10 Cara Agar Dimudahkan Untuk Menjalankan Shalat Malam

image: bhmpics.com
Menghidupkan malam hari dengan beragam ibadah sunnah atau dikenal dengan istilah Qiyamul Lail, memang suatu amalan yang cukup mulia dan juga penuh fadhilah yang terdapat di dalamnya. Sehingga dari berbagai macam manfaat yang telah didapatkan tersebut, mampu menjadikan hidup lebih berkah yang dilandaskan dengan penuh keimanan. Bahkan berdasarkan hadits Nabi pun menjelaskan, bahwa mengerjakan shalat malam memang merupakan ibadah sunnah yang paling utama setelah shalat fardhu.

Oleh sebab itu, tidak sedikit umat yang berbondong-bondong memiliki keinginan agar bisa menjalankan sholat malam atau ibadah di malam hari ini dengan istiqomah. Sayangnya, banyak orang yang merasa kesulitan untuk  melakukan Qiyamul Lail secara rutin. Sehingga dari situ memang dibutuhkan cara yang tepat, agar menjadikan diri menjadi mudah terbiasa untuk mendirikan Qiyamul Lail. 

Di antara shalat sunnah yang dikerjakan di malam hari tersebut yakni : shalat tahajjud, shalat witir, yang semuanya itu memang sangat dianjurkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan beginilah 10 cara agar anda bisa lebih mudah untuk terbiasa shalat di malam hari.

1. Dengan Memantapkan Niat
Memiliki keinginan untuk selalu istiqomah dalam mendirikan Qiyamul Lail, haruslah dibarengi dengan kemantapan niat. Soalnya, kedalaman hati seseorang ketika hendak melakukan segala sesuatu hal, terlebih lagi ibadah sunnah, maka sudah sepatutnya diimbangi dengan niat yang kuat. Karena dengan niat yang kuat itulah akan mampu menumbuhkan rasa semangat dalam menjalani ibadah yang akan dikerjakan. Bahkan niat yang kuat ini mampu menstimulasi diri untuk bangun di malam hari, agar bisa menjalankan shalat malam sebagai ibadah sunnah yang dianjurkan.

2. Jangan Mengonsumsi Makanan Berlebih Saat Mau Tidur
Supaya bisa bangun di malam hari untuk menjalankan shalat malam, tentu sebelum tidur anda harus mengontrol diri untuk tidak mengonsumsi makanan terlalu berlebih. Hal demikian memang dikarenakan jika tubuh terlalu dipenuhi oleh banyaknya asupan makanan dan minuman sebelum tidur, maka akan bisa memicu rasa kelelahan. Sehingga membutuhkan waktu tidur yang lebih lama pula. Alhasil, tubuh pun jadi merasa kesulitan untuk bangun di malam hari. Oleh karena itu selain memantapkan niat, Anda harus menahan diri untuk tidak mengonsumsi makanan yang berlebih di saat menjelang tidur, sehingga bisa bangun untuk mendirikan Qiyamul Lail.

3. Tanamkan Dalam Benak Pikiran Anda Untuk Bangun
Mengingat dan menanamkan dalam benak pikiran untuk memiliki rencana bangun di malam hari,  juga cukup membantu anda agar dapat menghidupkan Qiyamul Lail. Sehingga dari niat yang sudah anda kuatkan disertai dengan penanaman dalam benak pikiran, dapat menyuplai diri untuk segera bangun kembali dari tidur, serta bergegas menunaikan ibadah sunnah di malam hari. 

4. Kondisikan Stamina Tubuh Anda
Semisal pada siang harinya anda tentu bekerja keras yang terkadang hingga sampai menjadikan kondisi badan lelah dan stamina kurang fit. Oleh karena itu, ukurlah kondisi tubuh dan jaga stamina tubuh agar tidak merasa kelelahan secara berlebih. Sehingga nantinya ketika anda tidur di malam hari, anda pun mampu bangun kembali untuk melakukan shalat malam. Dengan begitu, menjaga keseimbangan stamina tubuh ini memang penting bukan….?

5. Luangkan Waktu Untuk Tidur di Siang Hari
Agar lebih mudah untuk bangun di malam hari, maka hendaknya jangan sampai meninggalkan ‘Qailulah’ atau istirahat sejenak di siang hari. Sehingga dengan menerapkan hal tersebut akan mampu menjadikan tubuh lebih mudah untuk mendirikan Qiyamul Lail. Dan waktu untuk istirahat pun bisa seimbang, Serta kondisi stamina tubuh akan tetap terjaga dengan baik. Alhasil, di pagi harinya anda bisa tetap bekerja kembali dengan kondisi tubuh yang sehat dan bugar.

6. Menjaga Perilaku Dari Perbuatan Maksiat
Dimana perbuatan maksiat ini memang bisa menjadikan kondisi hati menjadi keras, dan memudarkan niat untuk beribadah kepada Sang ilahi. Yang pada akhirnya akan menjadikan jati diri mudah lupa, dan cenderung menjauh dari tuntunan agama. Oleh karena itu, agar shalat malam bisa selalu diterapkan secara istiqomah, sebaiknya anda pun mampu menghindari perbuatan maksiat ini.
image: sonhaber.eu
7. Menjaga Keselamatan Hati Dari Prasangka Buruk
Menjaga kondisi hati agar tetap bersih dari prasangka buruk terhadap orang lain memang perlu diperhatikan. Yang mana prasangka buruk hanya akan menjadikan hati semakin keras dan susah dikendalikan. Oleh karena itu, agar kondisi diri mampu mematangkan niat untuk menjalankan Qiyamul Lail, maka setidaknya anda bisa menjaga keselamatan hati dari prasangka buruk yang hanya menjadi penyakit hati.

8. Memupuk Rasa Takut Kepada Sang Ilahi, dan Tidak Panjang Angan-angan
Memiliki rasa takut kepada Allah SWT, akan menjadikan diri semakin memperhatikan berbagai aturan yang telah ditetapkan dalam agama. Selain itu, hal demikian juga akan mampu memupuk niat dalam hati untuk selalu mengamalkan segala perintah - perintah-Nya, baik itu amal ibadah wajib maupun sunnah. Sehingga untuk menjalankan shalat malam pun, anda bisa lebih semangat dan semata-mata hanya untuk mencari ridho Sang Ilahi. Janganlah terlalu panjang angan-angan, karena itu hanya akan membuat hati dan pikiran  menjadi malas untuk mengamalkan semua perintah Allah SWT.

9. Mengenal Keutamaan - Keutamaan Shalat Malam
Untuk menyuplai diri agar termotivasi melakukan shalat malam, maka mengingat akan keutamaan shalat malam itu sendiri memang cukup membantu. Dimana banyak sekali fadhilah yang didapatkan bagi hamba yang rajin mengerjakan shalat malam, atau mendirikan Qiyamul Lail. Di antaranya : Akan diberikan wajah yang cerah, Qiyamul Lail merupakan amalan orang shaleh yang akan dihadiahkan surga di akhirat kelak, dimudahkan dari segala urusan, dan masih banyak lagi fadhilah lainnya. Oleh karena itu, dengan adanya keutamaan-keutamaan tersebut, maka akan mampu memupuk rasa semangat untuk menjalankan shalat malam secara rutin.

10. Berdo’a Kepada Allah SWT
Memohon kepada Allah SWT agar diberi kekuatan dan dipilih sebagai salah satu hamba yang mampu mendirikan Qiyamul Lail, juga  perlu diterapkan. Agar nantinya anda mampu menjalankan ibadah sunnah di malam hari secara rutin. Selain usaha dhahir yang kita lalukan, Tentu do’a merupakan penyempurna agar semua tujuan yang kita inginkan dapat terlaksana dengan lancar. Oleh karena itu selain kiat usaha yang kita lakukan, Berdo’a juga sebagai kunci untuk kelancaran mengenai apa yang kita inginkan.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar