Hindari 7 Makanan dan Minuman Ini Jika Tak Ingin Flu Semakin Parah

image: shutupandwearit.com
Kondisi cuaca yang kurang menentu memang kerap sekali menjadikan daya imunitas tubuh menjadi berkurang dan tidak seimbang. Sehingga dari situ akan menjadikan ragam jenis penyakit pun seringkali menyerang kesehatan tubuh. Salah satunya yakni penyakit flu atau influenza. Dimana timbulnya penyakit flu ini memang disebabkan oleh adanya infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. 

Namun tak disadari ketika tubuh terserang oleh penyakit yang satu ini, Ternyata ada ragam jenis makanan dan minuman yang malah menjadikan kondisi flu semakin parah. Sehingga dalam tahap penanggulangan flu agar bisa sembuh dengan cepat, Selain melakukan proses penyembuhan, Setidaknya juga bisa menghindari mengonsumsi ragam jenis makanan dan minuman pantangannya. Hal demikian bertujuan agar penyakit flu ini dapat diatasi dengan cepat, sehingga kondisi tubuh pun bisa sehat dan bugar kembali.

Bahkan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit flu memang cukup beragam. Di antaranya mulai dari sakit kepala, timbulnya demam, pegal-pegal, nafsu makan berkurang, hingga sampai sakit pada tenggorokan. Oleh karena itu, Segera mengatasi terjadinya flu ini memang sangat penting, agar tidak sampai merembet ke berbagai jenis penyakit lainnya. Nah, Inilah 7 jenis makanan dan minuman yang bisa menyebabkan penyakit flu menjadi lebih parah. Sehingga alangkah baiknya jika anda menghindarinya.

1. Karbohidrat Olahan
Mengonsumsi jenis makanan karbohidrat olahan layaknya kreakers dan roti, juga bisa memicu kondisi flu akan lebih parah. Oleh karena itu, setidaknya untuk sementara waktu bisa menghindari mengonsumsi jenis makanan ini. Hal demikian karena ketika karbohidrat olahan ini masuk di dalam tubuh, maka akan menimbulkan reaksi yakni melemahkan sel darah putih di tubuh. Sehingga dari lemahnya sel darah putih ini akan menimbulkan kondisi flu menjadi lebih parah. 

2. Produk Susu
Selama tubuh masih mengalami flu, maka alangkah baiknya anda bisa menghindari mengonsumsi produk susu. Lantas mengapa harus demikian…?, Pada dasarnya susu memang merupakan sumber nutrisi yang baik dan sehat bagi tubuh. Namun jika tubuh menerima asupan susu di saat terserang flu, maka hal itu akan bisa menambah produksi dahak dan lendir dalam tubuh. Sehingga dari situ bisa menjadikan kondisi flu yang diderita semakin parah. Dan terkadang tubuh akan semakin tersiksa jika saat flu mengonsumsi banyak produk susu. Oleh karena itu, anda bisa menghindarinya untuk sementara waktu agar kondisi flu yang dialami bisa segera sembuh dengan cepat.

3. Makanan dan Minuman Mengandung Gula
Berdasarkan apa yang telah diungkapkan oleh seorang ahli gizi dan jubir dari Academy of Nutrition and Dietetics, yakni Alissa Rumsey, menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula juga dapat memicu terjadinya peradangan. Yang mana membuat sel darah putih menjadi lemah, Terlebih lagi di saat mengalami flu. 

Oleh karena itu, dalam rangka melancarkan penyembuhan flu yang diderita, sebaiknya anda bisa terlebih dahulu menghindari makanan seperti kue manis, minuman ringan, minuman soda, permen, dan sejenisnya. Dengan begitu, terjadinya penyakit flu bisa segera sembuh dengan penanganan yang tepat.

4. Minuman Beralkohol
Mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa memicu peradangan. Yang pada akhirnya juga dapat melemahkan sel darah putih dalam tubuh. Kemudian dampak yang ditimbulkan juga akan membuat tubuh mudah mengalami dehidrasi, rasa pening, dan lainnya. Oleh karena itu, anda bisa menghindari mengonsumsi jenis minuman ini agar kondisi flu tidak semakin bertambah parah. Sementara jika tubuh bisa memperkecil akan penyebab keparahan flu itu sendiri, maka penyakit yang kerap menyerang tubuh ini pun juga semakin mudah untuk ditanggulangi.

5. Makanan Mengandung Banyak Lemak
Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak di dalamnya seperti daging, makanan yang digoreng dengan minyak berlebihan dan sejenisnya, Juga bisa memperlambat flu untuk segera sembuh. Dimana jenis makanan ini akan menjadikan kemampuan tubuh untuk segera sembuh dari flu menjadi menurun.

Sehingga tubuh juga akan kesulitan untuk menanggulangi terjadinya infeksi pada saluran pernapasan. Oleh karena itu, untuk sementara waktu anda bisa menghindari mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi saat terserang flu, Dan mencoba menggantikannya dengan sayuran dan protein nabati. 

6. Makanan Pedas dan Asam
Makanan pedas dan asam memang salah satu jenis makanan yang perlu dihindari saat mengalami flu. Dimana kandungan rasa pedas yang terdapat di dalamnya, Juga akan memperparah rasa sakit di bagian tenggorokan yang merupakan saluran pernapasan. Dan jenis makanan pedas serta asam yang patut dihindari tersebut layaknya cabai, lada, pala, jeruk, lemon, dan sejenisnya. 

7. Kopi
Ketika tubuh mengalami flu, maka dibutuhkan asupan cairan yang lebih banyak. Namun kandungan kafein yang terdapat pada kopi ini, Terkadang juga akan menjadikan tubuh kehilangan banyak cairan. Sehingga dari situ sebaiknya anda bisa menghindari minum kopi untuk sementara waktu. Dengan langkah tersebut, Maka tubuh tidak sampai mengalami dehidrasi. Selain itu perbanyaklah minum air putih agar penyakit flu bisa lebih mudah untuk ditanggulangi secara efektif.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar