Awas, Ragam Makanan Ini Sebabkan Sakit Kepala

image: flexibristol.org
Mengalami sakit kepala memang bisa dikategorikan penyakit ringan. Namun terkadang timbulnya sakit kepala ini menjadi gejala atau tanda dari terjadinya penyakit lainnya. Meskipun banyak orang yang mengklaim bahwa sakit kepala merupakan penyakit yang lumrah, Akan tetapi penyakit yang satu ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.

Banyak faktor yang menjadikan sakit kepala ini kerap mengganggu kesehatan tubuh. Di antaranya tingkat stres yang tinggi, gerakan postur tubuh yang salah, dehidrasi, asap rokok dan masih banyak penyebab umum lainnya. Dan ternyata selain beberapa faktor tersebut, mengonsumsi beberapa makanan tertentu bisa juga menjadi penyebab sakit kepala itu muncul.

Dimana kandungan zat yang terkandung di dalam ragam jenis makanan tersebut, bisa saja meningkatkan tekanan darah ke otak, yang pada akhirnya membuat kondisi kepala anda semakin pusing. Sehingga ketika anda seringkali mengalami rasa pusing di kepala, maka setidaknya anda bisa menghindari atau mengurangi takaran dalam mengonsumsi jenis makanan tersebut. Dengan begitu, kondisi sakit kepala yang anda alami tidak semakin parah. Berikut ragam makanan yang dapat menyebabkan sakit kepala.

1. Cabe Bubuk
Jika anda seringkali mengalami sakit kepala migrain, ternyata dari situ memiliki makanan pantangan yang perlu anda perhatikan secara cermat. Berdasarkan hasil penelitian yang ada menunjukkan, Bahwa di dalam cabe mengandung Capsaicin yang mampu memicu timbulnya sakit kepala migrain.

Sebenarnya kandungan Capsaicin ini memang memiliki nilai positif dalam menyehatkan tubuh. Akan tetapi jika anda kerap sekali menderita migrain, setidaknya terlebih dahulu anda bisa mengurangi takaran ketika hendak mengonsumsinya. Atau untuk sementara waktu, anda bisa juga menghindarinya agar sakit kepala migrain bisa segera sembuh secara total.

2. Buah Kering
Jenis buah-buahan kering semisal buah Ara dan Kismis, Dimana jenis buah kering ini memang bisa juga menyebabkan rasa sakit di kepala. Sehingga jika dirasa anda kerap sekali mengalami sakit kepala, maka anda bisa lebih memperhatikan dalam mengonsumsinya.

Dan jika anda memang berminat untuk mencicipi buah kering ini, anda bisa menggunakan takaran yang cukup atau jangan terlalu berlebihan. Dengan begitu, tubuh anda pun bisa tetap terkondisikan dengan baik dan sehat.

3. Pisang
Jika dirasa tubuh memang sensitif sekali terhadap senyawa Tiramin, maka pisang juga menjadi salah satu makanan pantangan yang perlu diperhatikan. Dan biasanya orang yang sensitif terhadap makanan yang mengandung Tiramin ini, mereka cenderung merasa sakit kepala jika mengonsumsi secara berlebih.

Pisang dan bagian kulitnya memang salah satu jenis makanan yang mengandung banyak kandungan Tiramin di dalamnya. Sehingga mengonsumsi pisang memang harus diperhatikan akan takarannya, terlebih lagi bagi orang yang sensitif terhadap senyawa Tiramin pada buah pisang. 

4. Es Krim
Siapa yang tak kenal dengan kelezatan makanan satu ini…?, Tidak sedikit orang yang menyukai es krim. Namun jika anda berkeinginan mengonsumsi es krim, maka takaran yang cukup dalam mengonsumsinya memang harus diperhatikan. 

Hal demikian karena jika terlalu banyak mengonsumsi makanan / minuman dingin seperti es krim, maka bisa saja memicu akan timbulnya sakit kepala. Dan jika anda sedang mengalami sakit kepala, maka untuk sementara waktu anda bisa menghindarinya agar tidak sampai memperparah kondisi sakit kepala yang anda alami.

5. Keju Tua
Pastinya anda pernah merasakan kenikmatan dan kelezatan keju bukan…?. Bahkan jika semakin lama keju didiamkan, maka rasanya pun juga akan tampak lebih lezat. Padahal mengonsumsi keju tua yang berlebih, juga mampu memicu timbulnya sakit kepala.

Hal demikian karena keju yang berubah menjadi tua, kandungan protein yang terdapat di dalamnya akan hilang dan akan membentuk Tiramin. Dan jika Anda berlebih dalam mengonsumsinya, maka bisa membuat kepala menjadi pusing. Oleh karena itu, setidaknya hal demikian bisa diperhatikan agar tidak sampai mengganggu kesehatan tubuh anda.

6. MSG
MSG merupakan salah satu bahan kimia yang mampu meningkatkan kelezatan pada masakan. Akan tetapi jika berlebih dalam mengonsumsinya, maka bisa menjadi pemicu timbulnya sakit kepala dan terjadinya kram di perut. Oleh karena itu, setidaknya anda bisa lebih memperhatikan dalam mengonsumsinya. Menggunakan takaran yang sewajarnya ketika menuangkan MSG pada masakan, Memang harus diperhatikan agar tidak sampai mengganggu kesehatan tubuh.

7. Daging Olahan
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, Bahwa jenis pengawet yang digunakan dalam daging olahan atau Hot Dog, dapat memicu timbulnya sakit kepala pada beberapa orang. Oleh karena itu, setidaknya anda bisa lebih memperhatikan secara cermat dalam mengonsumsinya. Sehingga tidak sampai menimbulkan rasa sakit kepala yang cukup mengganggu aktivitas Anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar