8 Cara Ampuh Hilangkan Kebiasaan Ngiler Saat Tidur

image: mirror.co.uk
Apakah Anda suka ngiler ketika tidur ?, Hal tersebut memang yang tidak aneh dan hanya hal sepele. Namun bila ketahuan orang lain,  pastinya Anda akan malu dan dijadikan bahan omongan. Lebih parahnya lagi bila Anda sedang ketiduran di tempat umum seperti bus, kereta, dan lain-lain.

Tahukah Anda ?, Kebiasaan ngiler tersebut sebenarnya bisa dengan mudah dihilangkan. Langsung saja Anda simak beberapa cara menghilangkan kebiasaan ngiler berikut ini.

1. Bernafas Menggunakan Hidung Saat Tidur
Bernafas menggunakan mulut adalah salah satu penyebab Anda ngiler. Bila Anda bernafas dengan mulut, otomatis mulut Anda pasti terbuka, dan ngiler pasti terjadi terutama bila tidurnya tengkurap.

Jadi mulai sekarang lebih baik Anda biasakan diri untuk tidur dengan bernafas melalui hidung. Caranya mudah, karena Anda pasti tidak sadar ketika bernafas saat tertidur. Jadi sebelum tidur Anda oleskan wewangian di hidung, maka secara otomatis akan bisa bernafas melalui hidung saat tidur.

2. Coba Ubah Posisi Tidur
Pada umumnya orang lebih menyukai posisi tidur miring dan memeluk guling. Posisi tersebut memang nyaman, namun hal tersebutlah yang membuat sebagian orang ngiler ketika tidur. Usahakan untuk mengubah posisi tidur Anda tersebut menjadi telentang, sehingga bisa terhindar dari ngiler saat tidur.

Posisi tidur telentang ini selain tidak membuat Anda ngiler, juga membantu menjaga pernafasan Anda tetap stabil. Apabila Anda masih susah untuk tidur telentang, maka tambahkan bantal di sisi kanan dan kiri Anda.

3. Tambah Ketinggian Bantal
Bila Anda sudah melakukan hal di atas tetapi masih gagal, cobalah tambah ketinggian bantal Anda. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih nyaman dengan posisi telentang, karena dengan posisi miring biasanya akan cepat pegal di leher bagi sebagian orang. Ketinggian bantal tidak akan membuat air liur Anda jatuh, meski Anda bernafas menggunakan mulut.

4. Sebelum Tidur Minum Segelas Air Putih
Mulut kering juga menjadi penyebab terjadinya ngiler. Dengan Anda meminum segelas air sebelum tidur, akan menjaga rongga mulut Anda tetap dalam keadaan lembab. Produksi air liur pun juga akan tetap normal, karena mulut sudah lembab. Tidak hanya itu, setelah Anda meminum air putih, air liur Anda akan menjadi encer dan proses terjadinya penyerapan air liur pun akan lebih cepat dan mudah.

5. Sering Melatih Pernafasan Anda
Jika pernapasan Anda terganggu, pasti akan menyebabkan Anda ngiler ketika tidur. Karena pernapasan yang terganggu juga akan mengakibatkan terganggunya produksi air liur. Jadi sangat disarankan agar Anda bisa melatih pernapasan . Caranya mudah, seperti Anda berolahraga secara rutin, serta usahakan bernafas secara teratur setiap harinya. 

6. Kenali Penyakit Anda
Ketika Anda sakit, maka biasanya pasti meminum obat sebelum tidur. Nah, Obat yang Anda minum itu bisa jadi penyebab anda ngiler ketika tidur. Sehingga Anda harus mewaspadai obat-obat yang memiliki efek samping meningkatkan kelenjar air liur.
image: coachingforadhd.com
Tidak hanya karena itu saja, ngiler bisa terjadi karena Anda sedang terinfeksi penyakit, misalkan infeksi gusi atau gigi Anda, alergi pada hidung, tenggorokan atau telinga. Jika Anda sedang sakit dan ketika tidur ngiler, maka cobalah sembuhkan dahulu sakit Anda. Dan apabila kebiasaan ngiler tetap berlanjut, maka lakukan dulu tips-tips di atas.

7. Istirahat Dengan Teratur
Penyebab lainnya dari ngiler ketika tidur adalah Anda terlalu capek atau kurang istirahat. Dengan kondisi tubuh Anda yang terlalu lelah, maka tidur akan menjadi sangat nyenyak hingga ngiler. Jadi lebih baik istirahatlah dengan cukup, sehingga dengan istirahat yang cukup tidak hanya membuat Anda tidak ngiler, tetapi juga membuat tubuh Anda lebih bugar setiap harinya. Dengan begitu, Anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan penuh semangat.

8. Menghindari Makanan Pedas dan Asam
Ada yang menyebutkan bahwa ngiler pemicunya adalah makan-makanan yang pedas dan asam. Hal tersebut mungkin saja terjadi, karena setelah kita memakan makanan yang pedas atau asam, maka air liur kita akan lebih banyak dan kental. Bila Anda sebelum tidur mengonsumsi makanan-makanan tersebut, alangkah lebih baik hilangkan dulu rasa pedas atau  asam pada mulut Anda. Namun untuk mengantisipasi, maka janganlah mengonsumsi makanan pedas atau asam sebelum tidur.

Perlu Anda ketahui juga, Bahwa ngiler ketika tidur tidak terjadi hanya karena kelelahan saja, tetapi juga bisa terjadi karena kebiasaan sejak kecil.
Artikel Terkait