10 Hal Ini Sebabkan Kaki Kram Di Malam Hari

image: well.blogs.nytimes.com
Tanpa disengaja ketika sedang tidur lelap, tiba-tiba bagian kaki mengalami kram yang dibarengi dengan rasa sakit yang cukup menyiksa. Hal demikian memang tidak sedikit orang yang mengalami kondisi semacam ini. Terutama di bagian betis dan jempol kaki, secara tak terduga kedua bagian ini terasa sulit dan tegang untuk digerakkan. Sehingga kondisi semacam ini sangat mengganggu kenyamanan tidur di malam hari. Itulah ketika kram sedang menyerang kondisi tubuh seseorang.

Sebenarnya terjadinya kram di bagian kaki, memang  dipicu oleh beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang mana mengetahui akan berbagai penyebab kondisi kram semacam ini memang sangat diperlukan, agar nantinya ketika bagian kaki anda terserang kram di malam hari bisa dengan mudah untuk mengatasinya. Baik itu diatasi dengan melakukan pijat refleksi, ramuan alami penghilang rasa nyeri kram, jenis obat-obatan maupun dengan menggunakan langkah lainnya.

Selain itu, kram di bagian kaki ini memang kerap menimpa kebanyakan orang di saat mereka sedang tidur lelap. Dimana bagian otot kaki terasa kaku, sakit dan kejang, yang pada akhirnya menjadikan mereka kaget/terkejut bahkan melompat bangun dari tempat tidur. 

Dan ternyata Inilah 10 penyebab yang menjadikan kaki mudah mengalami kram di malam hari. 

1. Kekurangan Cairan Tubuh
Melakukan aktivitas yang terlalu berlebihan juga bisa menjadikan tubuh kehilangan banyak cairan. Dan tentu kondisi dehidrasi yang semacam ini akan meningkatkan kemungkinan untuk terjadinya kram. Layaknya aktivitas berat yang tidak dibarengi dengan terpenuhinya cairan di dalam tubuh, Biasanya akan terjadi kram, terlebih lagi di bagian kaki saat tidur di malam hari. Oleh karena itu, memenuhi cairan tubuh agar tetap stabil memang harus diperhatikan. Agar tubuh tidak sampai mengalami masalah, seperti terjadinya kram di bagian kaki yang cukup meresahkan di saat sedang beristirahat.

2. Minimnya Asupan Kalsium dan Magnesium Dalam Tubuh
Kondisi tubuh yang kekurangan kalsium dan magnesium memang kerap kali menjadikan kram sering muncul. Hal demikian karena kondisi semacam ini akan mengakibatkan saraf dan otot menjadi lebih tegang atau kaku. Sehingga tidak salah bila banyak orang yang terkena kram karena asupan kalsium dan magnesiumnya belum memenuhi batas cukup. Oleh karena itu untuk menghindari terjadinya kram terlebih di bagian kaki, maka anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan magnesium tinggi seperti susu, kacang almond, susu kedelai, brokoli, cincau, dan lainnya.

3. Efek Samping Obat-obatan
Ada sebagian jenis obat-obatan yang terkadang juga bisa menjadi penyebab kram di bagian kaki ini muncul. Semisal ‘’Diuretics’’, yakni obat yang memberikan efek samping menjadikan tubuh sering buang air kecil, hingga sampai menjadikan tubuh mengalami dehidrasi. Dan kondisi tubuh yang kekurangan cairan tersebut, akan memicu tubuh untuk mengalami kram. Oleh karena itu, faktor pengaruh obat juga mampu menimbulkan kram di bagian kaki saat tubuh sedang tidur lelap.

4. Gerak Tubuh Yang Kurang
Jika sampai tubuh terlalu lama berdiri atau duduk, maka hal demikian bisa menjadi salah satu penyebab umum dari timbulnya kram, terutama di bagian kaki saat tidur di dalam hari. Yang mana kondisi tubuh yang kurang memiliki gaya gerak yang cukup, biasanya akan mengakibatkan otot-otot tubuh kaku dan tegang. Oleh karena itu, kondisikanlah gerak tubuh anda agar bisa seimbang dan terhindar dari kram.

5. Kurang Tepat Dalam Memposisikan Kaki Saat Tidur
Di saat sedang tidur lelap di malam hari, mengatur posisi kaki yang tepat memang sangat penting. Dimana jika kurang tepat atau salah dalam memposisikan kaki juga bisa menjadikan otot-otot kaki menjadi tegang, dan dapat menimbulkan kram. Selain itu, posisi kaki yang kurang tepat saat tidur ini juga akan menghambat aliran darah dalam tubuh. Sehingga posisi bagian kaki saat tidur yang kurang tepat, memang sangat memungkinkan untuk mengalami kram di bagian kaki.

6. Menderita Diabetes
Bagi para penderita diabetes seringkali mengalami gangguan pada saraf yang disebut diabetic neuropathy. Dengan adanya kondisi semacam ini, maka penderita diabetes akan sering mengalami kram di bagian kaki. Hal demikian karena kadar gula darah yang cukup tinggi akan menjadikan urat saraf kaki mengalami kerusakan, dan timbulah kram di bagian kaki yang cukup menyakitkan. Dan setidaknya anda bisa melakukan latihan khusus untuk mengantisipasi kondisi yang semacam ini, agar timbulnya kram bisa ditanggulangi secara tepat dan efektif.

7. Sirkulasi Darah Mengalami Gangguan
Mengalami gangguan sirkulasi darah memang menjadi salah satu penyebab timbulnya kram di bagian kaki. Dimana proses aliran darah yang kurang lancar, seringkali menjadikan otot kaki mudah tegang yang pada akhirnya memicu munculnya kram. Oleh karena itu, jika anda mengalami kondisi yang semacam ini, maka anda bisa melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh dengan cara melakukan latihan khusus seperti peregangan, mengompres kaki dengan air hangat secara perlahan, mengonsumsi ramuan alami untuk meningkatkan aliran darah menjadi lancar, dan lainnya.

8. Terjadinya Cidera Pada Otot
Semisal terlalu banyak melakukan aktivitas olahraga yang berat, bisa jadi akan menimbulkan cidera pada otot. Sehingga dari situ akan menjadikan kram di bagian kaki. Bahkan efeknya pun akan terasa lebih cepat, yakni setelah anda melakukan olahraga yang terlalu ekstrem, tiba-tiba saja di malam hari saat sedang tidur, kaki mengalami kram yang cukup meresahkan. Oleh karena itu, dalam melakukan kegiatan berolahraga ini setidaknya anda bisa melakukan gerakan yang benar, agar tidak sampai menimbulkan luka atau cidera di bagian otot.

9. Suhu Udara Yang Terlalu Ekstrem
Udara yang terlalu dingin bisa jadi akan menimbulkan kram di bagian kaki. Yang mana kondisi cuaca dingin memang kerap sekali menjadikan otot kaku dan kejang. Sehingga dari situlah kram di bagian kaki bisa timbul. Untuk menangani hal tersebut, anda bisa menyediakan air hangat untuk mengompres kaki anda secara perlahan.

10. Kondisi Sedang Hamil
Kondisi ibu yang sedang di masa kehamilan, memang biasanya seringkali mengalami kram. Yang mana selama proses kehamilan biasanya tubuh mengalami penurunan jumlah mineral,  seperti kalsium dan magnesium. Sehingga kondisi semacam ini kerap sekali menjadikan ibu hamil mengalami kram, terutama di bagian betis kaki. Oleh karena itu, memang disarankan bagi para ibu hamil untuk banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalsium dan magnesium agar asupan dalam tubuh mereka bisa terpenuhi. Selain itu bisa terhindar dari hal yang tidak diinginkan layaknya kram di bagian kaki.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar