5 Jenis Olahraga Ini Mampu Sehatkan Paru-Paru Anda

image: morenormalthannot.com
Kelangsungan organ paru-paru dalam menjalankan fungsinya yang cukup kompleks, memang bisa saja mengalami gangguan jika tidak dirawat dengan baik. Organ yang satu ini memiliki peran penting dalam mengatur sistem pernapasan tubuh. Sehingga merawat serta menjaga paru-paru  agar tetap sehat dan bugar, sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap manusia.

Yang mana selain mengonsumsi jenis makanan yang baik untuk paru-paru anda, tentu anda bisa menilik akan jenis olahraga yang memang diprioritaskan sebagai langkah alami dalam membantu organ paru-paru agar tetap sehat. Sehingga dengan menerapkan jenis olahraga pilihan ini, bisa menjadikan tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Selain menjadi alat respirasi pernapasan manusia, sebenarnya masih banyak lagi kinerja paru-paru dalam membantu kinerja tubuh. Di antaranya sebagai pengendali pH darah dengan cara mengatur tekanan CO2 dalam tubuh, sebagai pengubah angiotensin, serta sebagai reservoir darah dalam tubuh. Yang mana semuanya itu memang menjadi pola utama dalam menjaga keseimbangan semua sistem tubuh.  

Sehingga jika sampai kesehatan organ paru-paru ini mengalami gangguan, tentu banyak sekali berbagai penyakit yang akan ditimbulkan. Seperti penyakit Asma, TBC, kanker paru-paru, Emfisema, Bronkitis, serta berbagai penyakit lainnya yang merusak kesehatan paru-paru. Nah, inilah 5 jenis olahraga yang bisa anda pilih untuk menjaga kesehatan paru-paru.

1. Olahraga Lari
Melakukan olahraga lari memang bisa dengan mudah untuk anda terapkan. Dimana selain jenis olahraga ini cukup menyenangkan, Dengan berlari juga akan membuat otot diafragma menjadi lebih mudah dan cepat dalam melakukan fungsi kerjanya. Sehingga dari situ akan melancarkan sistem penapasan, serta menjadikan pernapasan lebih sehat.

Berdasarkan apa yang telah diungkapkan oleh Mindy Solkin, yakni seorang pelatih dari The Running Center yang berada di New York, menunjukkan bahwa dalam rangka melatih pernapasan tubuh bisa dilakukan secara bertahap. Yakni menarik dan mengeluarkan napas dengan pola dua-dua, tiga-tiga, dan pola empat-empat. Sehingga dengan cara berlari, maka anda bisa menerapkan pola-pola tersebut untuk menyehatkan organ paru-paru pada tubuh.

2. Bersepeda
Dengan cara bersepeda secara rutin dan teratur, memang bisa menjadikan kondisi paru-paru anda sehat dan bugar kembali. Yang mana di saat anda menggayung sepeda, maka secara otomatis tubuh anda pun akan mengeluarkan dan menghirup oksigen secara perlahan. Sehingga dari situ akan memberikan khasiat, yakni meningkatkan kapasitas paru-paru. Selain itu kegiatan bersepeda ini juga mampu menguatkan otot pernapasan tubuh, dan menjadikan aliran sirkulasi pernapasan tubuh menjadi lancar. Oleh karena itu, kegiatan bersepeda ini memang patut untuk dijadikan olahraga pilihan sebagai langkah sehat dalam menjaga organ paru-paru Anda.

3. Berlatih Tai Chi
Memang berlatih Tai Chi merupakan olahraga yang cukup digemari oleh kebanyakan orang. Dimana di dalam Tai Chi juga diajarkan mengenai bagaimana cara untuk melakukan pernapasan secara tepat agar kondisi paru-paru bisa tetap sehat. 

Berdasarkan hasil penelitian yang ada di Rumah Sakit Umum Repatriasi dan Sydney University pada tahun 2012 silam, menunjukkan bahwa bagi orang yang menderita penyakit paru obstruktif kronik atau COPD, Ternyata memiliki kualitas yang lebih baik setelah mereka melakukan Tai Chi. Yang mana di saat berlatih Tai Chi ini, terdapat kombinasi dari meditasi dan mengatur pernapasan yang disertai dengan gerakan lambat. Sehingga dari situ bisa menjadikan tubuh untuk meningkatkan serta memperkuat daya imunitasnya.  

4. Bermain Futsal
Futsal memang termasuk salah satu jenis olahraga yang diminati oleh banyak orang. Dan tak disangka bahwa kegiatan olahraga ini juga bisa menyehatkan paru-paru dalam tubuh. Yang mana di saat seseorang melakukan olahraga yang satu ini, Maka secara bersamaan VO2 atau tingkat volume oksigen maksimal yang dikelola tubuh akan bekerja, dan mengukur seberapa cepat organ paru-paru melakukan proses sirkulasi udara pada tubuh. Selain itu, olahraga ini juga akan membantu tubuh dalam mengalirkan oksigen ke otot tubuh, sehingga bisa menyehatkan kondisi organ paru-paru.

5. Berenang
Berdasarkan hasil penelitian yang terdapat di University of The Pacific, AS, menunjukkan bahwa melakukan kegiatan renang juga dapat mengurangi frekuensi bernapas dan meningkatkan jumlah kadar oksigen yang masuk ke paru-paru menuju otot-otot tubuh. Bahkan dengan berenang, secara tak sengaja tubuh akan berlatih untuk mengambil dan menahan napas serta mengeluarkan napas. Sehingga dari situ akan meningkatkan kinerja organ paru-paru untuk lebih maksimal. Oleh karena itu, berenang memang termasuk kegiatan yang menyehatkan organ paru-paru Anda.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar