6 Cara Mudah Meningkatkan Hormon Bahagia Secara Alami

image: huffingtonpost.com
Untuk menjadikan rasa bahagia dalam diri Anda, peran hormon Endorphin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hormon ini juga kerap disapa dengan sebutan hormon bahagia. Yang mana tanpa adanya hormon tersebut, maka rasa gelisah, cemas dan depresi akan seringkali muncul mengitari diri seseorang. Sehingga kiat untuk meningkatkan hormon yang satu ini memang cukup membantu untuk menghilangkan rasa gundah gelisah karena berbagai permasalahan yang menimpa. 

Oleh karena itu, dalam menanggulangi keresahan jiwa tersebut agar bisa selalu tampak ceria dan bahagia, ada cara mudah yang bisa anda terapkan. Yakni dengan cara meningkatkan hormon Endorphin ini secara alami. Sehingga permasalahan yang kerap sekali mengganggu hati dan pikiran menjadi cemas, bisa segera dikendalikan secara efektif. Yang mana anda bisa kembali merasa lebih terhubung dengan orang lain dan rasa sedih akan berkurang. 

Nah.. Inilah 6 cara mudah yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan hormon Endorphin, guna memupuk kembali rasa bahagian dalam jiwa.

1. Olahraga Bersama
Selain menjadi langkah yang cukup sehat bagi tubuh, aktivitas olahraga bersama sahabat, saudara, dan orang lain di sekitar anda, Juga bisa membantu menumbuhkan kembali rasa bahagia. Dimana melakukan kegiatan olahraga secara berkelompok, akan memudahkan diri untuk saling mengobrol, diskusi, dan semangat pun juga akan tumbuh. Sehingga dari situ akan bisa memicu munculnya hormon bahagia dalam diri untuk menghilangkan rasa penat.

2. Mengonsumsi Cokelat
Di dalam cokelat menyimpan kandungan polifenol yang berguna sebagai antioksidan. Dimana peran senyawa alami ini akan bisa memproduksi hormon endorfin dengan mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, dan mengontrol kolesterol serat pembuluh darah dalam tubuh. Sehingga dari situ perasaan cemas dan gelisah yang ada dalam diri seseorang bisa dikendalikan secara efektif. Dan menjadikan diri bisa tampak bahagia kembali seperti sediakala.

3. Mengonsumsi Cabe
Makanan pedas juga bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan hormon bahagia. Dimana jenis makanan yang mengandung cabe di dalamnya, juga akan mengikat protein dan reseptor rasa sakit dari sel-sel saraf di bagian selaput lendir hidung. Sehingga dari situ akan merangsang otak untuk mengeluarkan hormon endorfin dengan jumlah lebih banyak. Alhasil, timbulah rasa senang dan bahagia yang menyertai kehidupan anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika di sela-sela waktu anda mengonsumsi makanan pedas guna menghilangkan rasa cemas dalam diri.

4. Konsumsi Ginseng
Kandungan yang terdapat pada ginseng, memang cukup dikenal untuk menghasilkan hormon bahagia. Oleh karena itu untuk menghilangkan perasaan cemas, stres dan lelah, Maka bisa juga anda mengonsumsi ginseng sebagai langkah alaminya. Sehingga perasaan yang kurang mengenakkan bisa dikendalikan, dan perasaan cemas pun akan berubah menjadi lebih bahagia.

5. Aroma Lavender dan Vanili
Untuk meningkatkan rasa mood yang kerap sekali memudar, maka anda bisa mencium aroma sedap lavender dan vanili. Dimana hormon endorfin yang dihasilkan dari mencium kedua aroma tersebut, akan bisa meningkatkan rasa mood bahagia yang berkurang. Selain itu, bau lavender dan vanili ini juga akan mengurangi depresi dan rasa kelelahan yang ada. Oleh karena itu, anda bisa mengurangi rasa cemas dalam diri dengan mencium aroma vanili dan lavender, agar kondisi tubuh bisa lebih tenang dan bahagia.

6. Mencoba Untuk Tertawa
Dengan cara mencari sesuatu hal yang bisa membuat anda tertawa, juga menjadi solusi yang cukup efektif dalam menghilangkan rasa cemas. Semisal anda mencoba untuk berhumor ria dengan sahabat, menonton film kartun atau komedi, serta melihat adegan lucu lainnya. Dengan adanya hal itu semua, akan bisa memunculkan hormon bahagia dan menghilangkan rasa resah dan gelisah dalam benak pikiran Anda.
Artikel Terkait