3 Hal Kecil Ini Bisa Menguji Kesehatan Tubuh Anda

image: rd.com
Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat supaya bisa melakukan berbagai aktivitas dengan baik. Berbagai upaya akan dilakukan untuk mendapatkan tubuh sehat dan tidak mudah sakit. Mulai gaya hidup hingga melakukan beberapa stimulasi untuk menguatkan sistem imun di dalam tubuh. Sementara kesehatan tubuh Anda sangat ditentukan dari kondisi organ dalam, serta peredaran darah di dalam tubuh Anda. Sehingga ketika terdapat organ dalam yang bermasalah, maka kesehatan tubuh pun pasti terganggu.

Mengonsumsi buah dan sayur mungkin bisa dijadikan sebagai langkah utama untuk menjaga kesehatan tubuh. Dan untuk mengetahui kondisi tubuh sehat atau tidak, Anda bisa melakukan pengujiannya sendiri dengan cara yang mudah. Bahkan sejumlah ilmuwan menyebutkan, Bahwa setiap orang bisa memastikan kondisi kesehatan tubuh berdasarkan aktivitasnya sehari-hari. Ketahuilah, respon tubuh terhadap sejumlah hal kecil yang kita lakukan setiap hari tidak kalah penting dengan hasil scan otak ataupun tes darah. Nah, Untuk memastikan kondisi kesehatan Anda dengan mudah, ketahuilah 3 hal kecil ini yang bisa dilakukan untuk menguji kesehatan tubuh Anda :

1. Kemampuan Untuk Menyentuh Jari Kaki
Dapatkah Anda menyentuh jari kaki?, Jika ini bisa dilakukan dengan baik, maka tubuh Anda berarti sehat. Tes ini bisa dilakukan dengan mudah bahkan tidak menyita banyak waktu. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah duduk di lantai dengan posisi kaki lurus ke depan. Selanjutnya, Anda perlu mencoba untuk menyentuh ujung jari kaki menggunakan tangan. Jika Anda merasa sulit untuk menyentuh jari kaki, maka berisiko terhadap serangan jantung. Hal ini disebabkan karena peredaran darah yang kurang lancar sehingga otot menjadi kaku. 

Penelitian menunjukkan, Bahwa kelenturan tubuh itu menjadi tanda dari kondisi peredaran darah dalam tubuh. Jadi, lancar atau tidaknya peredaran darah itu bisa disimpulkan dari kelenturan tubuh kita. Hal tersebut bisa dibuktikan bahwa orang yang memiliki peredaran darah lancar, tubuhnya akan lebih lentur sehingga untuk menyentuh jari kaki pun terasa mudah. Dengan begitu, Tes ini bisa menyimpulkan tentang kondisi tubuh Anda apakah berisiko terhadap serangan jantung atau sehat-sehat saja.

2. Menguji Kemampuan Dengan Berdiri Satu Kaki
Cobalah untuk berdiri satu kaki, apakah tubuh Anda sehat atau kurang sehat. Hitunglah berapa lama Anda mampu bertahan dengan berdiri satu kaki. Jadi, cobalah berdiri satu kaki dan hitung hingga 60 detik lamanya. Jika pada detik ke 20 Anda mulai merasa tidak seimbang, berarti Anda mengalami masalah pada otak. Keseimbangan tubuh akan berkurang ketika syaraf di dalam otak mengalami gangguan, entah peredaran darah kurang lancar ataupun gangguan lainnya. 

Penelitian dari Jepang membuktikan, bahwa 30% dari kalangan usia lanjut yang tidak mampu mempertahankan keseimbangan tubuh, mereka divonis mengalami pendarahan kecil pada otaknya. Kondisi tersebut hanya bisa terdeteksi melalui MRI (Magnetic Resonance Imaging), dan ini merupakan tanda awal dari risiko penyakit dimensia ataupun stroke. Pendarahan kecil ini bisa menjadi awal dari serangan penyakit otak, sehingga keseimbangan dan fungsi memori otak juga akan terganggu.

3. Lakukan Uji Kecepatan Berdiri Setelah Duduk
Seberapa cepat Anda bisa berdiri setelah duduk?, Gerakan ini juga bisa mendeteksi kondisi kesehatan Anda. Lakukan pengujian ini sebanyak 10 kali, jadi cobalah untuk duduk dan berdiri hingga 10 kali. Ketika Anda berhasil melakukannya tanpa terasa capek, maka bisa dipastikan kondisi tubuh Anda sehat. Namun, ketika sebelum detik ke 21 Anda merasa lelah maka berarti kondisi tubuh kurang sehat. Hasil tes kesehatan ini untuk menguji kekuatan kaki dan keseimbangan tubuh terhadap kesehatan paru-paru dan juga jantung Anda. Jadi, jika Anda belum bisa melakukannya secara maksimal maka lakukan olahraga secara rutin supaya terhindar dari penyakit paru-paru dan juga jantung.

Tiga hal kecil di atas, bisa Anda lakukan dengan mudah untuk mengetahui kesehatan jantung, paru-paru, otak, serta lancar atau tidaknya peredaran darah di dalam tubuh. Jadi, pada dasarnya kesehatan tubuh itu bisa dilihat dari aktivitas harian Anda. Ketika semua tes berlangsung dengan lancar dan Anda tidak mengalami keluhan apapun, Maka bisa dipastikan bahwa kondisi tubuh Anda benar-benar sehat. Untuk melakukan perawatan kesehatan tubuh anda, konsumsilah makanan sehat bernutrisi dan imbangi dengan berolahraga secara teratur supaya kesehatan tubuh tetap terjaga.
Artikel Terkait