Begini Cara Mudah Deteksi Kesehatan Jantung Anda

image: wakingtimes.com
Dikala organ jantung pada tubuh mengalami gangguan, Pasti akan menjadikan tubuh tidak lagi mampu mengalirkan darah beserta oksigen ke seluruh tubuh secara maksimal. Yang mana sebagai organ pemompa darah ini, Jantung juga memiliki peran penting dalam mengambil oksigen dan membuang karbondioksida sebagai proses pembersih dari hasil metabolisme tubuh. Sehingga untuk menjaga kondisi organ jantung agar selalu sehat memang sangat dibutuhkan. 
 
Apalagi organ jantung pada tubuh memang bekerja secara terus menerus, Sehingga organ penting ini lambat laun akan  rentan sekali untuk mengalami gangguan jika tidak dijaga dengan baik. Oleh karena itu, ada cara mudah yang bisa anda terapkan dalam menganalisis akan kondisi kesehatan jantung anda saat ini. Apakah kondisi jantung anda sedang mengalami masalah, atau masih dalam kondisi sehat dan bugar. 
 
Bahkan cara tersebut juga bisa anda lakukan kapan pun dan di mana pun anda berada. Baik itu anda sedang berada di rumah, sedang santai bersama keluarga, maupun ketika anda sedang menjalani rutinitas olahraga setiap hari. Nah inilah cara mudah dalam mengecek atau mendeteksi kondisi kesehatan jantung anda. 
 
# Langkah pertama yang harus anda lakukan
Terlebih dahulu anda bisa duduk di lantai dengan kondisi kaki diluruskan ke depan, sampai jari-jari kaki anda menghadap lurus ke atas. Selanjutnya jangkaulah jari-jari kaki anda dengan tangan. Apabila anda bisa menjangkau ujung jari kaki dengan tangan anda secara mudah dan fleksibel, maka hal demikian merupakan pertanda bahwa kondisi jantung anda masih dalam kondisi baik dan sehat. 
image: twimg.com
Namun jika anda tidak lagi mampu menjangkau ujung jari kaki dengan tangan anda tersebut, atau merasa kesulitan dalam menjangkaunya, maka bisa menjadi pertanda bahwa kondisi organ jantung dalam tubuh  sedang mengalami permasalahan atau gangguan. Sehingga dari situ anda bisa langsung berkonsultasi kepada dokter spesialis jantung, Kemudian menanyakan kondisi secara detail mengenai organ jantung dalam tubuh anda.
 
Hal demikian memang berdasarkan jurnal yang telah dipublikasikan dalam Heart and Circulatory Physiology. Dimana para tim peneliti yang berada di University Of North bersama para peneliti Jepang telah melakukan uji coba. Yakni dengan menyiapkan segenap partisipan berjumlah 526 orang yang masing-masing berumur 20 hingga 83 tahun. Dimana segenap partisipan tersebut dilakukan tes fleksibel tubuh serta diukur tekanan darah, aktivitas jantung, dan pembuluh arteri dalam tubuh mereka.
 
Selanjutnya dari hasil penelitian tersebut bisa diketahui, Yakni adanya kolerasi antara tubuh yang kurang fleksibel  dengan kondisi pembuluh arteri yang tidak fleksibel pula pada partisipan yang berusia 40 tahun. Sehingga mereka yang memiliki kondisi semacam ini telah gagal dalam uji tes fleksibilitas tubuh mereka, yakni tidak mampu menjangkau ujung jari kaki dengan tangan. Dan hal demikian berarti mereka memiliki pembuluh darah kaku, yang menjadikan kemampuan jantung menjadi kurang bekerja secara maksimal. Sehingga tingkat risiko penyakit jantung yang mereka alami menjadi semakin meningkat pula.
 
Oleh karena itu, Jika anda berkeinginan untuk mengetahui kondisi kesehatan organ jantung, maka anda bisa menerapkan cara mudah yang telah dijelaskan di atas. Selain itu, tanda jantung yang sedang mengalami gangguan kesehatan juga bisa anda lihat dengan keluarnya keringat dingin pada tubuh. Dan seringkali mengalami rasa nyeri di bagian dada terutama bagian dada sebelah kiri, serta sesak napas dan rasa panas di bagian jantung.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar