7 Cara Mudah Dan Hemat Membangun Rumah Baru

image: grafix3d.deviantart.com
Membangun rumah baru pasti menjadi dambaan bagi setiap orang. Apalagi bagi mereka yang baru memulai dalam membina hubungan rumah tangga. Tentu sejuta bayangan akan kerap terlontar dalam benak pikiran mengenai tempat tinggal yang mereka idamkan. Dan semua orang pasti akan menginginkan sebuah rumah yang mampu membuat rasa nyaman dan aman di saat mereka bertempat tinggal. 

Namun selera setiap orang mengenai tempat tinggal baru ini memang cukup bervarian pula. Dan itu pun juga dibarengi dengan jumlah biaya yang akan dikeluarkan. Bahkan dalam membangun rumah idaman ini, tentu memiliki jumlah pengeluaran yang berbeda-beda pula. Sehingga untuk membangun sebuah rumah baru, hendaknya terlebih dahulu merencanakan anggaran yang akan dikeluarkan. Agar nantinya bisa memperkirakan mengenai biaya pengeluaran secara detail dan menyeluruh.

Bahkan anda pun bisa menggunakan langkah untuk berhemat ketika membangun sebuah rumah baru. Yang mana bertujuan agar bisa meminimalisir terjadinya pembengkakan anggaran secara tak terduga, dan terhindar dari kesulitan di saat rumah tersebut dalam tahap pembangunan. Nah, inilah langkah-langkah yang perlu diperhatikan agar mampu menghemat biaya di saat membangun rumah idaman.

1. Memilih Desain Rumah Minimalis
Sebelum menginjak ke arah pembangunan sebuah rumah baru, terlebih dahulu anda bisa mengetahui sebuah konsep rumah yang akan didirikan. Memang sudah cukup dikenal bahwa konsep rumah minimalis terbukti lebih hemat biaya pembangunannya. Selain itu memilih desain minimalis ini juga memiliki banyak keuntungan, yakni penggunaan bahan bangunan yang cukup efisien, menghemat ruang dan tentunya biaya yang dikeluarkan pun juga lebih hemat, serta masih banyak lagi keuntungan lainnya. 

Pada dasarnya, rumah dengan desain minimalis memang terkesan lebih sederhana, namun di sisi lain juga mampu tampak mewah dan modern. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika anda memilih desain tersebut untuk sebuah bangunan rumah idaman keluarga anda.
image: wehomeideas.com
 2. Menentukan Ruangan Rumah Yang Akan Dibangun
Layaknya membuat ruangan yang akan dibangun menjadi ruangan multifungsi. Maka dari situ juga menjadi ruangan yang cukup menguntungkan, dan menghemat biaya pembangunan rumah. Hal demikian karena dengan memanfaatkan model ruangan rumah tersebut, secara tidak langsung anda sudah meminimalisir jumlah ruangan dalam rumah yang akan dibangun, dan itu akan menghemat biaya pengeluaran bukan.?. Nah, hendaknya sebelum membangun bangunan rumah, alangkah baiknya jika anda bisa mempertimbangkan dan menentukan ruangan rumah yang akan dibangun. Hal tersebut bertujuan agar mampu menghemat biaya yang akan dikeluarkan. Dengan cara tersebut akan mampu mencegah terjadinya pengeluaran anggaran yang tak terduga, dan biaya pengeluaran pun juga lebih mudah dikontrol.

Semisal : Membuat ruangan dapur yang menjadi satu dengan ruang makan, menggunakan perabotan yang multifungsi seperti meja yang di bawahnya dilengkapi tempat duduk atau kursi yang dapat ditarik ketika dibutuhkan. 

3. Merencanakan Denah Bangunan Rumah
Denah rumah yang akan dibangun juga menentukan jumlah biaya yang akan dikeluarkan. Dimana bentuk denah rumah persegi atau persegi panjang, terbukti lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk segitiga atau bentuk denah lainnya. Sehingga anda mampu mempertimbangkan dalam tahap membangun Rumah idaman untuk keluarga anda. Dan andai kata biaya yang akan dianggarkan untuk membangun rumah tersebut mumpuni, Maka anda bisa memilih bentuk rumah sesuai selera, atau menggantikannya dengan bentuk denah persegi agar biaya menjadi lebih hemat.

4. Perhatikan Dalam Memilih Lokasi Rumah Yang Akan Didirikan
Untuk langkah dalam membangun rumah baru, lokasi atau medan yang miring akan membutuhkan lebih banyak biaya dari pada lokasi / medan yang rata. Karena lokasi medan yang miring ini juga akan membutuhkan biaya untuk meratakan tempat atau lokasi yang akan didirikan rumah. Oleh karena itu, perhatikanlah ketika anda sedang memilih tempat atau lokasi dimana rumah itu akan dibangun. Sehingga dari situ akan lebih memperkecil anggaran dana yang akan dikeluarkan.

5. Tepat Dalam Mencari Tukang Ahli
Memang sudah seharusnya dilakukan, bahwa ketika anda hendak membangun rumah idaman haruslah memiliki tukang ahli. Atau anda bisa meminta bantuan jasa arsitek yang tentu sudah berpengalaman. Hal demikian bertujuan agar tidak sampai terjadi kesalahan saat membangun rumah, Sehingga biaya yang dikeluarkan pun bisa menjadi lebih hemat dan tidak membengkak. Oleh karena itu, peran tukang ahli ini memang sangat dibutuhkan di saat anda memiliki rencana untuk membuat rumah baru. 

Dengan menggunakan jasa arsitek, Anda juga dapat mendiskusikan secara gamblang mengenai keseluruhan bentuk bangunan, mulai luas kamar yang akan dibangun, ketinggian langit-langit rumah, luas untuk ruangan tamu, kamar mandi, dan lain sebagainya.

6. Memanfaatkan Diskon Pembelian Bahan Bangunan
Untuk menghemat biaya di saat membeli material atau bahan bangunan, sebelumnya anda bisa mengunjungi berbagai pusat perbelanjaan bahan bangunan yang ada di sekitar. Tentu di situ akan disuguhkan beraneka ragam jenis bahan bangunan yang sudah tersedia. Dan jika ada program diskon untuk pembelian barang dalam jumlah besar, maka tidak ada salahnya jika Anda mencobanya. Karena secara tidak langsung, hal ini juga dapat menghemat biaya pengeluaran Anda. 

7. Memilih Tenaga Kerja Bangunan Yang Handal
Memilih pekerja yang handal saat membangun rumah memang sangat penting. Dan janganlah terburu-buru untuk langsung setuju akan tenaga kerja, tanpa membandingkan tarif dan pengalaman kerja mereka. Karena baik dan tidaknya kualitas rumah yang akan dibangun, juga bisa ditentukan oleh baik tidaknya tenaga kerja bangunan tersebut. 

Oleh karena itu, anda bisa meminta rekomendasi saudara, teman, maupun orang sekitar yang pernah membangun rumah. Selain itu, Anda pun juga bisa meminta bantuan kuli bangunan yang pernah mereka rekrut dan bagaimana hasil kinerja mereka. Sehingga dari situ bisa terhindar dari kesalahan, dan mencegah terjadinya pembengkakan biaya saat pembangunan rumah dilakukan.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar