Terapkan 6 Hal Ini Agar Mendapat Syafaat Di Hari Kiamat

image : coffeemix.ir
Dengan izin Allah SWT, mendapatkan syafaat pada hari kiamat memang akan diharapkan oleh semua umat yang diselimuti berbagai kesusahan, kesedihan, tangisan, dan kepedihan yang mereka alami pada hari itu. Dan berbahagialah bagi umat yang mendapatkan pertolongan dari Allah ketika bumi diporak-porandakan dengan sedemikian rupa, yang menjadi pertanda bahwa telah berakhirnya kehidupan di dunia. Seiring dengan kejadian yang amat dahsyat tersebut, Allah akan memberi naungan bagi hamba yang selalu mengamalkan perintah-Nya, dan menjauhi segala larangan-Nya. 

Dan berbagai macam siksaan akan ditimpakan bagi umat yang berpaling dari aturan agama yang sudah menjadi ketetapan Sang Ilahi. Sehingga hanya syafaat yang mereka harapkan sebagai naungan yang menyelamatkan mereka dari kesengsaraan di hari akhir. Lantas bagaimana kiat kita agar mendapatkan syafaat pada hari akhir…?, Ternyata banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meraih syafaat atau pertolongan Allah pada hari itu. Dan hendaknya kita bisa menerapkan beberapa hal tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dan inilah 6 kiat yang dapat kita lakukan agar bisa meraih syafaat pada hari kiamat kelak.

1. Menjawab Adzan dan Berdoa
Ketika mendengar lantunan suara adzan yang dikumandangkan di berbagai tempat ibadah, Sunnah hukumnya bagi kita untuk menjawabnya, serta berdo’a ketika adzan tersebut selesai dikumandangkan. Dan ternyata membiasakan diri untuk melakukan hal demikian juga menjadi salah satu kiat agar selalu mendapat syafaat di hari kiamat kelak.

Hadist Nabi yang berbunyi : Rasulullah SAW bersabda “ Barang siapa berdoa setelah mendengar adzan: “ Ya Allah, pemilik seruan yang sempurna ini dan shalat yang akan didirikan. Berikanlah kepada Muhammad kedudukan ‘wasilah’ dan keutamaan, dan tempatkanlah ia di tempat terpuji ”, Maka ia akan mendapat syafaatku. (HR al-Bukhari)

Nabi Muhammad SAW merupakan sosok suri tauladan sejati bagi kita semua. Dimana beliau juga merupakan seorang yang diizinkan oleh Allah untuk memberikan syafaat atau pertolongan pada hari kiamat kelak. Seruan yang disabdakannya pun menjadi panutan bagi setiap umat, Maka jawablah suara adzan ketika dikumandangkan dan berdoalah, niscaya akan mendapat syafaat pada hari kiamat kelak.

2. Shalat Jenazah
Shalat jenazah atau menshalati mayit serta mendoakannya, memang menjadi amal yang mulia bagi setiap orang yang melakukannya. Selain pahala yang mereka dapatkan, tentu amal perbuatan yang satu ini akan dapat memberi keutamaan, yakni mendapatkan syafaat pada hari kiamat kelak bagi setiap umat yang melakukannya. Yang mana hukum menshalati mayit ini memang fardhu kifayah. Yakni apabila ada seorang muslim meninggal kemudian muslim lainnya menshalati dan mendoakannya, maka gugurlah kewajiban semua umat muslim lainnya. 

Sabda Rasulullah : ‘’ Tidaklah seorang mayit dishalatkan (dengan shalat jenazah) oleh sekelompok kaum muslimin yang mencapai 100 orang, lalu semuanya memberi syafa’at (mendoakan kebaikan untuknya), maka syafa’at (do’a mereka) akan diperkenankan’’. (HR. Muslim no. 947)

3. Beriman Dengan Penuh Keikhlasan
Meyakini bahwa tiada Tuhan selain Allah dengan dibarengi penuh keikhlasan, maka beruntunglah bagi mereka yang mampu melakukan hal tersebut. Dimana mereka akan senantiasa mendapat  naungan atau pertolongan dari Sang Pencipta.

Hadits Nabi menjelaskan : ‘’ Rasulullah SAW bersabda “ Orang yang paling beruntung dengan syafaat saya di hari kiamat adalah orang yang mengucapkan LaailaahaillaAllah, secara ikhlas dari hatinya”. (HR al-Bukhari)

Melalui apa yang telah disabdakan Rasulullah tersebut, maka hendaknya kita semua bisa menerapkan keimanan yang hakiki dan benar-benar mengimani akan keberadaan Sang Ilahi. Dengan adanya landasan keimanan tersebut, semoga kita mampu mentaati segala aturan agama yang telah ditetapkan, dan mampu menghindari segala larangan yang menjadikan murka Allah datang.

4. Berziarah Ke Makam Rasulullah
Rasa kerinduan yang begitu mendalam kepada Rasulullah SAW, pasti sudah menjadi suatu hal yang cukup sakral bagi setiap umat yang beriman. Dan ternyata bagi setiap umat yang mengunjungi (berziarah) makam beliau tersebut, niscaya mereka semua juga termasuk golongan orang yang akan mendapat syafaat pada hari akhir kelak.

Rasulullah SAW bersada: “ Barang siapa yang datang kepadaku untuk menziarahiku, tidak ada keperluan lain kecuali hanya menziarahiku, maka saya pasti akan menjadi pensyafaat bagi dia pada hari kiamat ‘’. (H.R. At Thabrani dan dishahihkan oleh al Hafidz Said ibn As Sakan)

5. Membaca Al-Quran
Melakukan tadarus Al-Quran baik itu membaca, mempelajari, menghayati maknanya serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, Memang amalan yang cukup mulia serta mendapatkan pahala dari Allah SWT. Bahkan bagi orang-orang yang gemar membaca Al-Quran akan senantiasa dinaungi berupa syafaat pada hari kiamat kelak.

Rasulullah SAW bersabda : “ Bacalah Al-Quran, sebab Al-Quran akan datang kepadanya sebagai pemberi pertolongan ”. (H.R Imam Muslim)

Pada hari kiamat kelak, Al-Quran yang tiap hari kita jadikan sebagai pegangan hidup ini, dengan izin Allah SWT akan menjadi penolong dan bisa menjadi naungan bagi umat di hari kiamat. Sehingga terus menerus mengkaji Al-Quran dan menjadikannya sebagai landasan hidup memang sudah keharusan bagi setiap umat muslim yang ada di dunia. 

6. Bersholawat Kepada Baginda Rasulullah SAW
Memperbanyak bacaan sholawat memang menghadirkan keberkahan, dan merupakan amalan baik yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, memperbanyak bacaan sholawat nantinya akan mendatangkan syafaat pada hari kiamat kelak.

Rasulullah SAW bersabda: " Sesungguhnya orang yang paling berhak dengan (syafaat atau kedudukan) saya, adalah yang paling banyak shalawatnya kepada saya ". (H.R Tirmidzi dan Ibnu Hibban)
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar