6 Cara Mudah Mengenali Tahi Lalat Di Tubuh Berbahaya

image: hdwallnpics.com
Menempelnya tahi lalat di tubuh, Terkadang membuat penampilan tidak nyaman dan cukup meresahkan. Bahkan benjolan yang mengganggu penampilan kulit ini, memang bisa membuat seseorang risih dan kadang pula membuat rasa percaya diri menjadi berkurang. Memang pada dasarnya keberadaan tahi lalat ini memiliki beragam varian. Di antaranya tahi lalat berwarna cokelat muda yang menonjol di permukaan kulit, tahi lalat yang menonjol serta ditumbuhi rambut, tahi lalat berwarna cokelat berbentuk bulat dan pipih, serta jenis tahi lalat lainnya. 

Tahi lalat yang merupakan benjolan kecil pada kulit tubuh, kerap sekali keberadaannya dianggap persoalan yang lumrah. Namun, di balik itu semua ada juga tahi lalat yang menjadi gejala atau pertanda penyakit membahayakan, yakni timbulnya kanker kulit yang ditandai dengan tahi lalat yang membalut kulit tubuh. Sehingga untuk mengantisipasi akan datangnya penyakit membahayakan bagi tubuh ini, alangkah baiknya jika anda mengenali akan tanda-tanda tahi lalat di tubuh anda.

Berdasarkan hasil survei yang telah diadakan oleh British Association of Dermatologist, menunjukkan bahwa terdapat tiga seperempat responden tidak mengenali akan pertanda peringatan penyakit kulit mereka. Yang mana dari 81 persen responden memang tidak mengetahui kondisi penyakit kanker kulit secara pasti. Sehingga dari situ para tim survei mencoba untuk mengenalkan tanda-tanda akan terjadinya penyakit kanker kulit tersebut, Yang salah satunya dipicu oleh adanya tahi lalat di kulit tubuh mereka. 

Dan berikut 6 cara untuk mengenali tanda-tanda tahi lalat yang berbahaya bagi tubuh.

1. Lihatlah Dari Segi Tekstur Tahi Lalat
 Tahi lalat memang menjadi suatu hal yang wajar. Akan tetapi jika bentuk tahi lalat tersebut memiliki tekstur yang berbeda, baik itu mulai dari segi warna, maupun ukuran tahi lalat itu sendiri, setidaknya bisa anda perhatikan secara cermat dan detail. Dan biasanya tekstur tahi lalat yang membahayakan ini ditandai dengan adanya bentuk kasar dan bersisik. Sehingga hal demikian memang bukanlah kondisi tahi lalat yang sewajarnya. 

2. Melihat Diameter Tahi Lalat
Biasanya ukuran tahi lalat Melanoma yang cukup membahayakan tubuh, yakni 6 milimeter lebih panjang dari ukuran tahi lalat pada umumnya. Sehingga dari situ anda bisa melihatnya secara gamblang, apakah tahi lalat mencapai ukuran normal atau malah lebih panjang dari ukuran tahi lalat pada umumnya. 

3.  Terasa Gatal Bahkan Sakit
Secara umum tahi lalat memang tidak terasa gatal dan sakit. Akan tetapi jika tahi lalat yang terdapat di tubuh tersebut memiliki rasa sakit dan gatal hingga sampai berdarah, maka hal demikian bukanlah jenis tahi lalat yang sewajarnya. Sehingga dari situ anda bisa melakukan pemeriksaan lebih detail melalui medis atau dokter. Dengan begitu, kondisi penyakit kulit yang semacam ini bisa segera ditanggulangi secara tepat.

4. Kapan Tumbuhnya Tahi Lalat Tersebut..?
Dalam kondisi yang wajar, tahi lalat muncul ketika masih usia kanak-kanak. Namun hal demikian memang cenderung berbeda dengan keberadaan tahi lalat yang menjadi pertanda risiko kanker kulit. Yakni Melanoma, yang termasuk jenis kanker kulit cukup membahayakan tubuh. Yang mana biasanya ditandai dengan adanya tahi lalat yang muncul pada usia 25 hingga 29 tahun. Dimana kondisi yang semacam ini kerap menyerang pria dewasa, yang diakibatkan oleh kulit tubuh yang terpapar sinar matahari. 

5. Melihat Ukuran Tahi Lalat
Dimana ukuran tahi lalat yang menjadi pertanda penyakit kanker memang lebih besar dari pada ukuran tahi lalat dalam kondisi wajar. Hal demikian karena di saat sel kanker menyebar, maka sel-selnya akan mampu tumbuh dengan cepat dan berubah menjadi tahi lalat. Namun tahi lalat yang satu ini memang cenderung berbeda dan tampak lebih besar, bahkan bisa bertambah besar. Oleh karena itu, jika tahi lalat di kulit tubuh mengalami hal semacam ini, maka segeralah mengambil tindakan agar bisa mendapat pertolongan/ditangani secara medis.  

6. Memiliki Bentuk Yang Tidak Normal
Bila tubuh memiliki jenis tahi lalat yang berbeda dengan bentuk tahi lalat lainnya, hal demikian memang perlu diperhatikan secara cermat. Yang mana jika tahi lalat terlihat memiliki bentuk aneh, maka di dalamnya memungkinkan untuk memiliki sel-sel yang berperilaku berbeda. Dan bisa jadi hal demikian termasuk jenis tahi lalat yang menjadi pertanda penyakit kulit membahayakan tubuh. Sehingga dari situ anda harus waspada dan bisa memperhatikan secara cermat.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar