Ternyata, 8 Hal Sederhana Ini Mampu Turunkan Berat Badan Anda

image: englishclub.com
Memang perlu disadari bahwa tubuh yang penuh dengan kalori dan lemak menumpuk ini, kerap sekali menjadikan penampilan tubuh kurang ideal. Terlebih lagi bagi kaum wanita, pasti akan merasa sangat resah dan kurang nyaman dengan kondisi yang semacam ini. Sehingga mau tidak mau mereka terkadang menggunakan program diet ketat, agar berat badan bisa turun dengan cepat. 

Padahal jika diamati lebih jauh, Ternyata ada beberapa kebiasaan yang tak disangka bisa juga menurunkan berat badan anda secara perlahan namun pasti. Berbeda dengan program diet ketat yang nampaknya bisa menurunkan berat badan secara instan, akan tetapi masih saja dalam jangka panjang berat badan menjadi melonjak kembali, atau bisa dikatakan gagal diet dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, anda bisa menerapkan kebiasaan sederhana ini untuk menunjang program diet anda. Sehingga dari situ membantu dan mengendalikan berat badan agar bisa tetap ideal, tanpa mengalami peningkatan berat badan secara tiba-tiba. 

Sebenarnya banyak sekali faktor yang menjadikan berat badan menjadi naik secara tak terduga. Diantaranya karena faktor psikologis, gaya hidup yang kurang sehat, kebiasaan buruk, dan lainnya. Yang mana semuanya itu akan menjadikan tumpukan kalori dan lemak di tubuh semakin bertambah. Dan inilah 8 hal yang dianggap biasa, Namun mampu menurunkan berat badan anda.

1. Makan Secara Perlahan
Berdasarkan jurnal yang telah dipublikasikan dalam Proceeding of The National academy of Sciences di Amerika, menunjukkan bahwa ketika anda meluangkan waktu terlebih dahulu menghirup makanan yang anda konsumsi, maka hal demikian akan bisa merangsang tubuh untuk benar-benar kenyang. Sehingga dengan cara makan secara perlahan, Akan bisa mengurangi porsi makan anda, serta membuat  makanan menjadi lebih terasa nikmat. Dengan begitu, secara tidak langsung akan bisa membantu program diet anda.

2. Memperhatikan Porsi Makan
Seringkali memperhatikan akan porsi setiap mengonsumsi makanan, juga merupakan salah satu hal yang dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Mengapa bisa demikian…..?, Dimana secara tidak langsung, anda telah melatih pikiran anda untuk selalu mengonsumsi makanan yang hanya dibutuhkan oleh tubuh. Dengan cara mengamati seberapa banyak jumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari, tentu anda bisa melatih tubuh untuk menjaga dari kelebihan porsi makanan yang anda konsumsi.

3. Makan Dengan Penuh Ketenangan
Menurut hasil studi yang telah dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2013, menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dengan penuh rasa gelisah dan sering terganggu, akan bisa menyebabkan tingkat mengonsumsi makanan menjadi lebih banyak dan tak terkendali. Sehingga pola makan yang semacam ini malah akan menjadikan berat badan mengalami kenaikan. Oleh karena itu, kefokusan dan ketenangan dalam mengonsumsi makanan memang sangat dibutuhkan, Agar porsi makan tidak sampai melonjak secara tiba-tiba. 

4. Memiliki Waktu Tidur Yang Cukup Setiap Malam
Berdasarkan apa yang telah dijelaskan pada National Sleep Foundation, menunjukkan bahwa “Setidaknya orang dewasa memiliki waktu tidur yang cukup, yakni antara tujuh hingga sembilan jam dalam semalam”. Hal demikian akan mendorong tubuh untuk penurunan berat badan secara teratur dan alami. Memiliki waktu tidur yang cukup akan bisa menjaga nafsu makan dengan cara mengontrol hormon Ghrelin dan Leptin agar tetap seimbang. Dimana jika tubuh tidak memiliki waktu tidur yang cukup, Maka hormon-hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang dan memicu nafsu makan menjadi meningkat. 

5. Menggunakan Piring Berukuran Kecil
Suka menggunakan piring yang berukuran kecil pada saat makan, secara tidak langsung akan merangsang tubuh anda untuk mengurangi porsi makan. Dimana hal demikian akan bisa mengelabuhi pikiran untuk makan dengan jumlah yang lebih banyak. Sehingga dari situ akan bisa membantu program diet anda secara perlahan. Selain itu, mengonsumsi makanan dengan menggunakan piring lebih kecil dari biasanya, juga dapat menjadikan makanan bisa terasa lebih nikmat.

6. Menjadwalkan Waktu Makan
Kebiasaan makan yang terjadwal, pola makan yang teratur, Maka kebiasaan semacam ini bisa menjadi penunjang program diet anda agar berjalan dengan lancar. Sehingga dari situ anda bisa memperhatikan gaya hidup anda secara cermat, dan mengonsumsi makanan dengan kadar asupan yang cukup tanpa berlebihan. Dan pada dasarnya, Bahwa melakukan diet sehat itu penuh dengan penerapan dan kegagalan. Akan tetapi anda harus yakin dan berusaha untuk memiliki tubuh yang ideal.

7. Memiliki Jenis Makanan Yang Diprioritaskan
Selalu memprioritaskan makanan yang kaya akan protein dan serat, bisa juga membantu diri anda untuk mendapatkan makanan pilihan yang cukup baik dalam menunjang program diet Anda. Dan jika anda berkeinginan untuk memaksimalkan program diet anda tersebut, Anda juga bisa mengurangi makanan yang memiliki karbohidrat berlebih. Dengan cara cerdas memilih jenis makanan seperti Telur, Gandum, Yoghurt, dan seragam buah-buahan dan sayur-sayuran, Pastinya akan bisa membantu dalam program diet sehat anda.

8. Konsumsi Lebih Banyak Air
Dalam menjalani program diet, setidaknya tubuh bisa mendapatkan asupan air yang cukup. Dimana ketika tubuh kekurangan asupan air, Maka hal demikian akan merangsang tubuh untuk sering merasa lapar dan memicu untuk ‘’ngemil’’, serta mengonsumsi makanan hingga jumlah lebih banyak. Yang mana pada akhirnya akan bisa menggagalkan program diet anda bukan…?. Nah, Maka terpenuhinya asupan air dalam tubuh ini memang sangat diperlukan.
Artikel Terkait