10 Tanda - tanda Awal Seseorang Menderita Penyakit Leukemia

image: lymphomaleukemia.org
Penyakit Leukemia merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Pada umumnya, penyakit ini disebut sebagai kanker darah, karena penyakit tersebut terjadi pada darah (sel darah putih) yang diproduksi tubuh dengan kondisi yang tidak normal. Dengan begitu, sel darah tak normal juga tumbuh serta berkembang dengan tidak normal juga, sehingga menimbulkan pengaruh yang negatif.

Pada umumnya penyakit Leukemia ini tidak bisa atau sulit bila dilihat dengan kasat mata. Tetapi ada beberapa ciri yang dapat Anda ketahui ketika seseorang mengalami penyakit Leukemia. Sehingga dengan mengenali ciri ciri penderita Leukemia, maka seseorang bisa segera melakukan tindakan secara medis, agar tidak terjadi akibat yang lebih parah.

Berikut ini ada beberapa ciri atau tanda yang perlu Anda ketahui jika seseorang menderita penyakit Leukemia atau kanker darah.

1. Darah Sulit Beku
Untuk orang yang memiliki penyakit Leukemia biasanya permukaan kulitnya akan sering mengalami memar berwarna merah atau ungu. Hal tersebut terjadi karena sel darah putih yang terus mendesak sel darah merah untuk keluar. Kondisi munculnya bintik merah atau memar merah pada orang yang memiliki penyakit Leukemia, disebut pendarahan minor atau Petechiae.

2. Kekebalan Tubuh Melemah
Orang yang memiliki penyakit Leukemia pada umumnya kekebalan tubuhnya melemah, karena tidak bekerja dengan baik pada sel darah putih. Untuk orang normal, sel darah putih tersebut yang akan menjaga infeksi bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Tetapi untuk penderita Leukemia tidak seperti itu, sehingga menurunnya kekebalan tubuh penderita akan menjadikan mudah terkena penyakit.

3. Anemia
Penderita Leukemia biasanya kekurangan darah atau anemia, sebab sel darah yang sehat jumlahnya sangat sedikit. Sehingga tidak mampu bekerja secara maksimal untuk tubuh. Dengan begitu penderita Leukemia (kanker darah) akan pucat serta akan sulit untuk bernafas.

4. Mual
Biasanya penderita Leukemia juga sering merasa mual, karena organ pencernaan penderita tidak normal. Selain itu penderita juga akan menggigil dan mengalami demam, serta akan mudah kelelahan.

5. Penurunan Berat Badan
Berat badan penderita Leukemia akan mengalami penurunan secara drastis. Meskipun orang tersebut tetap makan banyak atau tidak mengubah program dietnya, tetapi penurunan berat badan tersebut akan tetap terjadi. Hal ini terjadi karena adanya pembakaran energi tingkat tinggi, yang dapat membuat orang tersebut kehilangan berat badannya.

6. Sering Mengalami Pendarahan
Akan sangat mudah mengalami pendarahan bagi penderita Leukemia, meskipun itu hanya luka kecil. Jika memiliki luka memar akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkannya. Pendarahan dengan jalur lain juga dapat terjadi seperti pendarahan dalam lendir, tinja, muntahan, urine, dan air mani.
image: dailymail.co.uk
7. Pembengkakan Internal
Pembengkakan internal ini juga dapat terjadi pada orang penderita Leukemia. Biasanya pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian bawah lengan, atau pada bagian depan dan belakang leher. Bahkan limpa dan hati juga dapat membengkak serta menimbulkan rasa nyeri pada bagian bawah tulang rusuk.

8. Berkeringat Pada Malam Hari
Ciri-ciri lain pada penderita Leukemia adalah berkeringat pada malam hari. Pada umumnya malam hari bersuhu rendah meskipun penderita tidak melakukan apapun, namun tubuh penderita akan berkeringat. Jika itu terjadi maka perlu segera dilakukan tindakan medis, supaya tidak terjadi akibat yang lebih parah.

9. Berkurangnya Kontrol Otot
Para penderita Leukemia pada umumnya tidak dapat berjalan dengan baik, atau bergerak dengan normal, karena kinerja ototnya tidak optimal. Hal ini tidak terjadi dalam satu waktu saja, tetapi dari waktu ke waktu. Pada umumnya penderita Leukemia tidak dapat mengontrol tubuhnya, serta tidak dapat menyeimbangkan tubuhnya.

10. Nyeri Pada Bagian Tulang dan Persendian
Gejala satu ini mirip dengan gejala sebelumnya. Selain tidak dapat mengontrol otot secara maksimal, penderita juga akan mengalami nyeri pada tulang-tulangnya. Hal ini terjadi bukan karena adanya luka dari luar. Gejala ini biasanya akan semakin memburuk dari waktu ke waktu, karena sumsum tulang telah terakumulasi oleh sel darah putih yang tidak normal.

Gejala lainnya pada penderita Leukemia atau kanker darah adalah mimisan, sulit bernafas, pendarahan pada gusi, sering sakit kepala, hilangnya nafsu makan, hati serta limpa membesar, serta demam pada malam hari.

Jika gejala-gejala di atas terjadi pada tubuh Anda, lebih baik segeralah memeriksakan diri ke dokter atau hospital. Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu.
Artikel Terkait