4 Alasan Bidadari Surga Cemburu Pada Wanita Shalihah

image: imgarcade.com
Gambaran mengenai bidadari surga memang sudah diterangkan secara gamblang melalui apa yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW. Ibarat bidadari surga yang datang ke dunia, maka tentu mereka akan menyinari langit dan bumi dengan aroma wangi yang semerbak. Sehingga jika sampai para bidadari surga ini datang ke dunia, tentu memiliki daya tarik yang luar biasa, terlebih lagi bagi para kaum lelaki yang melihatnya.

Memiliki etika sopan, pemalu, menundukkan kepala, memang merupakan karakter bidadari surga yang telah banyak dijelaskan dalam kitab suci Al-Quran. Sehingga dengan akhlak mulia, berparas indah dan menawan yang dimiliki bidadari surga inilah yang dijadikan Allah SWT sebagai imbalan, atau ganjaran bagi orang-orang yang sholeh dan beriman. 

Lantas, bagaimana bagi para kaum wanita di dunia jika bidadari surga menjadi pujaan-pujaan bagi hamba Allah yang beriman….?. Dan ternyata para bidadari surga ini merasa cemburu terhadap wanita sholihah. Para kaum wanita sholihah yang ada di dunia, kelak akan menjadi wanita-wanita surga yang lebih utama bila dibandingkan dengan bidadari surga yang jelita matanya seperti yang telah dijelaskan di atas.

Nah, inilah yang menjadi alasan mengapa wanita sholihah lebih utama bila dibandingkan dengan bidadari-bidadari surga. 

Berdasarkan apa yang telah dijelaskan secara gamblang dalam hadits Nabi berikut ini :
Dari Ummu Salamah R.A, berkata, “ Saya bertanya, “ Wahai Rasulullah, manakah yang lebih utama, wanita dunia ataukah bidadari yang bermata jeli ? ”

Rasulullah SAW menjawab, “ Wanita-wanita dunia lebih utama dari pada bidadari-bidadari yang bermata jeli, seperti kelebihan apa yang tampak dari pada apa yang tidak tampak.”
Lalu saya (Ummu Salamah R.A) bertanya, “ Karena apa wanita dunia lebih utama dari pada mereka? ”

Beliau Rasulullah menjawab, “ Karena shalat mereka, puasa dan ibadah mereka kepada Allah. Allah meletakkan cahaya di wajah mereka, tubuh mereka adalah kain sutra, kulitnya putih bersih, pakaiannya berwarna hijau, perhiasannya kekuning-kuningan, sanggulnya mutiara dan sisirnya terbuat dari emas. Mereka berkata, ‘’Kami hidup abadi dan tidak mati, kami lemah lembut dan tidak jahat sama sekali, kami selalu mendampingi dan tidak beranjak sama sekali, kami ridho dan tidak pernah bersungut-sungut sama sekali. Berbahagialah orang yang memiliki kami dan kami memilikinya.’.” (HR. Ath Thabrani)
Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut :

1. Allah Meletakkan Cahaya Pada Wajah Wanita Sholehah
Semua amal perbuatan yang dijalani oleh wanita sholehah di dunia memang berdasarkan pengabdian yang tulus dan ikhlas, serta mengharap ridho Allah semata. Maka berkat landasan sholat, puasa, serta ibadah yang mereka jalani, Allah SWT senantiasa meletakkan pada wajah mereka di surga kelak, berupa cahaya yang bersinar dan berkilau. Sungguh luar biasa Maha Besar Allah dengan segala kuasa-Nya. 

2. Allah Menjadikan Lembut Tubuh Wanita Sholehah Ibarat Kain Sutra
Ketika hidup di dunia, wanita sholehah berpuasa dan tidak mempertontonkan aurat mereka, terkecuali hanya kepada sang suami tercinta. Mereka pun tidak mudah tergiur dengan gemerlap dunia yang hanya bersifat sementara. Dan memang sudah sepantasnya jika Allah SWT menjadikan lembut tubuh mereka ibaratkan kain sutra di surga kelak. Sehingga dari situ mereka akan menjadi wanita surga, dan tidak kalah dengan bidadari-bidadari surga yang telah dijelaskan dalam Al-Quran dan Sunnah. 

3. Memiliki Kulit Putih Bersih, Berpakaian Hijau, dan  Perhiasan Kekuning-kuningan
Betapa indahnya menjadi wanita sholehah. Ketika di surga kelak, Allah SWT akan menjadikan wanita sholehah ini memiliki kulit putih yang bersih, mengenakan pakaian hijau dengan pernikan perhiasan yang berwarna kekuning-kuningan. Hal demikian memang ganjaran bagi setiap kaum wanita yang mampu menata hati mereka, setiap perilaku, serta ibadah mereka yang hanya untuk mengharap ridho Sang Ilahi. Sehingga Allah senantiasa memberikan tempat yang mulia di surga kelak, yakni menjadi sosok wanita surga yang selalu diidamkan.

4. Allah Menjadikan Sanggulnya Bak Mutiara dan Sisirnya Terbuat Dari Emas
Allah SWT memuliakan wanita sholihah di surga kelak dengan menjadikan sanggul mereka bak mutiara yang gemerlap, dan sisirnya terbuat dari emas yang berkilau. Sungguh luar biasa keutamaan yang diberikan oleh Allah kepada wanita sholihah ini. Yang mana wanita sholihah menjadi wanita-wanita surga yang lebih utama bila dibandingkan dengan bidadari surga.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar