Awas, 7 Jenis Virus Ini Mampu Menyebabkan Kanker


image: microbewiki.kenyon.edu
Timbulnya sel kanker yang berkembang dalam tubuh sebenarnya memang tak bisa diduga. Karena terjadinya penyakit kanker itu sendiri memang terdiri dari berbagai gabungan penyebab yang tentunya sangat membahayakan kesehatan tubuh. Diantaranya faktor genetik,  lingkungan, gangguan keseimbangan hormon, makanan yang mengandung bahan kimia, radikal bebas, dan lainnya. Sehingga dari sekumpulan penyebab tersebut, akan meningkatkan timbulnya risiko kanker itu terjadi.


Namun di sisi lain, ada beberapa jenis virus yang mampu menyebabkan tubuh terkena penyakit kanker. Dimana ragam jenis virus ini memang biasa merusak kesehatan tubuh dari berbagai sisi organ tubuh manusia. Hal demikian karena virus merupakan parasit mikroskopik yang hanya bisa berkembang dan bereproduksi di dalam makhluk hidup, Terlebih lagi di dalam tubuh manusia. Sehingga mereka tidak bisa berkembang biak  tanpa adanya material hidup ini. 

Dan jika beragam virus sampai masuk ke dalam tubuh, maka mereka akan menjadikan organ tubuh sebagai perlengkapan seluler. Kemudian akan bermigrasi dengan cepat dan mudah melalui sirkulasi darah, dan sistem limfatik pada tubuh. Nah, inilah 7 jenis virus yang mampu menjadi penyebab terjadinya penyakit kanker dalam tubuh.

1. Epstein-Barr

Perlu anda ketahui, Bahwa Epstein-Barr ini merupakan jenis virus yang kerap sekali menyebabkan penyakit kanker darah. Akan tetapi di China, virus berbahaya ini seringkali menimbulkan terjadinya penyakit kanker hidung dan tenggorokan. Dan kebanyakan manusia yang mengidap kanker dari virus Epstein-Barr atau kerap dikenal dengan sebutan Virus Herpes Manusia 4, maka kerap sekali tidak mengenali keberadaannya di dalam tubuh. Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh dari munculnya virus membahayakan ini memang sangat penting.

2. Cytomegalovirus
Dimana Cytomegalovirus merupakan golongan virus herpes yang akan menyebar dengan mudah melalui cairan tubuh seperti urin, air liur, darah, ASI, sperma, dan lainnya. Jika tubuh terjangkit oleh virus ini, sedangkan kondisi sistem kekebalan tubuh menurun drastis, maka akan timbul penyakit kanker. Hal demikian karena keberadaan virus berbahaya ini masih bisa dilawan oleh daya imunitas dalam tubuh. Oleh karena itu, menjaga daya tahan tubuh memang sangatlah penting, agar tubuh tidak sampai terinfeksi dengan virus Cytomegalovirus.

3. Virus Papiloma
Virus Papiloma, atau yang juga biasa disebut dengan Human Papiloma Virus (HPV), merupakan jenis virus yang seringkali menyerang kulit serta membran tubuh hewan dan manusia. Bahkan jenis virus ini sudah mencapai 100 papiloma yang didefinisikan. Yang mana jenis virus ini juga menjadi penyebab terjadinya penyakit kanker dalam. Diantaranya mampu menyebabkan terjadinya kanker leher dan rahim pada kaum wanita. 

4. Virus Hepatitis B dan C
Pada dasarnya hepatitis B dan C ini merupakan jenis virus berbahaya yang menyebabkan terjadinya peradangan  hati akut. Sehingga dari situ peradangan hati akan berlanjut menahun hingga timbul penyakit kanker hati atau sirosis hati. Oleh karena itu, jenis virus ini juga termasuk penyebab terjadinya penyakit kanker dalam tubuh.

5. Merkel Cell Polyomavirus
Yang mana jenis virus berbahaya ini memang merupakan salah satu dari ketujuh jenis oncovirus manusia yang cukup dikenal pada masa kini. Merkel Cell Polyomavirus merupakan salah satu virus yang menjadi penyebab terjadinya penyakit kanker kulit. Bahkan jenis virus ini juga diduga sebagai penyebab terjadinya karsinoma sel merkel, yang merupakan bentuk virus cukup agresif.  Meskipun jarang sekali ditemukan pada setiap kasus penyakit kanker, namun jenis virus berbahaya ini harus tetap diwaspadai.

6. XMRV
Dimana XMRV merupakan jenis sindrom kelelahan akut, dan menjadi penyebab kanker yang cukup sulit untuk dilacak. Hal demikian karena keberadaan virus ini memang tidak langsung muncul, namun diikuti dengan adanya gejala selama berbulan-bulan. XMRV juga memiliki bentuk yang mirip seperti virus HIV, yang kerap sekali menyerang DNA terutama pada kaum wanita. Dengan adanya hal tersebut, setidaknya stamina tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak sampai terjangkit oleh virus berbahaya ini. 

7. Virus Sitomegalo
Sitomegalo merupakan jenis virus yang cukup dikenal dengan sebutan Virus Herpes Manusia 5. Dimana jika Sitomegalo sampai masuk dalam tubuh, maka akan menyebabkan Kaposi, yakni terjadinya kanker sistem pembuluh darah. Untuk mengetahui akan tanda-tanda tubuh terjangkit virus berbahaya ini, yakni secara mendadak ditandai dengan lesi kulit menjadi berwarna merah.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar