9 Cara Terbaik Sembuhkan Amandel Secara Alami

image: wisegeek.org
Bagaimanapun bentuknya, penyakit radang amandel atau tonsillitis ini juga kerap sekali menimpa kebanyakan orang. Dimana bagian tonsil atau amandel di tubuh  juga bisa mengalami infeksi, yang disebabkan oleh bakteri atau virus berbahaya yang masuk pada tubuh. Sehingga rasa kurang nyaman dan nyeri kerap sekali mengganggu kinerja tubuh, terlebih lagi di saat tubuh sedang menelan makanan atau minuman. 
 
Meskipun keberadaan radang amandel bukan termasuk penyakit berbahaya, namun jika terlalu lama dibiarkan juga akan mengganggu kinerja tubuh. Oleh sebab itu, segera melakukan penanganan yang tepat dalam mengobati terjadinya radang amandel ini memanglah sangat diperlukan.
 
Sebenarnya kinerja amandel pada tubuh itu sendiri memang sebagai sistem kekebalan tubuh, yang menyaring segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh. Baik itu oksigen yang keluar masuk melalui rongga hidung dan mulut, maupun makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Sehingga berkat adanya amandel atau tonsil ini, berbagai virus dan bakteri berbahaya yang akan masuk pun tidak mudah menerobos ke organ tubuh lainnya.
 
Sayangnya, Jika sampai bagian amandel sudah tak sanggup lagi menyaring bakteri atau virus dikarenakan jumlahnya terlalu banyak, maka bisa saja bagian tonsil akan terserang dan mengakibatkan radang amandel.  
 
Dan inilah 9 cara pilihan yang bisa anda terapkan untuk mengatasi terjadinya radang amandel secara alami.
image: tonsilstone.org
1.  Menggunakan Lemon
Di dalam lemon memang memiliki kandungan zat antivirus dan anti-inflamasi, yang mampu mencegah terjadinya peradangan pada organ amandel. Hal demikian dikarenakan kandungan vitamin C  yang tinggi, maka dapat menstimulasi tubuh dan meningkatkan daya imunitas pada tubuh.
 
Untuk mengobati terjadinya peradangan amandel dengan lemon ada dua cara yang bisa anda terapkan :
 
# Membuat Lemon Sebagai Jus
Ambil segelas air hangat, kemudian campurkan dengan perasan air lemon, tambahkan sedikit garam dan satu sendok teh madu. Minum secara rutin dan teratur dua hari sekali untuk melegakan tenggorokan, dan mengatasi timbulnya peradangan atau infeksi pada organ amandel.
 
# Menghisap Secara Langsung Air Dari Irisan Lemon
Taburkan sedikit garam pada sepotong irisan lemon, kemudian hisap air dari irisan lemon tersebut. Dan lakukanlah cara tersebut dua hingga tiga kali sehari untuk menyembuhkan terjadinya radang amandel yang diakibatkan virus atau bakteri yang masuk.
 
2. Dengan Daun Kemangi
Daun kemangi memang mampu dijadikan obat alami untuk mengatasi radang amandel atau tonsillitas yang mengganggu kinerja tubuh. Dimana kandungan yang terdapat di dalamnya akan berperan sebagai antivirus, dan anti-inflamasi yang cukup berkualitas dalam menangani penyakit yang satu ini.
 
Cara penggunaannya :
Sediakan 10 hingga 12 lembar daun kemangi, Dan satu setengah cangkir air lalu rebus selama 10 menit. Saring air rebusan daun kemangi yang sudah dibuat dan ambil airnya. Campurkan sedikit air perasan lemon dan madu sebagai pelengkap dan pemanis alaminya. Minumlah tiga kali sehari  selama tiga hari. Dengan begitu, ramuan alami tersebut akan menjadikan radang amandel dapat disembuhkan secara efektif.
 
3. Memakai Kunyit
Kandungan zat anti-inflamasi dan antiseptik yang terdapat pada kunyit, Memiliki kemampuan untuk melawan terjadinya infeksi pada organ amandel di tubuh. Selain itu, dengan menggunakan kunyit ini juga akan meredakan terjadinya iritasi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika anda menggunakan kunyit untuk menyembuhkan radang amandel yang terjadi.
 
Cara pembuatannya :
 # Sediakan satu sendok teh bubuk kunyit dengan air garam dan segelas air panas. Kemudian campurkanlah bubuk kunyit dan air garam tersebut ke dalam segelas air panas yang sudah tersedia. Lalu berkumurlah dengan menggunakan ramuan tadi selama beberapa kali, terlebih lagi di saat sebelum tidur. Dengan begitu akan menjadikan peradangan amandel dan rasa nyeri dapat tersingkirkan secara alami.
 
# Untuk cara lain yang bisa anda terapkan dengan menggunakan kunyit yakni : Campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dan lada hitam dalam segelas susu hangat. Minumlah pada malam hari selama tiga hari berturut-turut, Hingga sampai radang amandel dapat membaik dan sembuh.
 
4. Memanfaatkan Kayu Manis
Kayu manis memang memiliki sifat anti-mikroba. Sehingga dengan menggunakan bahan yang satu ini, akan mampu menghambat terjadinya pertumbuhan bakteri atau mikro organisme berbahaya yang menyerang amandel. Selain itu tubuh pun juga akan terhindar dari pembengkakan, peradangan amandel, dan rasa sakit yang ditimbulkan. 
 
Cara Pembuatannya :
Sediakan satu sendok teh bubuk kayu manis dengan segelas air panas atau hangat. Kemudian tambahkan dua sendok teh madu. Setelah itu, seduh dan minumlah secara perlahan selagi masih hangat, serta minum secara rutin dua kali sehari dalam kurun waktu satu minggu. 
 
5. Berkumur Dengan Air Garam
Cukup berkumur dengan air garam yang hangat, maka hal demikian juga mampu untuk mengatasi terjadinya radang amandel. Dimana air hangat akan memiliki efek nyaman di tubuh, dan sedangkan tambahan garam di dalamnya sebagai pembunuh virus dan bakteri berbahaya, khususnya di bagian amandel. Oleh karena itu, berkumur dengan air garam secara berulang-ulang menjadi cara yang lazim untuk menangani radang amandel atau tonsillitis secara alami.
 
6. Menggunakan Daun Mint
Kandungan yang terdapat pada daun mint memang diyakini memiliki kekuatan anti-mikroba, yang mampu membunuh virus dan bakteri berbahaya penyebab timbulnya radang amandel. Sehingga anda bisa menyembuhkan penyakit amandel dengan menggunakan daun yang kaya akan mentol ini.
 
Cara Penggunaannya :
 # Ambil segenggam daun mint, kemudian rebus dengan segelas air. Biarkan hingga mendidih sampai air menjadi setengahnya. Saringlah air rebusan daun mint tersebut dan tambahkan dengan satu sendok teh madu. Setelah itu minumlah selagi hangat secara teratur selama tiga kali sehari. 
 
# Selain cara di atas, Anda bisa langsung mengunyah beberapa helai daun mint segar, kemudian telan secara perlahan. Dengan begitu, Akan menjadikan radang amandel yang diderita dapat disembuhkan secara alami.
 
7. Memanfaatkan  Jahe
Pada jahe memang cukup kaya berbagai zat alami di dalamnya. Yang salah satunya mencegah terjadinya peradangan amandel. Dengan cara mengonsumsi minuman jahe selama dua kali sehari saat timbul peradangan amandel, Maka akan menjadikan tenggorokan lebih lega, dan bakteri serta virus yang menyebabkan peradangan amandel mampu ditangani secara efektif.
 
8. Menggunakan Madu
Mengonsumsi satu sendok madu murni dengan ditambah setengah gelas air hangat sebagai minuman memang cukup menyehatkan. Terlebih lagi dalam menangani terjadinya peradangan amandel yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Maka hal tersebut merupakan salah satu cara alami yang cukup mudah diterapkan bukan……?
 
9. Dengan Buah Tin
Memang cukup beragam khasiat yang terdapat pada buah Tin. Selain dikenal untuk mengatasi berbagai jenis penyakit yang ada, Mengonsumsi buah Tin juga menjadikan tonsillitis atau radang amandel mampu disembuhkan secara efektif. Yang mana kandungan lendir yang cukup tinggi, Mampu mengurangi rasa nyeri dan sakit akibat terjadinya infeksi atau peradangan pada organ amandel.
 
Cara Mengonsumsinya :
Sediakan tiga buah Ara atau Tin kering dan rebus dengan air secukupnya. Kemudian tambahkan satu sendok makan madu pada rebusan tadi, dan minumlah tiga kali sehari hingga tonsillitis dapat sembuh secara totalitas. Atau anda pun juga dapat langsung mengonsumsi buah Tin untuk mengatasi radang amandel yang terjadi.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar