Pria, Ini Tipe Wanita Muslimah Yang Pantas Segera Dilamar

image: tjannah.com
Di balik rasa bingung dan gundah yang dialami oleh seorang pria muslim dalam menentukan pasangan hidup, Alangkah baiknya jika kembali merujuk kepada tuntunan yang telah diajarkan dalam Kalamullah dan Sunnah. Sehingga dari situ bisa memilih dan menimbang akan pasangan yang pas dan sesuai dengan harapan. Memang pada dasarnya dalam menetapkan pasangan hidup atau calon istri ini, tidak semudah seperti apa yang dibayangkan.
 
Namun, Untuk menemukan wanita sholihah yang telah diidamkan oleh banyak kaum lelaki muslim, ada beberapa kriteria yang perlu untuk diperhatikan. Bahkan jika anda menemukan tipe wanita yang memiliki kriteria tersebut, tidak ada salahnya bila segera melamarnya. Karena sosok wanita sholehah ini, tentu akan menjadi pendamping yang mampu memberikan keberkahan dan kebahagiaan dalam menjalani hidup berumah tangga. 
 
Pastinya dalam menjalin hidup berdua, tidak mungkin semulus kain sutra. Melainkan juga dipenuhi dengan berbagai macam cobaan yang harus dihadapi. Sehingga sudah sepatutnya dalam melamar seorang wanita muslimah, anda mampu menilik beberapa kriteria wanita muslimah idaman yang memang siap untuk dinikahi.
 
Nah, inilah beberapa tipe wanita muslimah yang siap dilamar dan menjadi pendamping hidup anda.
 
1. Memiliki Rasa Penuh Cinta Dan Kasih
Bagaimana mungkin sosok istri shalehah tidak memiliki rasa cinta kasih yang mendalam kepada sang suami..?. Betapa luar biasanya keberadaan wanita muslimah yang dibarengi dengan penuh rasa cinta kasih ini. Yang mana hanya berusaha menjaga keridhoan suaminya, dan itulah yang menjadi kiat ibadahnya kepada Sang Ilahi. Sehingga wanita yang memiliki tipe penuh cinta kasih ini, memang akan membuat hati suami menjadi tenteram, bahagia, dan rasa kasih sayang selalu mengitari hubungan mereka berdua.
 
Q.S. Ar-Ruum:21 Yang berbunyi : “ Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir ”
 
Allah SWT akan memberikan keberuntungan kepada hamba-Nya, ketika ada sang istri mampu memberikan cinta dan kasih kepada sang suami dengan sepenuh hati. Yakni berupa ketenteraman dalam menjalani hidup berumah tangga, serta kebahagiaan yang tak terduga. Sehingga memang sudah sepantasnya bahwa sosok wanita muslimah yang memiliki cinta dan kasih ini menjadi tipe wanita yang siap untuk dilamar.
 
2. Mampu Memberikan Keturunan
Sebagai pria muslim sejati, tentu akan mengerti betapa pentingnya faktor kesuburan yang dimiliki oleh sang istri tercinta. Dimana seorang wanita yang mampu memberikan keturunan terhadap sang suami, maka di situlah akan bisa mewujudkan sebuah ketenangan, keharmonisan, dan kebahagiaan pada sebuah hubungan keluarga. Dan bagi wanita yang mempunyai kriteria semacam ini, memang termasuk sosok wanita yang patut untuk dipinang menuju pelaminan, dan membentuk keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah.
 
Q.S. Al-Furqon:74 yang berbunyi : ‘’ Dan orang-orang yang berkata: " Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa ”.
 
Dan ayat di atas dikuatkan dengan hadits Nabi berikut ini :
 
“ Menikahlah dengan wanita-wanita yang penuh cinta dan yang banyak melahirkan keturunan. Karena sesungguhnya aku merasa bangga dengan banyaknya jumlah kalian pada hari kiamat kelak ” ( H.R. Abu daud, Nasa’i, Dan Al-hikam, memiliki sanad shahih)
 
Anak-anak merupakan buah hati yang menjadi wujud keharmonisan dalam menjalin hubungan berumah tangga. Sehingga memiliki keturunan memang menjadi harapan bagi sepasang suami istri. Hal demikian juga sebagai penguat serta benteng pertahanan yang menyatukan dua hati agar tetap menjadi langgeng.
 
3. Memiliki Ketaatan Beragama Dan Berakhlak Mulia
Wanita-wanita yang memiliki pendirian dalam beragama dan berakhlak mulia, memang menjadi idola bagi setiap kaum lelaki yang melihatnya. Dan tentunya ketaatan yang dijalani hanya semata-mata mengharap ridho Allah SWT, serta berperilaku sopan terhadap sesama makhluk. Sehingga itulah yang menjadi landasan bahwa kriteria wanita tersebut memang menjadi sosok wanita yang siap untuk menikah, serta menjalin rumah tangga yang harmonis.
 
Q.S An-nisa’: 34 yang berbunyi : ’’ Sebab itu, maka wanita-wanita yang shaHih adalah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak berada di tempat, oleh karena Allah telah memelihara mereka ’’.
 
Ayat di atas juga diperkuat dengan hadits Nabi berikut ini
 
‘’ Dunia ini adalah kenikmatan, dan sebaik-baik kenikmatannya adalah wanita shalihah ’’. (H.R. Muslim, Nasa'i dan Ibnu Majah) ’’.
 
4. Memiliki Silsilah Atau Keturunan Yang Jelas
Hal demikian memang disunnahkan dalam mencari calon istri untuk mengetahui garis keturunannya secara gamblang. Mengapa harus demikian….?, Dimana ketika mengenali akan silsilah atau keturunannya secara jelas, maka bisa menghindarkan dari kemungkinan garis keturunan yang berdekatan antara pihak pria dan wanita yang akan menjadi suami istri. Dengan begitu, nantinya akan bisa terhindar dari terjadinya pernikahan sesama mahram atau masih dalam ikatan satu keluarga. Dan masih banyak lagi hikmah-hikmah lainnya.
 
Sabda Rasulullah SAW : ” Wanita itu dinikahi karena empat hal : karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya. Maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya kamu beruntung ”. (HR. Bukhari, Muslim, dan juga yang lainnya).
 
5. Masih Gadis Dan Masih Muda
Memang sudah sepatutnya memilih menikah dengan seorang yang masih gadis dan muda. Dimana hal demikian memang sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW berikut ini :
 
'' Rasulullah SAW pernah bertanya kepada Sahabat Jabir R.A, “ Apakah kamu menikahi seorang gadis atau janda?, dia menjawab," Seorang janda,"Lalu beliau (Rasulullah) bersabda, Mengapa kamu tidak menikahi seorang gadis yang kamu dapat bercumbu dengannya, dan ia pun dapat mencumbuimu ? “.
 
Dimana menikah dengan wanita yang masih gadis dan muda ini akan cenderung lebih memberi kebahagiaan dan keindahan bagi pria yang hendak menikahinya. Selain itu, sang suaminya pun bisa lebih mudah untuk membimbingnya, baik dari segi lahiriah maupun batiniahnya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar