8 Trik Jitu Memilih Buah Durian Yang Enak Dan Manis

image: beabeeinc.com
Durian merupakan salah satu buah favorit masyarakat Indonesia. Buah ini sering dijuluki sebagai King of Fruit, karena memiliki rasa yang manis dan aroma yang kuat. Hanya dengan mencium aromanya saja, orang pasti ingin mencicipi buah yang satu ini. Sehingga tak heran jika banyak yang menyukai buah ini, mulai dari masyarakat pedesaan hingga perkotaan. Selain itu buah durian juga bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, asalkan tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih.

Jika musim durian sudah tiba, pastinya banyak sekali penjual durian di pinggir-pinggir jalan atau di pasar. Banyak sekali orang yang belum bisa memilih durian, sehingga terkadang mendapatkan durian yang kualitas dan rasanya kurang memuaskan. Buah durian ini dijual dengan harga yang lumayan mahal, pastinya Anda tidak mau kan jika salah dalam memilih buah durian?. 

Nah, Berikut ini ada beberapa tips untuk Anda tentang cara memilih buah durian yang manis dan enak rasanya.

1. Pilihlah yang Berbentuk Bulat
Coba Anda perhatikan setiap buah durian, tidak semua buah durian memiliki bentuk bulat. Kebanyakan buah durian memiliki bentuk sedikit lonjong. Ketika Anda membeli durian pilihlah secara teliti dengan bentuk bulat, karena buah durian berbentuk bulat memiliki isi yang besar-besar dan daging yang banyak. Sebaliknya dengan buah durian yang berbentuk lonjong, biasanya dominan memiliki daging lebih sedikit.

2. Abaikan Rupa Warnanya
Ketika Anda memilih buah durian janganlah Anda nilai dari rupa warnanya. Pada umumnya durian memiliki banyak warna, mulai dari hijau yang dikira masih mentah, kekuningan, hingga kecokelatan. Warna kulit tidak mempengaruhi rasa durian, dan warna kulit pada durian ini tidak selalu menunjukkan bahwa durian ini sudah matang. Durian yang memiliki warna kulit hijau juga belum tentu masih mentah, karena di Indonesia ini rata-rata durian memiliki kulit sedikit kehijauan.

3. Pilihlah Yang Bertangkai Pendek
Untuk masalah tangkai inilah yang juga menentukan tebal atau tipisnya daging durian. Untuk tangkai durian yang kecil dan panjang, itu menandakan bahwa durian tersebut memiliki daging yang tipis dan sedikit. Sedangkan untuk tangkai durian yang pendek dan tebal, menunjukkan bahwa daging buah tersebut tebal dan banyak. Sementara tangkai buah durian sendiri berfungsi sebagai penyalur karbohidrat ke batang pohon. Jika tangkai tersebut besar dan pendek, itu merupakan tanda bahwa asupan karbohidrat yang ada juga berjumlah besar.
image: nytimes.com
4. Dengarkan Bunyi Durian
Anda dapat mengetahui kualitas dari buah durian dengan cara mendengarkan suaranya. Pukullah durian tersebut menggunakan pisau, Anda bisa meminta penjual melakukan hal tersebut. Tandanya, jika dipukul memiliki bunyi yang terendam berarti buah durian tersebut sudah matang dan siap dikonsumsi. Sedangkan buah tersebut jika dipukul memiliki bunyi nyaring, berarti buah durian tersebut masih mentah dan belum siap dikonsumsi.

5. Pilihlah Yang Berduri Pendek
Anda harus memperhatikan buah durian dengan teliti. Buah durian dengan kualitas yang baik, pada umumnya memiliki duri yang lebih pendek. Jika diperhatikan dari kerapatan duri, biasanya durian yang bagus memiliki duri yang jarang atau tidak rapat.

6. Pilihlah Durian yang Beraroma Harum
Selain memperhatikan bentuk fisik, Anda juga perlu memperhatikan aromanya. Coba Anda cium aroma masing-masing buah durian yang tersedia di tempat Anda membeli. Buah durian yang sudah benar-benar matang, selain memiliki rasa yang manis juga memiliki aroma yang harum meskipun kulitnya masih tertutup rapat.

7. Pilihlah Durian yang Berjuring 5
Silahkan Anda kembali melihat bagian fisik buah tersebut. Buah durian memiliki beberapa juring yang di dalamnya terdapat daging dari buah tersebut. Untuk mengetahui jumlah juring, Anda dapat memperhatikan permukaan buah tersebut. Terdapat garis dari atas hingga ke bawah pada buah. Durian yang ideal dan bagus memiliki jumlah juring 5, karena pada umumnya buah durian yang manis dan berdaging tebal memiliki jumlah juring 5.

8. Hindari Buah Durian yang Sudah Terbuka
Sebagian orang lebih tertarik dengan buah durian yang sudah terbuka kulitnya. Perlu Anda ketahui, buah yang sudah terbuka tersebut sudah terkena angin dari luar, sehingga membuat rasa dari buah tersebut hambar. Jadi lebih baik pilihlah kulit yang masih tertutup rapat, karena buah tersebut masih memiliki rasa yang asli, dan belum terkontaminasi udara dari luar.

Mudah banget kan tipsnya?, Maka dari itu jangan sampai salah pilih durian lagi saat Anda membelinya di pasaran. Semoga bermanfaat.
Artikel Terkait