Ini Cara Agar Bisa Tidur Dengan Cepat Dalam Satu Menit

image: huffingtonpost.com
Permasalahan tidur yang kurang teratur, memang seringkali menyebabkan dampak buruk bagi keseimbangan tubuh. Dan tidak hanya itu saja, bahkan jika tubuh kurang istirahat maka tingkat produktivitas pun juga akan menurun. Sehingga persoalan yang semacam ini sebaiknya bisa ditanggulangi secara tepat, agar kesehatan tubuh bisa tetap terjaga dengan baik. 

Namun terkadang juga permasalahan tidur ini kerap dianggap remeh bagi sebagian orang. Apalagi bagi mereka yang merasa kesulitan untuk tidur di malam hari, tentu hal demikian merupakan suatu persoalan yang cukup meresahkan bukan…?. Padahal jika diperhatikan, bahwa banyak sekali keuntungan yang didapatkan bila tubuh memiliki waktu tidur atau istirahat yang cukup. Di antaranya menjaga stamina tubuh agar tetap bugar dan sehat keesokan hari, memperkuat daya memori otak, berat badan yang terkontrol, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. 

Untuk menjadikan tubuh agar bisa istirahat dengan cepat dan tepat waktu, maka anda bisa menggunakan cara yang mampu menyuplai tubuh agar bisa tidur dengan mudah. Dan mungkin bagi seseorang yang mengalami tingkat stres tinggi hingga kesulitan untuk tidur di malam hari, Maka bisa juga segera ditanggulangi dengan salah satu cara berikut ini :

1. Melakukan Pernapasan Secara Fokus
Jika dirasa anda kesulitan untuk tidur, maka langkah pertama yang bisa anda terapkan yakni, Tariklah napas dalam-dalam melalui lubang hidung. Selanjutnya tahan selama kurang lebih 4 hingga 5 detik, kemudian anda bisa menghembuskan napas secara perlahan melalui mulut. Lakukan cara ini sebanyak 10 kali dengan penuh kefokusan, maka dari situ akan membantu tubuh cepat istirahat dan mudah untuk tidur. 

Mengapa hal tersebut bisa terjadi….?, Dengan cara tubuh menarik napas dalam-dalam, maka secara tidak langsung detak jantung akan melambat secara perlahan. Sehingga dari situ dapat merelaksasi tubuh, dan menjadikan tubuh bisa lebih memperhatikan kondisi serta terhindar dari gangguan yang ada di sekitar. Alhasil, cara ini memang membantu diri anda agar bisa lebih fokus dan cepat tidur di malam hari. 

2. Dengan Menatap Langit-langit
Agar tubuh dapat tidur dengan mudah dan menghindari dari rasa kesulitan untuk tidur, maka anda bisa menatap ke atas langit-langit. Hal demikian bertujuan agar tubuh dapat menstimulasi sistem saraf parasimpatik yang berperan untuk menurunkan tekanan darah, serta memperlambat pernapasan anda. Sehingga dari situ akan membuat tubuh bisa lebih mudah untuk tidur lelap.

Caranya : Pertama anda bisa tidur terlentang dengan tenang, dan kondisi mata terbuka menatap ke langit-langit. Selanjutnya hitung sampai satu menit secara perlahan. Dengan begitu akan bisa membuat tubuh mengantuk dan tertidur lelap untuk mengembalikan stamina tubuh.

3. Melakukan Relaksasi Otot
Bagi para penderita insomnia, pasti rasa sulit untuk tidur yang dialami memang cukup meresahkan bukan….?. Nah, Maka dari itu lakukan dengan cara menegangkan seluruh tubuh mulai dari ujung kaki hingga kepala, kemudian tahan selama beberapa detik. Barulah anda melemaskan otot tubuh kembali secara perlahan. Maka dari situ, akan menjadikan tubuh anda untuk lebih mudah tidur dan menghilangkan rasa kegelisahan yang ada. 


Hal demikian memang sebuah trik yang biasanya digunakan oleh para tim dokter untuk menangani pasien mereka yang mengalami insomnia. Jadi, anda pun bisa menerapkan cara tersebut untuk membuat tubuh agar bisa tidur dengan cepat.

4. Menulis Semua Permasalahan Dalam Buku
Memang tingkat stres yang tinggi terkadang membuat orang mengalami kesulitan untuk tidur. Berbagai macam masalah bisa menimbulkan rasa resah dan gelisah yang mendalam, pada akhirnya membuat pikiran menjadi kacau akibat permasalahan yang tak kunjung usai. Sementara persoalan yang semacam ini kerap sekali menjadikan kesehatan tubuh tidak seimbang, dan sulit sekali untuk tidur.

Oleh karena itu , agar semua permasalahan tidak sampai mengganggu waktu tidur anda, maka anda bisa menuliskan semua permasalahan tersebut pada secarik kertas atau buku sebelum tidur. Dengan begitu, secara perlahan diri anda akan bisa lebih ringan dan mampu menjadikan masalah terasa ringan untuk dihadapi. Selain itu tingkat stres pun bisa lebih terkurangi, serta menjadikan anda lebih tenang dan tidak lagi mempersulit aktivitas tidur anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar