya ginjal berguna menjaga keseimbangan cairan tubuh, penghasil hormon Erythropoietin yang membantu pembentukan sel darah merah, menjadi sistem penyaring ( filter ) yang akan membuang sampah dari sisa makanan serta benda asing dalam tubuh.

Namun bagaimana jika kondisi ginjal dalam tubuh mengalami gangguan….?, maka sudah bisa dipastikan bahwa tubuh akan kehilangan kendali dan berbagai penyakit pun akan bermunculan. Oleh sebab itu, Sebelum organ ginjal dalam tubuh terancam, setidaknya Anda bisa mengenali akan gejala atau tanda bahwa kondisi ginjal sedang mengalami masalah. Dengan begitu, nantinya Anda pun bisa mencegah dan mengatasi gangguan ginjal ini secara tepat dan efektif. 

Meskipun timbulnya gejala gangguan ginjal kurang bisa dikenali secara jelas, Namun di sisi lain ada beberapa tanda yang bisa diterapkan untuk mengetahui bahwa ginjal dalam tubuh sedang mengalami masalah. 


Berikut beberapa tanda ginjal dalam tubuh sedang memburuk kondisinya :

1. Terjadi Kram di Bagian Sekitar Pinggang
Perlu Anda ketahui, jika di bagian sekitar pinggang secara terus menerus mengalami kram, maka bisa jadi kondisi ginjal dalam tubuh tidak normal, alias mengalami gangguan. Lalu mengapa hal itu bisa terjadi…?, hal demikian karena tubuh atau bagian otot-otot sekitar pinggang sedang kekurangan fosfor atau kalsium. Sehingga dari situ menjadikan otot-otot sekitar area pinggang menjadi kram yang tidak kunjung usai. 

Dengan begitu, Anda bisa menanggulangi persoalan ini dengan cara mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi atau fosfor, seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, buah pisang dan lainnya. 

2. Terlalu Sering Berkemih
Terlalu sering berkemih atau buang air kecil bisa menjadi salah satu indikasi bahwa ginjal dalam tubuh sedang mengalami gangguan. Hal demikian karena sistem filter atau penyaring pada ginjal mengalami masalah atau rusak. Sehingga akan meningkatkan tubuh untuk sering berkemih. Namun selain hal itu menjadi tanda akan gangguan pada ginjal, persoalan semacam ini juga bisa menjadi tanda terjadi infeksi pada kandung kemih atau pembesaran prostat dalam tubuh. Oleh karena itu jika tubuh sering berkemih, maka segera meminta bantuan medis untuk mengetahui gejala yang lebih pasti. 

3. Kondisi Urin yang Berbusa
Yang menjadi indikator lain akan timbulnya gangguan organ ginjal, yakni urin keluar dari tubuh dalam kondisi berbusa berlebih. Yang mana kondisi semacam ini  biasanya dikarenakan oleh keberadaan jumlah protein yang keluar bersama urin. Dan biasanya bentuk dari busa bersama urin tersebut berbentuk layaknya busa telur saat dikocok. Alhasil, kondisi ginjal tidak lagi bisa menyaring dengan baik akan nutrisi makanan yang masuk dalam tubuh. Sehingga dibutuhkan penanggulangan yang efektif untuk mengatasinya.

4. Terdapat Darah Dalam Urin
Keluarnya urin dari tubuh yang disertai dengan darah, bisa menjadi gejala atau tanda bahwa kondisi ginjal dalam tubuh sedang mengalami masalah. Tentunya jika organ ginjal pada tubuh ini sehat, maka sudah pasti bisa mencegah terjadinya sel darah yang tercampur dengan urin. Dengan begitu, darah yang tercampur urin bisa jadi sebagai indikasi bahwa organ ginjal bocor. Selain itu, persoalan semacam ini juga bisa menjadi indikator adanya penyakit tumor, infeksi kandung kemih dan batu ginjal. Dengan adanya itu semua, maka harus segera dilakukan penyembuhan pada organ ginjal yang mengalami gangguan. 

5. Mudah Lelah
Berdasarkan apa yang telah diungkapkan oleh Dr. Roger Tan, yakni spesialis ginjal yang berasal dari Gleneagles Hospital Singapore, menunjukkan bahwa kelelahan memang menjadi gejala yang paling umum bahwa ginjal sedang mengalami masalah.


Namun gejala lain gangguan pada ginjal ini juga bisa ditandai hilangnya nafsu makan, badan sering gatal, mual, kaki bengkak dan buang air kecil menurun. Dengan begitu, Anda bisa lebih waspada untuk menjaga kesehatan organ ginjal agar tetap bekerja dengan baik.
Artikel Terkait